Sabtu, 01 Desember 2012



Depot Flamboyant , 
RRC , Raja Rujak Cingur


Sekian tahun lewat saya sangat sering ke depot yang satu ini, yaitu ketika pemilik depot masih terlihat begitu sehat dan gesit meski usianya tidak lagi muda. Terletak di jalan Panglima Sudirman no 84, Batu, depot ini nampak selalu ramai karena terkenal dengan rujak cingurnya yang enak. Petis Madura? Mungkin. Dan kalaupun bukan rujak yang dicari, disana juga menawarkan macam macam menu lain yang tidak kalah enaknya seperti rawon, soto dll.  

Bangunan kuno itu masih sangat kokoh dan yang tampak dari luar tidaklah seluas yang sebenarnya kearah belakang. Kesibukan yang bermacam macam, membuat saya " tidak pernah sempat " melongok depot ini padahal disebelahnya persis ( Panglima Sudirman 82, Batu ) adalah rumah keponakan saya yang dulu paling sering saya singgahi. Jadi ada dua " dosa " saya : lama tidak bersilaturahmi ke rumah keponakan dan melongok rujak cingur yang dulu paling saya gilai.

Maka untuk " menebus " keduanya, saya sengaja meluangkan waktu kesana minggu yang lalu, pada hari biasa, sebab saya hafal pada akhir minggu akan terjadi " kelaparan " akibat antrian panjang.


Berpuluh kali melewati depot ini kearah Coban Rondo, Songgoriti atau Dewi Sri dll nyatanya tidak pernah  saya perhatikan bahwa sudah banyak perubahan terjadi. Maka ketika akhirnya saya parkir didepannya, saya sungguh merasa seperti salah alamat. Tetapi karena rumah keponakan saya masih tetap seperti dulu, maka saya yakin saya sudah berada ditempat yang saya cari . Depot Flamboyant.




Melalui sebuah " Milk Story " yaitu kedai yang menjual berbagai jenis yogurt dan susu, saya bisa langsung ke Depot Flamboyant yang berada dibelakangnya. Kedai susu dan yogurt ini juga sama pemiliknya, dan disitu saya sempatkan me milih milih yogurt sebagai minuman makan siang nya. 

Konon yogurt sangat bagus untuk kulit, ha ha ha .. ( sering saya mendapat pertanyaan seputar kulit ini, karena dugaan bahwa saya memakai kosmetik mahal sama sekali salah, " rahasia " nya mudah, air .. air .. air ... ya diminum ya dipakai untuk membersihkan tubuh dan wajah, itu saja, murah, mudah dan mujarab he he ... ) . Kali ini saya tambah satu rahasia lagi : yogurt  .... !

Mengapa diawalnya saya merasa salah alamat? Bangunan kuno itu sudah mengalami bedah plastik. Kedai yogurt " Milk Story " dan Depot Flamboyant yang ada dibelakangnya sudah disulap menjadi sebuah resto " modern " dengan atmosfer nyaman dan resik dengan daya tampung hingga sekitar 150 tamu bahkan bisa lebih kalau dibuat gaya prasmanan.

Saya memilih duduk diterasnya karena ingin menikmati kehijauan yang ada disekelilingnya. Daftar menu menempatkan ikon depot ditempat teratas : Rujak Cingur, 20 ribu ( saya geli bahwa terakhir saya menikmatinya adalah pada saat harganya masih dibawah 10 ribu, jadi ini membuktikan betapa cukup lamanya saya tidak ke depot ini ) . Tentu itu yang saya pesan kali ini. Minuman sudah ada di meja saya, dua botol yogurt, jadi tidak perlu pesan yang lain. Sambil menunggu pesanan datang, saya mengobrol dengan pemilik " baru " dari depot ini yang tidak lain adalah putri dari pemilik lama yang saya kenal.




" Lho .. mamanya kemana? " .... " Wah mbak , mama sudah tidak ikut mengurusi lagi .. sebulan yang lalu baru  operasi by-pass di Penang... tapi saat ini sudah baikan kok ... " ...  Wow, saya kaget, perjalanan waktu membawa banyak perubahan .. Kami mengobrol banyak mengenai kondisi mamanya dan macam macam lainnya sampai akhirnya : " Silahkan makan dulu lho, nanti rujaknya keburu masuk angin he he ... " ... saya mengakhiri obrolan dan menikmati rujak saya.



Meskipun hari biasa, depot ini ternyata cukup ramai, saat itu ada empat meja terisi penuh. Dan disaat pulang saya juga masih menambah " koleksi " perut dengan apokat - mentega yang mereka jual di situ, saya bawa pulang untuk oleh oleh .. Sebuah tempat istirahat yang tepat untuk sebelum atau sesudah kita sampai ditujuan wisata, Depot Flamboyant ini agaknya dapat di masukkan dalam agenda perjalanan ..

Yang menginginkan menu diluar rujak cingur, dapat memilih deretan menu menu lain yang juga cukup menjanjikan, chinese dan javanese menus ... Dan bagi yang tidak ingin terlalu jauh ke Batu, saat ini Depot Flamboyant juga sudah membuka cabang di Malang yaitu di Jalan Lawu no 17, depan SMPN I, Malang. Penasaran? 

Silahkan mencobanya sendiri ... ( TH )
  


 Keterangan foto : ( Photos by : TH :  

 01. Pintu masuk Depot Flamboyant.
 02. Ruang dalam depot.
 03. Menu andalan, rujak cingur.
 04. Teras samping.
 05. Sudut lain didalam depot.
 06. Teras depan.
 07. Tempat parkir.
 08. Papan Nama Milk Story.
 09. Rumah asli dari depot yang sudah direnovasi  .
 10. Papan nama depot dan kedai yogurt. 
 






Tidak ada komentar: