Jumat, 02 Agustus 2013




.. saatnya mengepak koper,
mudik, mudik, mudik ..

kemarin konfirmasi sudah masuk, lebaran ini rumah bakal " padat merayap " meskipun sebenarnya lebaran tahun lalu semuanya tertampung dirumah, namun tahun ini sebagian akan di hotel karena ada " pembagian waktu dan acara " dengan rombongan lain dihotel yang sama. 

dan sebagaimana tradisinya, sayapun mulai " bersih bersih desa " . pun diam diam sudah saya agendakan bahwa terhitung mulai hari Senin depan, saya sudah akan membatasi acara acara buka bersama baik dirumah maupun diluar rumah seperti kemarin sore di PBI.  bukan apa apa, tapi waktunya sudah mepet untuk mulai bersih bersih rumah terutama kamar kamar yang bakal dihuni seminggu lebih oleh para rajawali  hehe ..

makanan makanan kesukaan anak anak pun mulai disiapkan bahan mentahnya, maklum biasanya kalau mudik nomor satu yang di tanyakan adalah makanan makanan favorit mereka. 
inilah mudik, 
sejauh jauh sayap terbang, saat pulang ke sarang, yang dicari tetap saja hal hal yang membesarkan mereka dulu. mulai mamin, tempat tempat bermain dimasa sekolahnya, sowan ke beberapa guru favorit, bernostagi bersama teman teman lama yang juga sedang mudik atau yang masih berdomisili di Malang, tempat tempat hangout jaman sekolah dll .

termasuk yang dicari adalah " masakan mama " hehe .. saya tidak pinter didapur, tetapi buat anak anak, ada masakan masakan tertentu yang konon " khas mama " cieee ...

yang berikutnya adalah membersihkan " setrika mini " saya dari barang barang yang tak perlu yang selama ini selalu ada disitu dan ikut saya kemana mana, seperti :jaket, sandal, payung, botol mineral, koran/buku bacaan, dll . 

minggu depan ini saya harus bolak balik ke abdurahman saleh karena rombongan kecil terpecah dua dengan hari yang berbeda datangnya. saya lebih suka menjemput daripada menunggu mereka datang dirumah, 
rasanya lebih afdol  dan setrika mini ini harus " steril " sebab koper koper  itu sudah pasti akan memadati si mini.   

alasan lain adalah karena saya juga suka memperhatikan adegan pertemuan dan perpisahan
 baik itu di bandara maupun stasiun ka dll sebab disitu saya banyak mendapat " inspirasi " .. 

hubungan jarak jauh? ahh .. siapa tidak pernah mengalaminya ?saya bahkan duluuu terpisah benua plus jaman itu belum ada internet, sehingga pak pos adalah orang kedua yang saya rindukan hehe .. sedih? pasti. 

tetapi kalau jodoh akhirnya tokh ya " jadi " meski banyak yang meragukan dan menakuti saya dengan " waa... wong bule iku gak masalah lo masio suwe gak ketemu soale bebas pergaulane ... " . tapi saya berkeyakinan bahwa kami sudah tersurat dalam takdir, 

dan akhirnya memang keyakinan itu menjadi kenyataan bahkan dua rajawali perkasa akhirnya lahir dari takdir ini setelah melalui sebuah ritual pernikahan full adat jawa hehe .. 
lho kok ngladrah ya? ayooo balik ke topik mudikkk ...

naaa ... lebaran Insya Allah akan sholat Ied ramai ramai di Malang karena mereka tiba sebelum lebaran. biasanya " wisata " utama adalah kuliner , dan  sebagai tuan rumah saya akan dengan sukacita membawa keliling ke tempat tempat kuliner yang dalam setahun terakhir ini baru bermunculan. sebut misalnya : gurami sadis, rumah sosis batu dll. ( semoga mereka buka ya ! )

orang luar Malang apalagi yang  arema asli biasanya kalau mudik yang paling dicari adalah kulinernya sebelum mencari yang lain lainnya sebab konon Malang identik dengan makanan enak. iya too? " nomer siji nek nang Malang iku sing paling digolek-i yo panganan-e, duduk apa2ne .. " ....begitu komentarnya ( ooo .. jadi bukan karena kangen saya ya   hehe ... )

tiba tiba saja saya juga dilanda rasa " ingin mudik " seperti dulu dulu, tapi saat ini mau mudik kemana ya? saat saat indah mengepak koper, ke stasiun atau bandara, terus menginjakkan kaki di Malang dan rumah, membuka buka penutup makanan di meja dan kulkas, wow ... 

adegan kini terulang tetapi bukan saya yang membuka buka penutup makanan dan kulkas, demikian kehidupan berlangsung dari generasi ke yang berikutnya ..btw, selamat datang rajawali rajawali ( koe ) .. ! ( th )



keterangan gambar

01. diambil dari mudik.kartun.blogspot.com
02. diambil dari diki-pta.blogspot.com
03. diambil dari archive.kaskus.co.id
04. karya A.Antawirya 1429
05. diambil dari sibukforever.blogspot.com




 


Tidak ada komentar: