Jumat, 12 Juli 2013




Anak Anakku di PA Panjura , 
Betapa Engkau Cantik 
Saat Engkau Merasa Malu,
Jari Jari Menutup Mulutmu ..
( catatan kecil dari PA PANJURA )



Diera modern ini, saya serasa menemukan berlian berlian menyaksikan masih ada  remaja gadis yang disaat perasaan malu menyergap , mereka tertunduk dan 
menutup mulutnya dengan jari jarinya, wahai, naluri keibuan saya tergugah, 
andai saja salah satu atau semuanya adalah anak anak saya .. 

Cantik, hanya satu kata ini yang mampu mewakili rasa dalam qolbu saya. 
Lihatlah, terkadang kita menyaksikan gadis gadis remaja yang tomboy dan sulit dibedakan dengan cowok serta sedemikian " tanpa batas " , saya merasa sayang sebab sebenarnya andai mereka " lebih wanita " akan sangat cantik !

Ruangan menjadi gaduh saat kemunculan saya yang tiba tiba dengan kamera ditangan 
membuat suasana yang semula adem ayem menjadi " ribut " . 
Cipika cipiki sudah pasti, tapi yang kaget malah lari ngumpet " Jangan buuu ... belum mandiiii " , " Aduhhhh .... sebentar ambil jilbab .... " ... hehe .. Saya merasa dirumah sendiri. 
Beberapa diantara mereka masih " nglempus " bobo, 
sebab jam memang masih menunjuk 15. 40 .

Rumah Yatim Piatu " Panjura ", Simpang Kepuh, Malang . 
Banyak juga wajah wajah baru yang belum saya kenal, dari Madura, Blitar, Lumajang dll. Melepas kangen dengan mereka adalah sebuah harta karun yang harus saya temukan, apalagi dibulan Ramadhan. Ingin tinggal hingga saat berbuka, namun kewajiban dirumah juga sulit ditinggal, ibunda saya. Maka saat  kerdus sudah diturunkan, saya masih ingin habiskan beberapa saat bersama mereka sebelum pamit.



Beribu keinginan terpendam, beribu harapan untuk bisa berbagi, moril materiil bersama mereka, semoga saja Allah SWT satu saat mengabulkannya, amin .. Obrolan kami berkisar masalah sekolah, liburan dll. Obrolan ibu dan anak, wahai indahnya .. 

Tentu saya sangat hafal detil dari ruangan ruangan disini. Kesederhanaan yang ada, tidak mengurangi aura kasih sayang diantara penghuninya. Ada sekitar 45 remaja putra/i disini 
dari berbagai daerah dan provinsi. 
Dahulu bahkan ada yang dari Papua dan Flores.Kebetulan kemarin saya hanya menjumpai beberapa penghuni cowoknya, sebagian besar masih " nglempus " katanya hehe .. 

Duluuu, kalau saya sedang berbagi Mandarin dan Inggris dengan semuanya disalah satu ruangan yang ada di panti itu, ada salah satu yang suka  " riwa riwi " keluar masuk ruangan belajar itu sambil ( maaf ) bugil, ia masih berusia sekitar dua tahun. 
Kemarin balita itu sudah remaja, 
 kami saling mengingatkan saat saat itu, senyumnya melebar, mungkin ingat betapa saat saat itu
sangat cepat berlalu .. Semoga momen  berbagi itu akan bisa terulang lagi ..

Saya tinggalkan panti dengan sebongkah doa, agar anak anak ini, remaja remaja yang luar biasa ini, mendapatkan kemudahan dalam menggapai cita citanya serta menjadi pribadi pribadi yang paripurna ! Mereka telah memiliki dasar dasar mental spiritual yang bagus, semoga ini tidak berubah dan tetap terpelihara meskipun satu saat mereka terjun kedunia pergaulan
 yang lebih meng global dan modern.


Anak anakku, pertahankan cantikmu, lihat, ketika jari jarimu menutup mulutmu pertandatersipu, serta pipimu merona merah tanda malu, itu adalah hartamu. 
Insya Allah kelak ALLAH
SWT akan memberi kalian pasangan hidup pasangan hidup yang terbaik pilihanNYA, yang 
menjadi perisai lahir batin dan spirituil kalian. Amin .... ( th )

Keterangan foto ( all taken by : th ) :
Remaja remaja penghuni PA " Panjura ", Simpang Kepuh, Malang, Juli 2013.
" Santun itu kecantikan kalian yang luar biasa "