Kamis, 10 Juni 2021


 
  .. " ONSEN " , Jepang KW " ..
kalau pembaca tidak bingung biarlah saya saja yang
 merasakan bingungnya . yaitu ketika menemu
 kampung ala Jepang di Songgoriti , Batu , Malang 
yang sudah ada sejak sekian tahun silam ,
 namanya " ONSEN " .
 saya sebut kampung karena memang dibuat ala 
sebuah perkampungan Jepang yang asri dan bersih
 seperti khasnya bangsa Jepang . 
tetapi memang bukan kampung biasa karena untuk 
menikmati atmosfer ala Jepang , semalam kita 
harus keluar duit 3 juta untuk sebuah cottage 
dengan 3 kamar dan tempat mandi 
" kumkum " bersama diterasnya ! 
 sebagai imbalannya , silahkan pembaca menikmati 
panorama ala Jepang , resto dan budaya mandi
 barengnya dll yang membuat pembaca serasa
 di Osaka atau tempat2 lain di Jepang ! 
sekian hari yang lalu saya ber reuni kecil disitu dengan
 kerabat dari Kupang , Bandung , Balikpapan
 dan Surabaya , jelasnya kami ber 8 saja ,
 jumlah maksimal saat pandemi !
tentu saja saya tak ikut menginap disitu
dan selaku " host " yang tinggal di Malang , 
saya " berkewajiban " menjenguk 
dan menyambutnya  ! jeprat jepret disitu tentu saja 
menyenangkan tetapi diam diam saya 
" dilanda rasa sedih " :
" lha laopo wong wong iki kok nggawe resort
ala Jepang , kok gak ala Toraja ,
 ala Bali ,ala Lombok dll 
sing gak kalah eksotis e ? " 
( terjemahan bebasnya " mengapa harus bikin resort 
ala Jepang padahal kita punya kekayaan budaya yang
 tak kalah indahnya misal 
ala Bali , ala Toraja ala Lombok dll yang 
tak kalah eksotisnya ? " ) .
 sebaliknya , apakah kira kira kalau di Jepang ada 
resort ala Toraja atau ala Bali bisa selaku
 " Onsen " di Batu ini ?
 tentu saja kalau bikin resort ala Toraja dll disesuaikan
 dengan standar bintang 4 atau 5 sehingga 
tamu tetap merasa nyaman .. 
 maka sayapun hanya bisa menikmati keindahan
 yang artifisial alias tidak 100% alami di ONSEN ini 
dengan satu mimpi bahwa :
kelak akan ada  para investor dibidang pariwisata
 khususnya perhotelan yang akan lebih bersedia
 mengangkat kekayaan budaya bangsa sendiri
 dibanding meng import budaya asing .. ! 
 (  bahkan jika diingat sejarahnya ,
bangsa Jepang ini pernah " mencicipi " bangsa Indonesia
 sebagai " budak " nya diawal awal 
perjuangan kemerdekaan kita selama beberapa tahun 
dengan catatan kelam kekejamannya  .. )
 tentu bukan itu alasan utamanya , 
melainkan : 
" Cintai Budaya Sendiri Jika Ingin
 Bangsa Lain Menghargai Budaya Kita " ! 
 (  Writing : TH , 
Photos : Titiek Hariati  & Irawan , 
Mlg 10 .06.21 )
keterangan foto :
01 . " kampung " Osaka
02 . resto ala Jepun
03 . tempat " kumkum " di teras
 masing2 cottage
04 . rombongan " Jepang KW " ..
Arigato Gozaimashita !
05 . saya dan kerabat dari Bandung
( yg lain masih tidur ... ! )
06 . saya didepan " gubug " ..
07 . sejenak serasa di Jepun
08 . jembatan khas ..
09 . ini Songgoriti , bukan Kyoto ..
10 . saya bersandar di tempat 
" kumkum " diteras cottage
 
 

Tidak ada komentar: