Sabtu, 30 Januari 2016







.. " Melantai di Tahi Kerbau Desa Sade " ..
( 03 of 15 ) 

mengepel lantai dengan kotoran kerbau sudah tentu hanya kita temukan di perkampungan Sasak yakni di SADE ,
 yang juga merupakan kebiasaan penduduk asli diluar Sade .
 Sade adalah sebuah kawasan khusus yang dipersiapkan untuk wisata budaya yang ada didekat Mataram .
 disana kita dapat melihat bagaimana penduduk asli dalam kehidupannya sehari hari ,
 baik generasi tua maupun yang muda . 
rumah rumah penduduk masih memakai tradisi asli yakni bangunan yang mengutamakan atap sirap serta
 memiliki lumbung lumbung yang berbentuk sangat khas . 
dan sebuah bale atau balai yang menjadi ciri khas sebuah desa dimana segala
 permusyawaratan warga dilakukan disana.

  selain bercocok tanam , para wanitanya umumnya adalah menenun sebagai penopang ekonomi keluarga.
 mereka juga  membuat dan menjual berbagai souvenir .
 dibeberapa sudut kampung saya melihat para wanita tua maupun muda, berkumpul dan becanda dengan 
anak anak mereka , sebuah perintang waktu yang khas dikampung ini . 
saya sadar bahwa kampung semacam ini memang " sengaja " dikedepankan sebagai atraksi turis ,
 tetapi saya yakin bahwa tradisi dan budaya asli yang ada di pulau ini ( semoga juga ) masih dijaga sangat kental .
 seperti kata guide dikampung Sade ini 
" Jadi kalau mau mengawini gadis yang diincar , memang harus bisa mencurinya ! 
nanti setelah beberapa hari baru dikembalikan pada orangtuanya ! "  . 

 pada sebuah rumah penduduk , saya diberi penjelasan bahwa letak kamar si gadis biasanya disebelah
 kamar ortunya jadi si " pencuri " harus cukup lihai untuk mencurinya .
 naa , jangan saya didesak bagaimana caranya , sebab saya sendiri bingung memikirkannya hehehe .. 
dan soal kotoran kerbau untuk mengepel lantai rumah2 dikampung ini  juga jangan bertanya lebih lanjut pada saya ,
 sebab kalau tidak tahu caranya janganlah menirunya daripada nanti malah rumah dikerubuti lalat ! 
inilah kekayaan budaya Indonesia yang unik dan khas ! 
beberapa jam dihabiskan di kampung SADE ini membuat saya betah sebab penduduknya
 sangat ramah dan terbuka. tenunan yang dihasilkan sangatlah beragam dan indah2 , sulit buat saya menahan diri untuk tidak membelinya meski hanya sepotong . 
siapa bilang Armani lebih indah dari tenun tenun ikat ini?
( th )


 ( photos by : th , Desa SADE suku Sasak , dekat Mataram , Lombok , August 2015 )
 01 . suasana di halaman dalam kampung Sasak
02 . tenun khas 
03 . lumbung padi
04 . gerbang masuk kampung wisata SADE
05 . mengobrol , para wanita kampung Sade
06 . gadis kecil yang lucu 









Tidak ada komentar: