Kamis, 27 Juni 2013



Harus  Berbuat Dan Bilang Apa?

Sekitar 600 an foto melayang, entah terhapus atau tersesat dimana, karena seharian kemarin saya sudah berusaha ke lima tempat untuk menyelamatkannya, sia sia .. Mau apa? Marah, kesal, jengkel, sesal, atau apapun, semuanya percuma, tidak menolong .. 

Semuanya memang  dari kesalahan saya sendiri yang saking asyiknya jeprat jepret tahu2 " full " muncul . Awal bencana disitu. Saya dengan santai akan memindahkannya ke laptop. Dan entah dimana letak salahnya, rutinitas yang sudah berjalan tahunan ini kok mendadak kartu tak terbaca. Laptop yang lain ternyata sama  cueknya.

Maka kemarin delapan jam saya habiskan diluar rumah untuk mendapatkannya kembali, sia sia ..Mulai studio foto hingga pakar computer, sama : " Maaf, kelihatannya kok hilang .... " ... saya lemes, lemas. 

Demikian kira kira contoh soal kecil dalam kehidupan. " Sesuatu yang sangat ingin kita peroleh atau selamatkan atau pertahankan, dapat terlepas begitu saja. Sementara yang tidak diharapkan atau diselamatkan atau dipertahankan, masih ada didekat kita " ...

Maka, sungguh tidak ada manfaatnya untuk marah, kesal, dll dll karena segala sesuatu yang terjadi, sekecil atau sesederhana apapun itu, semuanya memiliki " pesan " dibaliknya. Mungkin pesan untuk saya kali ini adalah " Jangan Melupakan Tanggung Jawab Disetiap Apapun Yang Dikerjakan ", sekecil apapun .

 Saya telah melupakan tanggung jawab untuk memindahkan data ke tempat lain yang berakibat seluruh data itu lenyap karena kesalahan yang mungkin ada dalam proses pemindahannya yang sudah agak terlambat atau ada faktor X yang tidak saya ketahui.

Maka hari ini tadi, saya mencoba menebus beberapa kehilangan itu dengan mendatangi ulang beberapa tempat yang pernah ada dalam memory card. Kilometer menunjuk pada 125km saat pulang sore tadi, berarti muter muter itu cukup menghabiskan enerji karena macet macet dan disana sini harus mengulang lagi sudut sudut pengambilan yang cukup sulit karena perbedaan waktu dan cuaca. Itupun hanya bisa menebus 1/6 dari yang hilang. Apa boleh buat ...

Sesungguhnya " data " itu hanyalah sebuah simbol dari banyak hal lain dalam kehidupan yang dapat saja lenyap atau hilang sewaktu waktu karena berbagai sebab atau alasan, tetapi kalaupun terjadi maka yang terbaik adalah menyikapinya dengan kebesaran hati , keiklasan dan ini : " let it flow " ................ ( th )
( Photo by : th , June 2013 )

Tidak ada komentar: