Rabu, 16 Desember 2009

SELAMAT, Leonowens SP







Setelah membuat catatan kecil bersama mbak Ratna, saya juga ingin menyapa teman lain yang kiprahnya didunia sastra Indonesia bahkan telah menembus penghargaan internasional. LEONOWENS SP.

Penghargaan internasional ini sudah mengukir namanya sekaligus mengharumkan nama Indonesia ditahun 2007, dimana Leon menerima predikat sebagai The Best Writer dari Nederland.

Sedang ditahun 2009, kembali Leon meraih Anugerah Sastra Indonesia.

S E L A M A T !! Puluhan buku buku kumpulan puisinya telah terbit dan mengalir bagai sungai tanpa kemarau. Tercatat ada 30 buku lebih, yang terakhir adalah Mahamaradesnu ( mungkin saat saya selesai mengetik ini bahkan sudah ada yang lebih baru lagi?) . Simak misalnya : Karmakala, Terraluka I - III, Parwacarita I - V, Kandelar dan banyak lagi.

Penyair yang masih jomblo ini bagai magnet bagi lawan jenisnya yang " klepek klepek" dengan hantaman kata kata puitisnya yang seringkali menghias dinding dinding facebookers. Gadis gadis muda berebut perhatian dan " cinta maya " nya dan dengan manisnya Leon pun tidak ingin melukai semuanya. Sungguh sebuah odissey yang dahsyat dari kekuatan pena seorang Leon.

Tapi siap siaplah mengernyit dahi ketika menyelami baris baris puisinya yang amat " padat, ketat, serta liat " .Yang jelas, kita harus mempersiapkan diri berkelana ala Leon kalau ingin memahami puisi puisinya yang jelas sangat indah tetapi bak " mawar berduri " ( ber sakit2 lah dahulu sebelum dapat menikmatinya ) . Itu memang gaya Leon.
Apapun itu, sudah tentu Leon sulit dicari tandingnya.

Sayapun kesulitan menggambarkannya karena sastrawan handal yang satu ini memang mampu menjungkirbalikkan kata dan logika serta rasa menjadi sebuah pesan sarat makna. Yang terbaik adalah silahkan saja segera memburu buku bukunya !!

( Teriring ucapan terima kasih kepada Leon di Kandelar nya, sebuah kehormatan luar biasa buat saya , semoga satu saat Anda nanti Anda meraih nobel nya ya, sukses !!


  Catatan : Foto foto ini diambil dari album di fb sang sastrawan , dengan seijin yang bersangkutan

























Tidak ada komentar: