Senin, 18 Desember 2017









.. " KOMIKA , Aku Terlambat " ..

( hush ! membaca kata " terlambat " jangan buru2 berpikiran
 tentang kalender wanita ) . Yang saya maksud adalah 
saya sangat terlambat menulis tentang warung atau cafe atau
 apapun namanya dari yang satu ini . 
Berlokasi di Jalan Jakarta 34 Malang , 
dari luar warung ini lebih mirip Guest House . 
Konon , sekian tahun lewat , sekumpulan pecinta gambar
atau bahkan penggambar nya atau pecinta komik kira kira seperti 
itu kurang lebihnya , punya komunitas dan
 kumpul2nya dialamat ini . Masih ditambah musisi jalanan .
 Naa ... mungkin kalau ditambah komedian atau para
 penampil Stand Up Komedi , pasti tambah gayeng ! 
Inipun masih kurang lengkap kalau tidak ada kopi atau camilan .
 Tebakan suasana ini bermain di fantasi saya ketika sejarah 
singkat KOMIKA ini sempat saya baca diinternet .
Maka dari kumpal kumpul tadi mungkin muncul ide lebih konkrit , 
kenapa tidak sekalian dibuat tempat tongkrongan
yang resmi alias " dikomersilkan " ? 
 Na ... disatu sore yang gerimis lebat ( bagaimana itu ? ) , 
saya dengan seorang teman datang di KMK ini pada jam ngopi ,
 sekitar 15'30 . Lumayan penuh sehingga kami hanya 
kebagian kursi dipojok sebelah dalam . 
" Yang khas disini Mango Groovy " kata mas pramusaji . 
Sore dan hujan , rasanya lebih pas kopi . 
Jadi Mango Groovy nya untuk lain kali ya mas ... ! 
Sebagai kudapannya adalah Pisang Goreng Keju dan Tahu Goreng 
 Dan dengan bergaya sedang dishooting untuk film nya 
Alfred Hitchock , saya memilih kopi Vietnam yang
 misterius dalam saga Mirna itu . 
Saya melihat atmosfer di KMK ini memang cukup nyaman 
dengan teras belakangnya yang terbuka atau teras depannya yang 
didesain ala kamar orang Bali alias ber kelambu2 sebagai 
ganti daun pintu yang sumpeg .. !
Ngobrol ngalor ngidul dengan teman ini  sampai menjelang maghrib ,
 kami berpisah di dekat Makam Pahlawan . 
( hush yang kedua ,
jangan berpikiran yang horror2 ..  ) 
 KMK yang lebih mirip cafe ini memang sejatinya warung yang menyediakan
 makanan2 berat yang mengandung nasi hehehe .. Jadi memang suka sukalah ,
 mau berat mau ringan , semuanya ada di KMK . 
Kudapan yang saya pesan tadi plus kopinya dari skala 1-10 saya berikan nilai 6 .
 Untuk layanan juga 6 . Untuk atmosfer 6'5 .
 Adapun masalah harga itu relatif . Selama ditopang atmosfer yang nyaman ,
 rasa yang lumayan dan layanan yang ramah , maka harga menjadi yang kedua .
( kecuali kalau kita ke restoran2 yang memang Non SMP/ segera makan & pulang ) 
 Sedikit catatan mengenai Kopi Vietnam saya bahwa di cafe lain di Malang ,
 saya mendapat tampilan Kopi Vietnam yang beda yaitu saat sudah ada dimeja saya ,
 kopinya masih sedang menetes kedalam cangkir saya , 
sehingga  menciptakan sensasi tersendiri  . 
Di KMK ini , Kopi Vietnam tersaji sudah dalam keadaan selesai , 
ketika saya membuka tutup teratas dari coffee-set nya ,
 kopi sudah tersisa hanya ampasnya , sarinya sudah ada di cup sebelah bawahnya .
  Saya bukan barista , saya awam , saya justru ingin pendapat ahlinya ,
 manakah diantara dua macam cara penyajian ini yang lebih bener ?
Saya suka cara yang pertama , tapi mungkin itu salah ,
 atau saya kurang suka cara sajian yang kedua tapi mungkin itu yang lebih bener ! 
( Lo .. koq seperti bicara tentang perjodohan ya hehehe .. )
 Yo wes , yang suka baca , nggambar atau koleksi komik silahkan ke Komika ,
 siapa tahu ada bonus Kopi Vietnam untuk anda ?
Tentu saja jangan langsung percaya , 
maka silahkan saja ke Jalan Jakarta 34 Malang !
( Titiek Hariati ) 
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , Dec . 2017 )

01 . gaya Bali ?
02 . sudah pasti minus sianida
03 . kudapan saat hujan sore sore
04 . teras belakang ( 01 )
05 . teras belakang ( 02 )
06 . daftar menu setengah berat
07 . tampak luar
08 . daftar menu lain
 








 

Tidak ada komentar: