Jumat, 19 Agustus 2022






 
 ..  " SAUNG FARALY , 
Yang Gres Di Junrejo , Tlekung , Batu " ..

sebetulnya karena tidak sengaja saja bahwa saya
 melihat sesuatu yang baru di desa Tlekung , 
arah Batu dari rumah saya di Tlogomas . 
bahkan sekitar sebulan sebelumnya belum ada
 tanda tanda kehadiran warung baru disitu . 
tampilannya sederhana saja , terdiri dari beberapa 
gazebo dan sebuah ruangan makan .
 

 
 
dugaan saya pastilah warung berjuluk 
" Saung Faraly " ini mengusung menu menu 
ala Sunda . ternyata salah . 
" disini yang utama Sate dan Gule Kambing " , 
jelas pramusajinya . pucuk dicinta ini namanya , 
sebab sejak ada PKM dikalangan ternak , 
saya sangat menghindari daging dagingan 
termasuk kambing . tetapi karena ada
 pemberitahuan bahwa PKM mulai dapat teratasi
 dan kambing termasuk yang sedikit terkena PKM 
maka sayapun " bersuka cita " dengan 
menu menu andalan warung yang satu ini . 
jelas bahwa pesanan saya tak jauh dari sate dan gule
 dan setelah sekian bulan saya menahan diri tidak 
ber sapi sapian atau kambing kambingan , 
maka dengan antusias saya nikmati atmosfer
 pedesaan disitu sambil menunggu
 pesanan sate gulai saya  !
 
 
 
 
 yang unik lagi adalah minumannya yang ditawarkan
 kepada saya yaitu Wedhang Sutelang 
sebagai ikon warungnya !
 ( Sutelang = Suket Teki , Akar Alang Alang , 
Jeruk Lemon , Sereh dan Jahe ! ) . 
menunggu pesanan sambil jeprat jepret dan 
meng edit foto foto , memasukkan ke IG , 
mengirim WA , men cek email , melihat ke blog saya 
dll dll tahu tahu lewat sudah 30 menit ! 
lho ... apa kambingnya masih lepas di kebun , 
atau masih akan disembelih ?.... 
untung saja warung dikelilingi kebun sayur dll , 
andai warungnya ditengah kota yang panoramanya 
adalah kemacetan lalin , dijamin saya 
sudah lari hehehe ... 
yah .. sabarrrr ... dan akhirnya bermunculanlah 
satu persatu pesanan dimeja saya .. 
10 tusuk sate kambing 30K dan gulai per porsi 15K
 plus wedhang Sutelang 10K adalah harga yang
 sangat wajar meski untuk dua orang dikali dua .
 memang tak bisa berharap seperti
 sate kambing muda di Mesir , Batu yang betul2 
daging muda yang empuk ( bukan jeroan ) , 
juga gulai Mesir  yang bebas jeroan , 
maka untuk sate gulai  di " Saung Faraly " ini saya
 bisa memberi nilai 6 dari skala 1-10 , 
hitung hitung mengobati kangen saya selama ini 
pada daging kambing .. 
 
 
 
 
sebetulnya disitu juga ada menu ayam , udang , lele , 
cumi , nila , bakso dll . juga nasgor , capcay , 
indomie dll . tetapi karena tawaran pertama kali 
saya diperkenalkan dengan kambing , maka
 sudah pasti kambing pilihannya hehehe ... 
 
 
 
 
naa , buat yang jenuh dengan suasana  kota atau 
cafe cafe yang rame brisik , mungkin " Saung Faraly "
 bisa jadi pilihan saat pengen suasana tenang 
atau atmosfer pedesaan ..
jangan lupa menjajal Sutelang nya yang 
segar dan sehat yaa ..!
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 20.08.22 )
keterangan foto :
01 . gazebo dijalan masuk
02 . ruang lain buat yang ngga bisa lesehan
03 . dilihat dari arah kebun
***
04 . kebun
05 . outdoor
***
06 . daftar makanan
07 . minuman
08 . camilan
***
09 . menu lengkap
10 . sate kambing
11 . gulai kambing
***
12 . wedhang sutelang
13 . minuman ikon : sutelang
14 . saung faraly
***
 

Tidak ada komentar: