Selasa, 09 Agustus 2022

 
 
 
 
 
 .. " Ayam Goreng Nelongso , 
**Napak Tilas** Mie Setan ? " ..

Ayam Goreng Nelongso ini sudah beberapa tahun
 eksis di Malang dengan sekian banyak cabang .
 saya memang tidak terlampau tertarik pada mulanya
 gara gara iklan mereka diwal yaitu 
" Rp.5500 ,- Nasi Ayam " . 
iklan iklan yang terlihat " kurang masuk akal " 
seperti ini memang bak pedang mata dua . 
bisa menarik bisa juga sebaliknya .
dan ketika didekat rumah saya yang hanya berjarak
 sekitar 600 meter  muncul kedai Mie Setan , 
tetapi ternyata tidak mampu bertahan dan tiba tiba saja
 bangunan gede yang lumayan keren di 
Jalan Raya Tlogomas 31 Malang itu digantikan oleh
 penghuni barunya yang berjuluk 
" Ayam Goreng Nelongso " , barulah saya 
tergerak untuk menjajalnya  meskipun lebih
 didorong oleh rasa penasaran yi
" mengapa sih Mie Setan ditempat sekeren itu 
tidak mampu bertahan ? "
 
 
maka minggu yl saya sudah duduk diteras luar dari 
AGN di Raya Tlogomas 31 Malang , 
yang hanya sekitar 3 menit dari rumah saya 
( setelah sebelumnya sempat kelantai teratas 
yang ternyata lumayan panas ) 
menemukan didaftar menunya yang teratas adalah 
nasi ayam masih seperti di iklan mereka sekian tahun yl 
( Nasi Ayam 5500,- K per porsi ) , saya mendapat 
jawaban " itu hanya ada di cabang tertentu " . 
 
 
 
tentu strategi marketing seperti itu sah sah saja
 sejauh itu tidak membohongi dan 
ketika strategi sudah dirasa berhasil rasanya layak 
jika iklan diatas dihapus saja dari 
daftar menu atau banner dll . 
dengan puluhan cabang yang saat ini sudah tersebar ,
 AGN hanya tinggal " berjuang " mempertahankan
 panjinya ditengah ketatnya persaingan dijagad 
ayam ayaman .
 di cabang AGN di Raya Tlogomas ini sebetulnya 
menurut saya memiliki keuntungan lebih yaitu 
best - venue diantara 
cabang cabang lainnya yang ini tidak lepas dari 
selera estetika pengelola Mie Setan sebagai 
" pemakai pertama " lokasi di Raya Tlogomas ini . 
dengan kelebihan ini , semoga AGN lebih bisa 
memanfaatkannya dibanding cabang cabang AGN 
lainnya yang umumnya di ruko ruko .
tetapi siang itu , dua macam pesanan saya disitu 
ternyata membuahkan rasa " kesal " gara gara 
waktu tunggu pesanan yang menurut saya sudah 
kelewat batas yakni sekitar 17 menit !! 
( kalau di Pizza Hut dengan waktu tunggu seperti itu
 saya sudah berhak mendapat kompensasinya 
berupa pizza juga dan jelas di AGN ini tidak ada 
berikut permintaan maaf baik dari  chef ataupun
  pramusajinya )
 komplain saya akhirnya lebih
 ke bagian kasir yang " tidak berdosa " setelah
 saya tengok di dapur tidak ada satupun manusianya.
 alasan yang di kemukakan yang membawa 
pesanan saya kemeja ketika saya
 tegur saat mengantar pesanan ke meja tanpa 
permintaaan maaf  adalah :
" persiapannya memang butuh waktu .. "
 apa sih pesanan saya siang itu ? catat saja : 
Paket 1 dan Paket 2 yang saya sudah lupa detilnya .
 
 
 ya sudah , karena sudah terlanjur , maka saya hanya
 bisa berkomentar bahwa 
" bagaimanapun dan apapun , 
kastamer selalu ( minta di ) benar ( kan ) dan 
ekspektasinya tinggi , 
sehingga tantangan terbesar sebuah bisnis adalah
 bagaimana membuat kastamer puas , 
tidak kapok dan masih ingin kembali lagi  " .
jawabannya saya serahkan pada ayam yang 
bersedih e.. nelongso ini karena yang jelas saya 
tidak akan pernah kembali lagi ..
 yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
saya ke AGN pada tanggal 04 Agustus yl ) 
keterangan foto : 
01 . paket 17 menit ..
02 . teras samping luar
***
03 . saya menunggu 17 menit ..
***
04 . paket 2
05 . paket 1 ( atau terbalik ? )
*** 
06 . teras luar yang sepi dan nelongso ..
***

Tidak ada komentar: