Senin, 16 Mei 2022


 
 
 
.. " CENGLI , 
Beranilah Jujur Di Kepundung 44 " .. 

kalau Shakespeare bilang 
" apalah arti sebuah nama " maka saya tidak
 sependapat karena nama buat saya itu 
" mengemban " sebuah tanggung jawab 
terutama moral ! 
misal ada yang punya nama " Yudhistira " yang 
dalam pertokohan wayang dikenal 
Sebagai Tokoh Pandawa Yang Tidak 
Pernah Berbohong Satukalipun 
 eee... ternyata yang menyandang nama ini 
orangnya terkenal suka " nggedabrus " 
( maaf .. banyak kosa kata Jawa yang saya 
lebih suka tidak menterjemahkannya sebab 
kata aslinya lebih terasa mantap ! ) . 
 
 
naa .. maka ketika siang tadi saya ke 
Jl . Kepundung 44 Malang ,
sayapun sudah berdiri didepan kasirnya 
dengan pertanyaan pertama saya :
" apa arti Cengli " yang dipilih sebagai nama 
Toko ini . " itu bahasa mandarin , artinya jujur " , 
oooo ... itu kata yang di kasir .
( ini problem besar saya saat ini , 
belajar bahasa Mandarin dua tahun pada 
sekian waktu lewat ternyata ingatan sudah 
menguap semua hehehe .. ) . naa ... toko yang 
satu ini memang berjuluk 
" Toko Roti dan Kopi , CENGLI " . 
 

 
 
berlokasi disebuah komplek perumahan yang 
bisa dibilang jadul karena nama nama jalan 
disitu adalah mengusung nama nama 
buah buahan jadul yang buat milenial mungkin 
terdengar asing seperti Kuweni , Kesemek , dll
 termasuk alamat toko ini yaitu 
Jalan Kepundung . 
mengkhususkan diri pada bahan utama gandum 
sebagai selling point nya , maka dalam daftar 
menunya bisa terlihat beragam olahan 
roti gandum yang dipadupadan dengan 
bermacam bahan lain . 
 
 
ada yang roti gandum Nougat , Keju , Oreo , 
Ayam , Telor Bebek , Milo dll . dan dideretan 
minumannya ada 
Kopi Cengli , Kopi Cengli Pisang dll . 
Kopi Tubruk juga ada dideretan Kopi Tradisionil 
termasuk Wedhang Uwuh dll .  
Yang modern ? Juga ada .
 Espresso Americano atau Espresso Cappucino .
saya pilih Roti Ayam dan Kopi Cengli . 
 
 

 
 
kedai roti yang mungil ini punya atmosfer lumayan 
nyaman dengan dominasi warna merahnya 
yang khas dan menarik meski interiornya simpel . 
disalah satu dindingnya ada tempelan 
berbagai majalah dll dari jaman " buyut buyut " 
yang unik , yang bagi milenial ini adalah 
laksana mesin waktu mengenal sejarah 
jaman printing manual hingga digital seperti 
saat ini . paket breakfast juga ada dan
 sebagai tempat cangkruk atau pul kumpul 
dengan jumlah tak terlalu banyak , toko roti yang
 satu ini boleh dipilih terutama bagi yang 
ingin berganti atmosfer cafe cafe modern yang
 umumnya bejubel ! 
 
 
untuk LHAR 
( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) dari
 skala 1-10 , saya suka memberikan nilai 6,5 
meski saya tahu ini bergantung selera 
masing masing .
 
 
naa ... buat yang ingin memulai gaya 
sarapan sehat ataupun camilan sehat , bisa 
dimulai di Toko Roti Gandum ini karena 
serat tinggi gandum dapat memperlancar  
BAB ( ups .. maaf ! ) . 
hanya ada catatan kecil buat crew toko ini : 
 
 
" hindari " cekikak cekikik " yang dapat membuat 
pengunjung merasa kurang nyaman karena 
bisa menimbulkan kesalah pahaman " . 
selebihnya , junjung tinggi makna kata CENGLI 
 agar pengunjung dan crew Cengli
 sama sama hepi .... ! 
yukkkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 16.05.22 )
keterangan foto :
01 . small but beautiful
02 . meja saya
03 . sibuk menyiapkan pesanan
04 . banner dijalan masuk ketoko
05 . daftar menu
06 .saya menikmati atmosfer Cengli
07 .dinding mesin waktu
08 . red wall
09 . katak mini
10 . kasir
11 . hindari agar tamu nyaman atau lakukan 
diruang yang tak terlihat kastamer : 
" jadilah Cengli " !
********


Tidak ada komentar: