Senin, 11 April 2022



 
.. " Yang Djadoel Yang Tak Termakan Jaman " ..
( 01 ) 
setelah ratusan cafe dan kedai ataupun
 warkop modern saya jelajahi dan tulis di blog ini ,
 rasanya tidak adil kalau saya 
" melupakan cikal bakal " mereka .
 maka diantara puluhan warung warung jadul yang
 melegenda di Malang Raya , saya hanya akan 
mengambil 3/tiga sebagai " wakil " dari jamannya . 
baik itu yang rasa khas Malang maupun luar pulau .
 saya akan mulai di seputar Alun Alun Kota Malang ,
 diseberang Mitra atau Matahari atau
 Jalan Merdeka Timur 2F. 
 
 
namanya " Martabak Agung " . 
saya sebenarnya termasuk salah satu fans beratnya
 meski bukan semata karena martabaknya .
 duluuuuu ( sekitar 25 an tahun yl bahkan lebih ) 
saya sering kali " ngrawon " disitu dan hanya
 sesekali beli martabaknya  
( meskipun mereka juga lebih terkenal dengan 
Nasi Briyani dll nya ) 
 
 
maka bulan lalu saat saya kesana , saya ingin kembali
 " ngrawon " bahkan sempat duduk dimeja favorit saya
 yaitu meja yang terdekat dengan 
dapur minumannya hehehe .. 
coklat panas dan rawon , kombinasinya .
 ah ya , tak ada yang berubah bahkan kursi 
mejanyapun tetap seperti dulu dan yang terlihat
hanyalah warnanya yang mulai memudar dan
beberapa pegawainya juga masih yang dulu 
kecuali bahwa usia meranggas sebagaimana 
saya sendiri hehehe ..
 
 
saya nikmati atmosfer jadulnya , hanya terasa 
perbedaan bahwa disekitarnya telah ada satu dua
perubahan dari toko toko yang dulu masih ada .
 sebut saja salah satunya yaitu 
toko buku Siswa yang juga legendaris sudah berganti
 usaha atau pemilik , entahlah .. 
diam diam saya bersyukur bahwa masih ada jejak jejak
 lama yang mampu bertahan bahkan disaat 
pandemi panjang plus munculnya ratusan 
tempat makan dan cangkruk modern
di Malang Raya ... !
 
 
kerinduan lain untuk mencicipi martabaknya
harus saya tunda dikarenakan  isu sulitnya 
minyak goreng yang membuat kekhawatiran bahwa
 minyak yang dipakai mungkin harus lebih dihemat 
dan di ulang ulang pemakaiannya  hehehe ..
bagaimanapun ,
 kerinduan pada warung yang satu ini sudah terobati  !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
baru sempat diposting pada
 bulan Ramadhan 1443H pada hari ke 9 )
keterangan foto :
01 . tampak depan
02 . atmosfer ( 01 )
03 . rawon
04 . atmosfer ( 02 )
05 . atmosfer ( 03 ) 

Tidak ada komentar: