Kamis, 16 September 2021

 
 
 .. " Kiamat Diambang ? " ..
banyaknya peristiwa bencana alam 
diseluruh bagian bumi , munculnya
 kejadian2 aneh yang tak ternalar ,
 meningkatnya kejahatan yang mengerikan diantara orang2 terdekat keluarga ,
 peperangan dan konflik berkepanjangan antar bangsa atau negara , 
perpecahan faham diantara keyakinan
 baik dengan keyakinan lain maupun didalam sebuah keyakinan itu sendiri yang mengakibatkan tindakan2 teroris , penyimpangan2 sexual yang makin meluas
 ( LGBT ) , semakin meningkatnya 
kegilaan manusia pada materi dan urusan2 duniawi dengan menghalalkan 
segala cara serta semakin menjauhnya dari kehidupan spiritual ,
 serta perusakan alam yang mengakibatkan kacaunya iklim dunia dsb dsb
 yang inti dari semuanya adalah 
" rusaknya moral umat " ! 
benarkah tanda tanda ini sudah sedemikian
 pas dan sesuai dengan janjiNYA 
akan Hari Akhir atau Kiamat ? 
jutaan tulisan ataupun ramalan bermunculan seputar Kapan , tetapi jutaan pertanyaan
 memiliki Jawaban Yang Semuanya Buntu
 alias : penuh dengan " ilmu duga duga " . bahkan dikalangan  peramal2 terkemuka
dunia sejak berabad lampau .
 semuanya hanya ber putar putar disekitar 
" kira kira " ataupun " jika nanti " 
ataupun " mungkin " ataupun 
" kurang lebih " .. 
mari kita coba tengok beberapa kalimat NYA tentang Hari Akhir ini : 
 01 ) QS :  Al Hajj : 7
" Dan sungguh ( hari ) Kiamat  itu pasti datang , tidak ada keraguan padanya , 
dan sungguh , Allah akan membangkitkan siapapun yang didalam kubur " 
02 ) QS : Az Zumar :  68
" Dan ditiuplah sangkakala. 
Maka matilah siapa yang dilangit dan
 dibumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah . Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi,
 maka tiba tiba mereka berdiri menunggu 
( putusannya masing masing ) " .

03 ) QS ; Al Qori'ah : 1 -5

" Hari Kiamat , apakah Hari Kiamat itu ? Tahukah kamu apakah Hari Kiamat itu ?
Pada hari itu manusia seperti anai anai yang bertebaran dangunung gunung 
seperti bulu yangdi hambur2kan " .

04 ) QS : Al Zalzalah : 1 -8
" Apabila bumi digoncangkan dengan 
goncangan ( yang dahsyat ) dan bumi telah mengeluarkan beban beban berat 
( yang dikandung ) nya , dan manusia
 bertanya : 
" Mengapa bumi ( menjadi begini ) ? " , 
pada hari itu bumi menceritakan beritanya , karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan ( yang sedemikian itu ) kepadanya . Pada hari itu manusia
 keluar dari kuburnya dalam keadaan
 ber macam2 , supaya diperlihatkan kepada mereka  ( balasan )  pekerjaan mereka . Barangsiapa  yang mengerjakan kebaikan
 seberat dzarrahpun, niscaya dia akan
 melihat ( balasannya ) . 
Dan barangsiapa yang mengerjakan
 kejahatan sebesar dzarrahpun , niscaya dia
 akan melihat ( balasannya ) pula " .
 05 ) QS : Al Ahzab : 63
" Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit , katakanlah : 
" Sesungguhnya pengetahuan tentang 
Hari Berbangkit  itu hanya disisi Allah . 
Dan tahukah kamu 
( hai Muhammad ) ,
 boleh jadi Hari Berbangkit itu 
Sudah Dekat Waktunya " .
 masih banyak lagi kalimatNya tentang
 Hari Kiamat , namun saya tak hendak membuat pembaca miris dan ngeri karena gambaran dahsyatnya ! tetapi mengapa saya menulis ini ?  
 karena kebetulan " kita bernasib sama "
 yaitu sama sama kita tidak tahu
 Kapan Kiamat Besar Terjadi dan Kiamat Kecil . Kiamat Kecil ? 
ya , yaitu kiamatnya diri kita sendiri alias Kematian Kita Didunia ini !
 andai tahu Kapan Kiamat kecil Kita tiba , mungkin tidak ada lagi manusia yang mau beraktivitas dan akan mengisi sisa2 hidupnya hanya dengan mendekatkan diri kepadaNya laksana orang hukuman yang sudah diberitahukan pelaksanaan hukum matinya !  
 maka mana yang akan kita pilih , 
mengetahui saat kematian kita atau
 tidak perlu tahu ? silahkan pembaca memilih , tetapi biarlah saya memilih 
yang terakhir saja . lho , bukankah dengan
 tidak tahu lalu kita masih berpeluang
 berbuat dosa ? benar .
 tetapi dengan 
berbekal sedikit pengetahuan bahwa menurutNYA , aktivitas dunia dan akherat haruslah berimbang dan bahwa bekerja , bersekolah maupun beraktivitas 
yang bermanfaat itu adalah ibadah ,
maka rasanya saya juga tidak perlu
 takut bahwa jika saya tidak sholat , puasa dll secara nonstop bahkan
 tidak tidur 24 jam agar ibadah saya diterima , sesungguhnya 
Tidak Ada Jaminan Surga karenanya ! 
 yang bisa saya lakukan " menjelang " 
Kiamat Kecil diri saya , hanyalah aktivitas rutin se hari hari sebagai manusia , 
sebagai ibu , sebagai tetangga , sebagai 
anggota komunitas ini itu , sebagai penulis , sebagai anggota masyarakat ,
 sebagai pengurus diini itu , 
adalah berusaha agar saya bisa
 menyumbangkan manfaat meski hanya
 sebesar Dzarrah !
 syukur syukur jika saya sedikit berkelebihan
 rizki mungkin juga bisa berbagi 
secara materiil , jikapun tidak , maka moril adalah kekayaan yang ingin saya 
sumbangkan . maka jika se waktu2 
penjemput itu datang dan mengetuk pintu saya , beruluk Salam Penjemputan ,
 semoga saya dapat menghadapinya dengan keihklasan dan kedamaian karena
 saya tahu bahwa saya tidak memiliki harta apapun yang akan menjadi beban saya dialam kubur kecuali bahwa saya harus mempertanggung jawabkan 
 " manajemen kehidupan dunia " saya dalam upaya meraih pertolonganNya
di Hari Kiamat Besar nanti . 
 maka memikirkan Kapan Itu
 Terjadi , Kiamat Kecil ataupun Besar , 
sangatlah men sia2kan waktu , yang 
penting adalah Bagaimana Mengelola Waktu Yang Ada dan Tersisa , dengan berupaya 
secara terus menerus menjadi manusia yang 
Hari Ini Lebih Baik dari Kemarin ,
 dan Hari Esok Lebih Baik dari Lusa
 dst dst dst hingga saat penjemputan itu tiba ..
( Titiek Hariati , Malang , 17 .09 . 21 )
gambar gambar dari google 
 
 
 
 
 

 


Tidak ada komentar: