Kamis, 23 September 2021



.. " Tek Ewe Saat Pandemi " .. 
memasak sendiri terus menerus apalagi selama
 pandemi harus lebih banyak " ndekem " dirumah ,
 maka selingan makan diluar atau beli 
makanan luar adalah menyegarkan .
 tapi berhubung pandemi, saya harus selalu membawa
 panci sendiri ataupun sendok dan gelas dan 
mangkuk sendiri kalaupun " terpaksa " makan diluar . 
beberapa tempat di Malang bahkan sudah
 hafal kebiasaan saya , misalnya di Bakso Djadoel , 
Warung Bu Is , Warteg Dekat Kampus ,
 ataupun beberapa warung dipasar OOD dan panci
 saya menjadi pesohor dikalangan mereka hehehe ..
sampai rumah biasanya langsung saya
 panasi lagi sebelum dimakan .. 
jangan tanya kalau saya terpaksa makan diluar
 karena jam makan sudah tiba 
tapi masih jauh rumah !
 sebagai contoh saat sudah " kadung " di 
Nongkojajar ee .. perut sudah nge jazz , 
terpaksa mengalah dan keluarlah perbekalan darurat
 al mangkuk, gelas , sendok pribadi dan 
si penjual pun hanya bisa senyum2 tapi 
umumnya mereka berkomentar ( basa basi )
" bener bu , lebih aman .. ! " . 
minggu yang lalu sebetulnya juga tidak jauh dari
 rumah yakni masih di Jalan Raya Langsep dan
 jampun masih menunjuk 11.30 .
 setengah lapar tapi belum banget hehehe .. 
maka diputuskan untuk TekEwe saja , tapi 
Pecel Menteng langganan saya disekitar 
Jalan Raya Langsep itu  ternyata libur atau entah
 kenapa kok ngga jual .. apes ! 
ditengah kekecewaan , tiba2 dihalaman samping
 dari rumah bernomor 34 disitu , saya melihat 
si mungil yang manis dan resik , Chicken Box ! 
sebetulnya ini bukan baru di Malang , tapi adalah 
cabang yang kesekian . hanya saya ingat bahwa
 salah satu cabang CB yang didekat ITN 
itu tutup ( bangkrut ? ) bahkan sebelum pendemi dulu .
 maka CB di Jl . Raya Langsep 34 ini 
( yang konon sejak setahun lalu dibuka ) mungkin
  adalah " penerus / pengganti / atau entah apa "
 dari yang tutup itu atau bisa jadi tak ada
 hubungannya sama sekali alias new owner .
 tertarik dengan tatanan kebunnya yang mini 
dan inter & exterior nya yang rapih mungil bersih ,
 sayapun masuk dan mbungkus menu sayap
 dan disitu hanya cangkruk menunggu
 pesanan sambil menikmati jeruk panas !
 apa boleh buat , saat pandemi maka
 faktor daya tarik utama sebuah tempat mamin 
adalah Kebersihan dan Prokes Penjualnya
 ( di CB ini selain menyediakan cuci tangan
 air mengalir dan sanitizer , plus si penjual / pemasak
 juga bermasker dan memakai sarung tangan plastik
 untuk menata maminnya !
 dengan gelas minum bertutup maka 60% bisa
 dikatakan " aman " ( sejauh yg 40% bukan 
lalu dia OTG hehehe .. )  
CB ini memang pas untuk anak sekolah , anak kos,
 mahasiswa dll sebab paket2nya murah meriah
 dengan rasa yang menurut saya ya lumayan
 ( empuk, gurih .. lha ayam mau gimana lagi ? ) . 
yo wes begitu saja , sekedar menunjukkan betapa
 pamdemi telah banyak mengubah 
cara pikir dan cara pandang terhadap
 standar kebersihan & prokes serta pola makan . 
ada masukan ?
( Titiek Hariati , Malang , September 2021 )
foto2 95% saya jepret sendiri .

Tidak ada komentar: