Rabu, 23 Juni 2021




 
.. " Mengakali Covid " .. 
tentu judul diatas mengundang " huuuuuuu .... " ,
saya tahu ..
 tetapi disaat ancaman virus mendunia dan
 grafik ditanah air melonjak naik , 
bisa apa kalau tidak berupaya " mengakalinya " ?
dengan tiga sampai sepuluh M pun 
virus masih saja bisa masuk lewat udara ,
 pegangan pintu saat kita membuka tutup nya , 
menyapu rumah karena debu yang kesana sini
 tak terlihat , binatang2 piaraan yang suka
 berkeliaran diluar pagar kita , 
belanja mlijo ataupun di supermarket lewat kasir
 atau bersin2 dari pembeli lain dan bersinnya 
nempel di barang2 tertentu yang kemudian
 kita pegang atau beli , dan jutaan kemungkinan 
lain yang tak terduga termasuk 
anggota keluarga sendiri yang serumah yang
 terlihat sehat tetapi sebetulnya sudah terinfeksi . 
 nah .. kemana harus lari ? 
maka jika ke mana2 dan di mana2 sudah 
dipadati virus padahal kita butuh terus bernafas ,
 belanja , sesekali mungkin ke atm atau tempat2 lain
 yang harus berkomunikasi dengan 
manusia lain , dst dst bagaimana menyiasatinya ? 
1001 tips sehat di sosmed membanjiri HP
 tiap detik . tapi maaf kalau saya punya cara sendiri
 yang saya sesuaikan dengan fisik dan mental
 saya yang kebetulan tidak seragam 
dengan orang lain ini hehehe ..
  maka disinilah yang saya maksud dengan
 " mengakali " virus yaitu antara lain : 
01 ) pergi atau tidak pergi keluar rumah ,
 pagi2 saya selalu rutin mandi sebelum sholat subuh . 
02 ) jikapun keluar rumah yang " sepele " 
( jarak dekat , sebentar ) saya tetap mandi setelahnya !
 bahkan meski didalam pagar rumah 
tetapi berpotensi kotor / debu dll , 
saya tetap mandi lagi ! 
03 ) cuci tangan dalam aktivitas rumah tetap perlu
 misal : setelah membuka cendela2 & pintu 
dipagi hari karena ada bagian logam2 yang
 saya harus pegang , putar dll . 
 04 ) cuci bersih semua belanjaan termasuk
 tas kainnya , mulai sayur , buah , bahkan kemasan2
 seperti Gulaku , Kopiku  dll saya cuci bagian
 luarnya sebelum dimasukkan kulkas atau bufet dapur 
05 ) saya Tidak Pernah Sungkan / 
Segan MENEGUR siapapun yang kebetulan
 berkomunikasi dengan saya Tanpa Masker 
agar ybs bersedia memakai masker atau transaksi 
apapun saya batalkan , contoh :
 saya selalu membawa peralatan sendiri untuk
 membeli mamin diluar rumah seperti sate ayam dll ,
 tetapi karena si pembakar sate menolak
 ber masker dengan alasan " pengab " maka
 pembelian saya batalkan . 
 06 ) dalam tas khusus saya untuk kegiatan luar rumah,
 selalu saya bawa masker cadangan , handsanitizer , 
sarungtangan , botol mineral , sabun cair , tissue ,
peralatan mamin lengkap serta 2-3 kresek 
untuk ber jaga2 saja .
 07 ) zoom telah mengambil alih kontak langsung
 dan saya tidak berkeberatan dengan
 reuni2 via zoom .
08 ) jika terpaksa membayar secara tunai 
karena tidak semua hal harus debet atau
 secara online , saya sediakan pecahan2 kecil 
agar saya bisa membayar uang pas 
dan plastik2 kecil selalu saya bawa ke mana2 untuk membungkusnya , misal untuk parkir ,
 saya telah bikin kantung2 plastik kecil isi 3 ribuan ,
tidak ada uang2 kembalian yang bisa saya tolerir .
09 ) jika terpaksa membeli sesuatu makanan
 diluar rumah untuk di takeaway dan si penjual
 merangkap sbg kasir , 
maka saya dengan sangat sopan meminta ybs
 agar terlebih dahulu bersedia mencuci tangannya
 sebelum menyiapkan pesanan saya 
sebab saya tahu ybs juga merangkap kasir .
 selama ini selalu berhasil karena mereka sadar
 bahwa karakter pembeli tidaklah sama hehehe ..
10 ) saya rutin meng konsumsi vitamin secara
 langsung dari sayur atau buahnya 
( bukan lewat pil pil ) 
dan favorit saya adalah Kelor yang kebetulan ada 
belasan pohon dirumah , 
karena pohon ajaib ini bahkan dalam versi WHO 
sangat super bermanfaat !
 rebusan daun kelor secara rutin banyak membantu
 tubuh tetap sehat dengan 
cara murah dan sederhana !
 11 ) terakhir : adalah olah tubuh
 agar aliran darah tetap lancar dan jiwapun 
ikut sehat . 
saya lalukan rutin jogging , bersepeda ataupun
 jalan pagi dan senam ringan dalam rumah . 
tidak perlu ke gym , karena bersentuhan 
dengan peralatan yang dipakai banyak orang
 sangatlah beresiko !
naa .. silahkan saja dengan 3 - 10 M , tetapi yang
 penting adalah temukan apa yang terbaik
 bagi fisik mental kita yang
 tak selalu sama dengan kebutuhan orang lain 
dalam berolah fisik dan jiwa !
  demikian cara saya " mengakali " virus agar
 tiap kali saya diintainya , ia akan kecewa
 karena ia ikut terbilas bersih lewat mandi , 
handsanitizer , masker yang diganti per 3 jam 
diluar rumah , baju dari luar rumah langsung
 masuk mesin , juga sepatu / sandal selalu ada
 di teras paling luar dan dibersihkan 
dengan bermasker &  vacum lah bagian2 rumah
 yang menangkap debu seperti 
sofa , tempat tidur , kelambu , dll bahkan
 bagian2 yang " nylepit / tersembunyi " , 
jangan pelit dengan sabun , masker , handsanitizer ,
 kantung2 plastik , dll selama
 kita masih butuh sehat!
naaa ... selamat mengakali virus dan diatas
 semua hal jangan dilupakan :
" Mohon Perlindungan dan PertolonganNYA "
( Titiek Hariati , 23 .06 .21 )

Tidak ada komentar: