Sabtu, 12 Juni 2021

 
 
.. " Jogging Track ala Saya " ..
kalau biasanya saya naik gerobag dulu
 menuju jogging track tertentu 
yang agak jauh rumah ,
 maka dalam beberapa hari terakhir 
saya memilih yang dekat2 rumah saja
untuk lebih " mengenal " lingkungan
 terdekat hingga radius 3 km dari rumah . 
 yang menarik jika kita ber pindah2
 lokasi , kita dapat melihat dan
 menemukan tempat tempat yang baru
 yang  belum pernah kita lihat
 sebelumnya . 
 kota Batu dan sekitarnya juga 
menjadi favorit untuk jogging terutama
 diarea Panderman Hill yang 
naik turun itu . namun sejak pandemi ,
 harus memonitor berita2
 perkembangan covid sebab area 
zona merah harus dihindari ! 
 hari ini misalnya , Jumat 11 Juni 2021 ,
 area area terdekat dari rumah yang
 dahulunya zona merah telah
 berubah menjadi kuning bahkan ada
 yang hijau di sebagiannya .
saya putuskan untuk memulainya 
seusai sholat subuh dan dalam
 kegelapan pagi saya menuju sebuah 
area dimana hutan bambu dan
 area persawahannya serta jembatan 
jadulnya yang bersejarah itu 
mengundang minat .
 suara gemuruh air sungai dibawahnya
 dan desiran batang2 bambu
 plus jembatan jadul nya yang masih
 gelap menyatu memunculkan 
aura yang membuat merinding hehehe .. 
 tetapi udara bersih dan segar
 serta senyapnya lingkungan , 
membuat semangat ditengah deraan
 virus yang tak kunjung lenyap!
  jalan menanjak menuju jalan raya
 arah kampus UMM melewati
 persawahan dan bangunan bangunan 
untuk kos kos an pagi itu masih
lumayan sepi , mahasiswa belum
 tatap muka .sekitar 2 km dari situ , 
barulah saya menemu gerbang masuk 
kampus UMM dari arah belakang . 
 ada 5 kampus yang dekat dengan rumah
 dan UMM termasuk yang terbesar 
dengan fasilitas yang terlengkap . 
disitu juga ada lapangan untuk para 
pe jogging , pesenam , dll yang pagi itu
 juga masih lengang .
 mengitari kampus yang luas ini sama 
dengan mengitari sebuah jogging track
 sepanjang sekitar 1,5 km . 
ada  sungai lebar disitu , juga ada
 semacam danau buatan .
 sebuah helipad juga tersedia . 
 hutan mini untuk jurusan kehutanan juga memungkinkan untuk dieksplore .
 setelah mengitari area kampus hingga
 jam menunjuk pada 06.30 , 
saya putuskan untuk kearah pulang .
melewati sebuah komplek apartemen yang 
 terbilang masih gres , Begawan , 
saya berbelok dan menjadikannya 
sebagai jogging track karena luasnya area
 dan sepinya suasana . 
 Malang memang beberapa tahun terakhir
 ini dikepung oleh apartemen2 baru 
karena nampaknya tuntutan kepemilikan apartemen meningkat seiring 
Malang adalah Kota Pendidikan 
dan banyak para orangtua siswa yang 
memilih apartemen buat putra putrinya
 dibanding meng kos kan mereka
 di kos2an eksklusif yang mahal . 
juga para eksekutive milenial umumnya
 memilih apartemen sebagai
 langkah awal berumah tangga sebelum 
nantinya memiliki rumah pribadi .
 puas mengelilingi area apartemen , 
saya akhirnya menuju arah rumah .
 beristirahat sejenak , minum teh hangat , menurunkan keringat dan mandi ! 
sungguh rutinitas seperti ini menuntut kedisiplinan pada diri sendiri yang 
tidak selalu mudah karena yang menjadi
 " boss yang memerintahkan kita untuk
 rutin ber jogging " adalah 
diri kita sendiri 
sehingga sedikit saja kita melakukan
" tawar menawar " dengan diri sendiri , 
maka buyarlah segenap disiplin tadi !
 sungguh tidak mudah memerintah
pada diri sendiri dibanding pada orang lain ! maka , senyampang masih ada
 kesempatan dan kekuatan meski bagi
 sebagian orang sudah mulai terbatas 
( usia , kesehatan , pandemi dll ) 
saran saya :
" bergeraklah semampunya " agar
 fisik tetap bugar dan fikiran serta jiwa
 ikut segar pula ! 
 ikut saya jogging tiap pagi juga boleh
 asal tidak mengeluh karena saya
 sering berhenti untuk jeprat jepret 
apa saja yang menarik disepanjang
 jalan yang tiap hari saya 
ganti ganti routenya supaya tidak jenuh !
 siap ? yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 12 .06 . 21 )
keterangan foto : 
01 . jembatan jadul saat subuh
02 . saya masih sempet kejepret
 deket jembatan untuk
memulai track saya
03 . sawah penduduk dekat jembatan
04 . jalan menanjak kearah jalan raya
05 . masuk kampus UMM ,
 lapangan olahraga 
dipadati pecahan genteng merah 
06 . mau mencoba jalan diatas
 pecahan gentengnya ? 
07 . danau buatan dalam kampus
08 . sejenak kejepret lagi 
deket danau buatan
09 . kantin kampus yang senyap
10 . sungai dalam kampus
11 . jembatan modern dalam kampus
12 . coretan iseng mahasiswa
13 . hutan kampus
14 . jembatan tua eks milik warga 
kampung yang tergusur kampus 
15 . depan apartemen Begawan
16 . teras belakang apartemen 
yang masih hijau
17 . salah satu cafe di apartemen
18 . baliho berisi 
Janji Manajemen Apartemen
 pada warga sekitarnya yang
 harus dipenuhi
18 . karya pematung diarah saya pulang 
19 . salah satu jepretan
 saat remang subuh 
20 . sawah sepanjang jogging track
 

Tidak ada komentar: