Sabtu, 30 September 2017





.. " J.CO Yang Berisik " ..
salah satu tujuan orang ke cafe adalah ingin bersantai 
dan berganti suasana dimana biasanya cafe cafe umumnya menawarkan 
 atmosfer yang nyaman dan tenang supaya pengunjungnya 
betah berlama lama dan pesanan mengalir terus ... ! 
tapi siang itu saya betul betul kecewa ketika saya  sempatkan mampir
 di J.CO yang menempati lahan didepan Superindo Tlogo Mas Malang 
 ( di Malang baru ada dua J.CO , 
satu di Malang City Point dan Superindo Tlogo Mas ini  ) 
siapa tidak kenal J.CO yang " spesialist " donut , yogurt beku dan kopi ini ? 
 2006 grup Johny Andrean memulai J.CO yang saat ini sudah tersebar di beberapa negara di Asia . di Indonesia sudah ada puluhan J.CO yang
 umumnya ada di mall2 kota kota besar ditanah air.
oya , btw mengapa saya harus kecewa ?
 sejak saya duduk hingga meninggalkan cafe ini sekitar
 setengah jam  setelahnya , saya sama sekali tidak mendapatkan
 ketenangan suasana sebagaimana yang saya harapkan dan 
peroleh di cafe cafe lain . 

untung bahwa saya hanya memesan kopi dan pisang bakar
sehingga saya punya alasan untuk tidak berlama lama .
entah tersebab apa bahwa siang itu segenap staf J.CO terlihat
" pating sliwer " , saling bicara dan becanda keras keras sehingga
 suasana lebih mirip di " pasar krempyeng " ....
dalam daftar menunya  ternyata tidak hanya donut , yogurt dan kopi saja
 tetapi juga menyediakan makanan2 berat mulai yang
 lokal hingga internasional.
 tetapi suasana yang berisik telah melenyapkan selera
 untuk memesan yang lain . 
pisang bakar dan kopi  segera saya rampungkan dan tulisan ini 
saya akhiri dengan satu harapan :
 "  bukan perlakuan istimewa yang diharapkan pengunjung dari
 anda anda para staf melainkan  sederhana saja yaitu
 berikan kesempatan  pengunjung untuk menikmati mamin pesanannya
dalam suasana yang tenang dan menyenangkan 
sebab anda anda adalah 
pemegang kunci keberhasilan sekaligus kegagalan bisnis J.CO
ditempat anda apabila ternyata 
pengunjung " kapok " untuk kembali " !
atau manajemen J.CO masih perlu memberi training tambahan
 tentang Customer Service ? entahlah ...
( Titiek Hariati ) 
( writing & photos by : Titiek Hariati , Sep. 2017 )

01. standar
02 . atmosfer yang terusik ( 01 )
03 . pisang bakar
04 . atmosfer yang terusik ( 02 )
05 . ragam minuman
06 . standar
07 . ragam croissant , puff & pastry


















Tidak ada komentar: