Rabu, 02 Desember 2015






  
" Aku Menyengatkan Diri di Rimba Tawon "
  
adohhhh ... sakitttt ,
begitu mulut saya berteriak ketika alat khusus yang berisi lebah yang siap menyengat itu menusuk di
 pusat syaraf saya di area ( maaf ) dekat pantat .
 tapi siapa dapat menolong kalau lebah sudah ditengah jalan sengatnya ? 
maka , bagaimanapun sakitnya ya harus diteruskan dan saya cuma bisa meringis ngiss ngisss menahan pedihnya sengat !! konyolnya , teman teman yang tadinya " merekomendasikan " pada saya bahwa disengat itu cuma seperti disuntik saja ,
ternyata malah terbahak bahak melihat saya kesakitan , adohhh , semoga mereka " dikutuk " ! 
eee ... ternyata itu baru " siksaan awal " sebab ada lagi bagian yang lebih sakit yaitu ketika petugas lebah sudah akan mencabut alat dari badan saya , makkkkk ,
nyabutnya tidak langsung tetapi sengaja di pelan2kan alias agak di " pluntir2 " kan katanya
 supaya sengat itu betul betul merasuk !!! 


wes wes wesss ... ( diberi Rubicon pun saya tidak akan " menolak " untuk disengat lagi hehehe ..... ) . tetapi jangan langsung percaya kata kata saya sebab sebagian orang justru hanya 
senyum2 saja saat disengatkan dan sayapun merasa malu tadi sudah " bengok bengok " hehehe ... kesimpulannya , masing2 memiliki daya tahan sendiri2 terhadap sengatan lebah ,
 dan jangan khawatir karena kalaupun sampai alergi ada petugas yang
 siap mengantar ke UGD terdekat ! sudah selesaikan cerita ini ? ternyata belum . saya ditawari untuk disengatkan lagi setelah berselang 30 menit dari sengatan pertama .
 lho lho lho ... apa memang harus , saya memprotes . 
dijawab santai " ndak harus , tapi akan lebih baik sebab yang kedua ini nanti ada di tengkuk sebagai pusat syaraf terdekat ke otak untuk lebih meng intens kan sengatan yang pertama " adohhh ,
 saya konflik , apa sudah edhan petugas sengat ini pikir saya .
tapi dengan bujuk gombal dari teman teman semeja saya , saya akhirnya menyerah dan memasrahkan tengkuk saya disengat ! alamakkkk , sakit lagiiii ... dan sekali lagi temen temen semeja saya cekikikan , adohhhh , tolong semuanya dikutukkkkk .... !!
sungguh saya bersumpah untuk tidak mau disengatkan lagi  seumur hidup !
 (  tapi tergantung,  kalau iming2nya Rubicon saya mau hehehe ... ) .


  apalagi sebetulnya kedatangan saya kesana itu Tidak Untuk Menyengatkan Diri tetapi secara kebetulan si petugas penyengatan itu ketika bertemu saya yang pertama kali kok langsung berkomentar " waa , mbak ini jam tidurnya kurang ya ? atau memang sulit tidur ? "
 sayapun hanya mantuk mantuk , tapi ternyata ujung2nya saya ditawari untuk
 disengatkan lebah supaya " oxygen mata cukup " , itu alasannya .
dan sayapun koq ya mantuk mantuk lagi , maka jadilah saya " korban sengat " hehehe ..
tapi omong ngalor ngidul soal disengat , ini sebetulnya opo to ?
 itu tadi adalah salah satu kekayaan alternatif penyembuhan di tanah air kita lewat sengatan lebah yang diyakini dapat membantu berbagai macam permasalahan kesehatan seperti : 
gangguan fungsi syaraf , lever , jantung , gula dll . 



" inti daripada metode sengat ini adalah Melancarkan Peredaran Darah di berbagai tempat yang ditengarai tersumbat oleh bermacam faktor . kalau peredaran darah seseorang itu lancar
 atau normal , berbagai gangguan kesehatan akan dapat diminimalisir "
begitu kata manajer dari Rimba Tawon ini .
 terletak di daerah Lawang , sekitar 18km dari Malang , Jatim , 
" Wisata Belajar Petik Madu " ini merupakan tempat terlengkap untuk 
Mengenal Seluk Beluk Ternak Lebah , Manfaat Lebah dan madu bagi Manusia dan Alam , Produk Produk Madu dll yang berkaitan dengan dunia lebah . 
lha sengat menyengat diatas tadi adalah salah satu atraksi yang diberikan secara Gratis kepada siapa saja yang ingin mencoba penyembuhan lewat Kandungan Sengat Lebah .
 tentu saja tidak cukup sekali datang , tergantung pada tingkat keparahan keluhan pasien , maka ada yang cukup dua kali datang tapi ada juga yang sampai belasan kali 
karena penyembuhannya bertahap . 


disebuah hall yang luas dari Rimba Tawon ini  , seringkali terihat  rombongan2 anak sekolah , mahasiswa , karyawan , ibu2 pkk , instansi2 pemerintah / swasta dll untuk belajar tentang Lebah dan manfaatnya . maka jangan heran kalau kadang harus mengantre beberapa jam untuk disengat lebah , opo tumon ??
mencoba adrenalin dengan berfoto bersama ribuan lebah juga menjadi atraksi tersendiri sebab diperlukan nyali untuk ditempeli ribuan lebah di wajah , tubuh dll . sayapun ingin mencoba tapi nyali saya hanya sampai memegang sarangnya ditangan,
 inipun diwanti wanti supaya jangan menggerakkan badan terlalu aktif selama memegangnya .
( ini menjaga agar lebah lebah tidak kaget dan ngentup tupppp , waooooo ....  )
lalu disitu kita juga bisa melihat dari dekat area peternakannya sambil sebelumnya memesan menu di cafe yang ada disitu , sehingga setelah muter muter kita akan sudah bisa langsung makan minum
 ( kalau tidak, dari pengalaman saya , menunggunya lumayan lama sampai usus lengket hehehe ... ) . beberapa jenis mamin bahkan mengandung madu lebah ,


 jadi sekaligus menikmati lebah e .. madunya lewat mamin ! 
sebuah tempat wisata unik dan penuh pengetahuan tentang dunia per lebahan yang mungkin selama ini sangat sedikit kita ketahui kecuali entupannya yang sakit ( hehehe .. ) ,
 terutama untuk siswa2 yang ingin membuat penelitian tentang lebah .
 last but not least adalah para pengunjung yang kebetulan memiliki keluhan tertentu seperti 
reumatik , tak bisa tidur , cemas dll bolehlah mencoba menyengatkan dirinya ..
 saya jamin tidak sakit koq, paling paling ya sedikit bengok bengok seperti saya hehehe ...
oya untuk masuk kesini tidak ada pungutan apapun lho, jadi gratis tis ...
ayo bergegas kesana ..
( th ) 

( photos by : th , Wisata Petik Madu , Lawang , Nopember 2015 )
 01 . pengunjung sedang mendapat ceramah tentang dunia lebah
02 . gerbang masuk
03 . sisa madu
04 . sarang tawon
05 . lesehan
06 . mau coba berfoto dengan tawon ?
07 . sisa madu
08 . patung tawon
09 . lebah lokal yang konon lebih " sadis " sengatnya 
10 . gerbang lain menuju ternak madu..  













 

Tidak ada komentar: