Minggu, 06 Desember 2015









.. " Guru Gambar di Soto Gentong ? " ..

yang namanya manusia biasa ,
 memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi bahkan semenit kedepan . 
begitu juga dengan saya yang suatu siang mendadak " didapuk " jadi guru gambar bocah bocah kecil disebuah warung soto yang ada di desa Banjar Tengah , arah Batu .


nama warungnya " Soto Gentong " dan sudah beberapa tahun ini berdiri , tapi saya hanya melewatinya saja selama ini karena jujur saja dari luar tampak " standar standar saja " , padahal saya biasanya tertarik oleh yang sedikit unik meski sederhana . 


entah " suratan nasib " mungkin , siang itu saya pikir tak ada salahnya mampir ke situ sebab ingat bahwa dirumah belum ada nasi dll akibat kelewat pagi meninggalkan Malang subuh tadi .
 saya celingukan mencari pengelola warung yang tidak muncul2 , 
dan saat hampir saya tinggalkan untuk mencari warung yang lain tiba tiba
 seorang bapak2 muncul 
" monggo , badhe pinarak ngriki punapa wonten ngandap ? " 
( silahkan , mau duduk disini atau dibawah ? ) 
 saya tidak menjawab , wong saya belum pernah kesitu dan yang dimaksud " dibawah " itu dimana saya ya ndak tau , maka saya minta ijin untuk lihat2 dulu .
 saya lihat ada tangga menuju kebawah dan .. ooo ... ternyata warung yang satu ini memang 
" nggGentong " alias " menyimpan sesuatu didalamnya " ... ! 


surprise , bahwa ternyata disebelah bawah ada lahan yang sangat luas dan diatur sedemikian 
" adem ayem " .. ada kolam ikan yang lumayan besar dikelilingi " hutan kecil " untuk
 area sholat , lesehan , jalan jalan dll , sebuah miniatur alam hijau .. 
ya sudah , saya pilih duduk dibawah saja ! 
dan sesuai nama warung, saya pilih menu Soto Gentong meskipun disitu ada bermacam lainnya seperti Iga Bakar , Gurami Bakar , Udang Bakar dll .
disebelah saya duduk ada kelompok kecil anak2 SD sedang menggambar . 
dan sementara menunggu pesanan menu datang , saya mengobrol dengan bocah2 ini yang ternyata adalah cucu dari pemilik warung dengan temen temen sekolahnya .



lha lha  .. akhirnya saya malah " ketiban sampur " jadi guru gambar dan lomba menggambar dadakan hehehe .. dan siapakah yang tidak suka dengan dunia anak anak yang tanpa pamrih ini ? maka kamipun asyik corat coret dengan crayon diatas lembaran2 buku gambar ..
 " bu , masing2 kami dibuatkan ya ? " , " iya bu , nanti kami pasang dikamar masing2 " , " hari apa kesini lagi bu ? " dll dll , saya sampe lupa kalau itu di warung , 
rasanya seperti dalam sebuah kelas gambar hehehe .. 
pesanan soto saya datang dan memang soto daging itu ditaruh dalam sebuah gentong kecil alias Gendhok Tanah yang khas ! soal rasa dan harga memang relatif ,
 tetapi soal atmosfer bolehlah warung ini dicoba !

  saat pulang saya diantar wajah wajah culun sampai di halaman warung ,
 diam diam saya berdoa semoga bocah bocah ini  kelak akan menjadi duta duta bangsa yang membanggakan dibidangnya masing masing !
naa buat yang mulai bosan dengan cafe cafe ditengah kota ,
 boleh mencari warung yang satu ini !
 kalau dari arah Malang ke Batu bisa belok ke kiri arah Krematorium untuk selanjutnya lurussss saja sampai ke desa yang bernama Banjar Tengah .
 selamat menemukan gentongnya !
( th )




( photos by : th , Soto Gentong , Banjar Tengah , December 2015 )

01 . soto ( di ) gentong mini
02 . kolam ikan ditengah warung
03 . turun menuju hutan mini
04 . view dari atas
05 . menuju " rimba "
06 . disini ya boleh lesehan
07 . kaktus putih
08 . murid murid kelas gambar dadakan 
09 . serba hijau
10 . lesehan diatas , dekat jalan raya
11 . pilihan menu ( 01 )
12 . pilihan menu ( 02 )





















 

Tidak ada komentar: