Senin, 20 Oktober 2014








.. " Ruh Baru Pelantikan Jokowi " ..

mengikuti detil pelantikan Jokowi - JK melalui layar kaca, hari ini, 20 Oktober 2014, rasanya banyak kejutan yang tidak saya rasakan pada pelantikan2 RI-1 sebelumnya. kejutan itu saya buatkan daftarnya sebab kalau ditulis kalimat per kalimat mungkin akan membosankan.
ini catatan kecil saya :

01. membludaknya jumlah tamu dalam sidang paripurna .
02. hadirnya seluruh mantan mantan RI-1 ataupun Ibu Negara, juga tokoh tokoh politik penting dimasa lalu maupun masa kini .
03. hadirnya pemimpin2 ataupun utusan utusan resmi pemerintah negara negara sahabat yang jumlahnya cukup signifikan.
04. tata cara persidangan yang ditangan Ketum MPR yang baru bapak Z. Hasan terasa ' hidup ' dan mengalir dengan menarik.
05. hadirnya ' pesaing berat ' masa Pilpres, Prabowo yang disebut Jokowi dalam pidato resminya yang I dihadapan sidang, sebagai Teman Baik/ Sahabat nya dan 
Prabowo membalasnya dengan berdiri dan memberikan hormat ala militer.
06. ungkapan terima kasih Jokowi diakhir pidatonya kepada SBY yang disambut tepuk tangan hadirin serta wajah haru SBY.
07. cara sumpah yang tidak seperti dulu alias Tanpa Dibimbing dan Jokowi maupun JK membacakan sumpahnya secara langsung dan sendiri.
08. bertukar kursi sebelum dan sesudah pelantikan antara SBY dan Jokowi serta antara Budiono dan JK yang mengundang applaus.
09. pidato resmi I Jokowi setelah dilantik, sangat sarat dengan ajakan untuk 
bekerja , bekerja dan bekerja bagi kepentingan rakyat, 
serta mengembalikan kejayaan Indonesia dimasa lampau sebagai 
bangsa dan negara bahari atau maritim.
10. dalam pidato yang sama, Jokowi Back to Basic dengan mengangkat kepermukaan ajaran Soekarno sebagai RI-1 pertama .
11. masih dalam pidato yang sama penekanan pada kepentingan Wong Cilik sangat kental yang secara eksplisit Jokowi menyebutnya sebagai " tukang bakso, guru, nelayan, petani dst .... " sebagai cerminan keberpihakannya pada rakyat ( kecil khususnya )
12. seusai dilantik dan sesaat sebelum meninggalkan gedung, Jokowi ' kambuh ' pada gaya ' tanpa jaraknya ' dengan menyalami hampir semua yang hadir diikuti SBY dan Budiono dibelakangnya. sebuah pemandangan unik yang baru terjadi pada pelantikan RI-1 sekarang ini.
13. sukacita tidak saja ditunjukkan oleh masyarakat di Jakarta, juga Solo, Semarang dll yang diekspresikan lewat ' pesta rakyat ' hingga malam nanti dan artis artis atau musisi musisi pengisi hiburannya konon dibayar gratisan.


sementara baru itu yang ada dalam daftar saya tetapi bahwa pelantikan ini benar benar merupakan Ice-Breaker dari berbagai ketegangan politik sebelumnya, ini memang fenomenal. 
gaya Jokowi yang Tanpa Jarak dan Prasangka seolah melumerkan hati lawan lawan politiknya dan membuat mereka tidak punya pilihan lain selain Hand in Hand bersama Jokowi untuk
membangun negara dan bangsa ini !
sebuah gaya sederhana dengan dampak yang dahsyat !

dan satu lagi yakni Arak Arak an setelah pelantikan disepanjang jalan dari bundaran HI kearah Istana, juga membuat siapapun sadar bahwa Jokowi memang terlahir dari dan untuk rakyat !
melepas jasnya dan berjabatan tangan tanpa segan dengan masa yang mengelukannya disepanjang jalan diterik panas Jakarta tentu merupakan pemandangan fenomenal !
dan bila semua euphoria ini nanti lewat, 
marilah kita beri kesempatan kepada keduanya untuk memulai bekerja dan bekerja demi rakyatnya dan demi kejayaan Indonesia ditataran global !
pinisi telah memiliki nakodanya, dan kita semua adalah penumpangnya, marilah menjadi penumpang yang baik dan partisipatif agar bahtera ini berlayar menuju pantai impian kita semua :
pantai Indonesia Raya Jaya !! 
( th ) 

( foto foto saya jepret dari layar kaca , kecuali yang bergerak diambil dari google, 20.10.14 )















 

Tidak ada komentar: