Kamis, 17 Februari 2022

 
 
 
 
 
 
" Mall ( dll yang ) Bludas Bludus Di Malang "
 
kemarin saya ada keperluan khusus di dua mall
 yang bertetangga dekat , 
di daerah Jalan Veteran Malang . 
 gerobag cukup diparkir disalah satunya saja , 
yaitu di Transmart karena jarak ke Mall yang 
lainnya ( Matos ) hanya beberapa meter saja .
 pertama , saya masuk Transmart lewat 
gerbang belakang ( dari tempat parkir ) ke dalam mall ,
 dengan lebih dulu mempersiapkan pedulilindungi .
 lho .... tempat untuk men scan nya ada , 
tapi tak ada petugasnya . 
 

 
 
sehingga setelah selesai men scan ,
sayapun dengan bebas melenggang masuk dan
 mencari petugasnya yang hingga saya naik
 kelantai atasnya , tetap tak ada . 
setelah keperluan saya selesai , sayapun berniat ke 
Matos yang ada disebelahnya . saya keluar Transmart 
lewat gerbang depan dan barulah disitu saya
 melihat ada petugasnya . 
terdorong rasa penasaran mengapa petugas hanya
 ada digerbang depan , saya tanyakan pada
 petugas tersebut : 
 

 
 
( saat itu adalah Hari Rabo , 16.02.22 , sekitar jam 14.15 )
 : " maaf pak , saya tadi masuk dari gerbang belakang 
dari tempat parkir , kok ngga ada petugasnya ya pak ? " 
 dengan santai dijawab oleh petugasnya : 
" o .. ngga papa , silahkan masuk saja " ... lho ?? 
begitu longgarnya kah disaat Malang sedang 
diberlakukan PPKM level 3 ? bagaimana andai
 mereka yang positif dan mencari celah masuk mall ini
 dengan sengaja lewat gerbang belakang 
yang tanpa penjaga ?
untuk mencek bagaimana prokes di mall sebelahnya , 
sayapun menyiapkan pedulilindungi di
 gerbang depan Matos .
 
 
gerbang depannya ternyata disitu cukup ketat karena
 saya harus berada dalam antrian untuk men scan
 pedulilindungi . 
saya teringat bahwa beberapa waktu yang lalu saat
 saya masuk ke Matos dari arah parkirannya ,
 ternyata disitu tidak ada petugasnya .
 tetapi kemarin saya melihat sudah ada
 satu petugas disana . 
pengalaman didua Mall yang berdekatan ini sudah tentu
 membuat keprihatinan bahwa lolosnya mereka
 yang terpapar covid untuk jalan jalan ke toko
 atau supermarket atau mall mall Juga Sangat Ditentukan
 Oleh Ketat Tidaknya Prokes Ditempat Yang
 Dituju Pengunjung ! 
 
 
jangan hanya menyalahkan pengunjungnya jika
 ternyata penjagaan dan pengawasan mengendur 
bahkan tidak ada sama sekali sehingga pengunjung
 yang terpapar covid hepi hepi saja menikmati 
jalan jalannya ! 
apalagi konon Omicron ini tidak nampak bergejala
 alias seperti normal normal saja kecuali mungkin pada
 sebagian orang konon lebih mirip pilek atau batuk ringan
 atau sedikit nyeri nyeri sendi .
pengunjung yang masuk gerbang  sebelah depan umumnya
 adalah pengunjung yang turun dari
 taxi , dropoff atau transpotasi umum lainnya .
 sedang yang membawa kendaraan pribadi , roda dua atau 4 , masuk ke mall tentu memilih jalan yang terdekat 
yaitu dari gerbang yang ada didekat tempat parkirnya .
 
 
meskipun  jika " kebobolan " ini hanya mencapai angka 
 20-30% nya , bisalah dibayangkan penyebaran 
yang bisa terjadi karena pengunjung yang terpapar
cenderung menghindari gerbang yang ada petugasnya 
dan memilih masuk dari gerbang gerbang lainnya
 yang zero pengawasan dan tracingpun makin sulit !
satu lagi , di Matos saya lihat kemarin juga ada 
petunjuk jumlah pengunjung yang
IN dan OUT yang terprogram secara otomatis .
 ini bagus karena dapat memberi rasa aman pada
 pengunjung dan juga para pekerja 
didalam mall itu sendiri dan hal ini rasanya perlu  diikuti 
oleh tempat tempat belanja lainnya . 
saya berada tak lebih dari 40 menit dikedua mall tersebut
 karena yang saya perlukan hanya informasi
 tentang sesuatu hal , tetapi dari keduanya saya dapat
 melihat bahwa upaya meraih pengunjung 
lewat cara " bludas bludus " adalah sesuatu yang
 tidak boleh terjadi !
 
 
pandemi adalah menjadi tanggung jawab kita bersama
 untuk menekan lonjakannya dan kesadaran kedua belah pihak , pihak pengelola  dan pengunjung sangatlah diharapkan
 jika kita ingin pandemi melandai bahkan berakhir .
 pada akhirnya terserah pada pembaca ,
 lebih memilih ke mall Bludas Bludus atau 
Yang Mengawal Prokes , 
karena hanya pembaca sendiri yang bisa membentengi 
kesehatan anda !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , diposting pada 17 .02.22 ) 
keterangan foto : 
01 . pemeriksaan pedulilindungi di
 gerbang depan Matos pada siang hari ,
 Rabo , 16.02.22 yl 
02 . rooftop Matos pada siang 16.02.22
03 . lorong menuju rooftop Matos
*********
04 . onemanshow , Transmart , 16.02.22
05 . nyaris melompong ..
********
06 . rootop Matos , 16.02.22
07 . sisa dekor Imlek , rooftop Matos , 16.02.22
********
08 . gerbang depan Matos , 16.02.22
********
09 . nuansa Imlek , Matos 16.02.22
********
10 . iseng dilorong arah rooftop Matos
********
11 . ngintip ....

Tidak ada komentar: