Sabtu, 10 November 2018




 .. " HAB.BIT , Kungkum Sambil Ngopi " ..
' kungkum ' itu bahasa Jawa yang artinya kira kira
 adalah berendam . dan buat yang ingin ngopi sambil
 kungkum atau berendam , boleh datang di 
cafe HAB.BIT di Jalan Welirang , Pojok
 ( berdekatan dengan Jalan Merapi ) .
 tetapi jangan salah , yang bisa berendam hanyalah kaki saja ,
 itupun kalau tidak sedang hujan ! sensasi kungkum ini 
adalah salah satu daya tarik cafe yang baru berusia sekitar 5/ lima
 bulanan ini disamping bangunan mungilnya yang
 mencolok mirip gereja mini . 
 mencolok karena seperti " tidak nyambung " dengan 
bangunan didepannya yang masih berdiri kokoh 
sebagai rumah " bekas Belanda " yang di area ini masih 
banyak ditemukan . entah apa yang diinginkan pemilik
 atau pengelolanya dengan ide " tidak nyambung " nya ini
 sebab gaya kekinian itu seolah terputus ketika
 masuk kerumah induk yang masih berbau gaya kolonial . 
 beberapa furniture memang dibiarkan seperti aslinya
 dan sebuah perapian juga nampak " masih baru "
 sebagai penunjang atmosfer western nya
 ( saya tidak yakin apakah kota Malang dijaman Belanda dulu  
cukup dingin untuk dibuatkan perapian ? ) . 
ya sudahlah , apapun yang dimaksud oleh pengelolanya , 
saya segera ingin melihat menu2nya setelah diajak 
berkeliling oleh seorang pramusajinya yang ramah .
 " mbak , saya kan belum pernah kesini meskipun
 ini sudah 5 bulan ada . tunjukkan saja ya menu khas nya
 apa supaya saya tidak perlu mencari cari " .
 langsung saya dibukakan halaman yang ada foto
 dari Chicken Parmigiana dan untuk minumannya
 adalah Taro Lotte . saya manut manut saja , 
dan sementara menu dipersiapkan saya
 membuka buka daftar menu .
 seperti lazimnya cafe yang punya " standar internasional "
 kita akan temukan menu2
 pembuka , sup sup , makanan utama , makanan penutup dst .
 pilihannya juga lebar , ada jenis2 sea food , ayam ,
 daging serta salad2 yang beraneka ! 
 dan wow .. ternyata menu saya cukup besar porsinya yang saya 
yakin sangat cukup untuk dua orang hehehe .. 
bahkan diakhir makan , saya sempat ditanya oleh
 pramusajinya " maaf , mengapa masih disisakan ? "
 ( mungkin mengira menunya kurang pas dilidah saya ) . 
saya jawab " ini besar sekali porsinya .
 lain kali saya akan membawa teman untuk berbagi .. " , 
ia terlihat lega dengan jawaban saya !
  tetapi ditengah saya menikmati hidangan , 
saya " dipaksa " oleh dua orang pramusaji untuk berpindah meja
 karena meja saya yang berada didepan perapian 
dikunjungi oleh beberapa ekor lalat yang tidak 
mempan diusir dengan lilin .... ! 
saya bergeser keruang sebelah yang ternyata tidak 
banyak berbeda , dan seorang pramusaji meminta maaf 
dengan ketidak nyamanan ini dan menjelaskan bahwa
" musim hujan ini memang membawa pengaruh
 pada munculnya lalat "
selebihnya , diluar lalat lalat ini
atmosfer disini lumayan nyaman untuk kumpul2 dengan kerabat 
atau teman seperti yang siang itu saya saksikan ada dua grup 
yang sedang ramai hahahihi .. 
  rumah dengan gaya kolonial ini kebetulan terletak dipojok , 
sehingga mudah ditemukan dan bangunan tambahan 
" gereja mini " bercat putih disebelah belakangnya 
sangat kontras dan mencolok dengan papan nama
 " HAB.BIT " disebelah atasnya ! 
tentang Rasa , Harga dan Atmosfer ,
 saya tidak berkeberatan memberi 6,5 -7 dari skala 0 - 10 .
 sebuah alternatif tempat cangkruk yang baru telah
 menambah panjang pilihan para penggemar wisata kuliner
 di Malang Raya dan sekitarnya ! 
 tentu kita berharap HAB.BIT tidak hanya 
" hangat2 tahi kucing " seperti yang terjadi diarea sekitarnya
yaitu misal yang ada di 
Jalan Muria , Jalan Merbabu , Jalan Guntur ,
Jalan Anjasmoro dll . buka mulai jam 12 siang 
hingga jam 22 , weekend sampai jam 23 ,
 naa .. selamat kungkum ! 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Nov . 2018 ) 
 01 . berendam kaki sambil ngopi ?
02 . " gereja mini " ... ?
03 . gaya kolonial yang cantik
04 . perapian di Malang ?
05 . daftar starter
06 . ikonik : ayam Parmigiana
07 . porsi gede Parmigiana
08 . buah2an atau jus nya ?
09 . halaman belakang ( 01 )
10 . atau duduk di teras luar ? ( 01 )
11 . teras luar ( 02 )
12 . halaman belakang yang luas
13 . taro latte , ciri khas
14 . atau .. menu menu ala Yunani ?











 

Tidak ada komentar: