Jumat, 02 November 2018







.. " Budhe , Aku Sudah Putus .. " ..
punya keponakan2 sak ketapruk memang menyenangkan
 juga sebab mereka yang remaja2 ini umumnya 
" dipusingkan " dengan permasalahan khasnya yaitu 
teman , sahabat , atau pacar sehingga kalau curhat
bisa membuat saya terpental kemasa masa remaja saya sendiri
 yang menurut saya jauh berbeda . 
dimana bedanya ?
 jaman saya adalah jaman non-teknologi .
 melihat pagar rumah nya dari jauh saja sudah
 deg deg an hehehe ..
 jaman now , pagar bukan lagi hal menarik kalau
 belum " kruwas kruwes " yang membuat banyak remaja 
kalut karena datang bulannya  tiba tiba mandeg , nah .. !
 maka ketika salah satu keponakan cewek curhat masalah
 putusnya hubungan dengan cowoknya , 
anehnya saya kok malah senang . lho ?
 bagaimana tidak senang kalau tipe cowoknya itu pernah saya
 nilai sebagai " nggak jelas maunya apa alias ruwet " !
 begini ceritanya dan keluhan2nya :
01 ) budhe , ( ini panggilan keponakan pada saya ) ,
 dia itu sepertinya suka tapi kok ngga pernah diomongin
 dengan jelas , istilahnya " nembak " .
02 ) ditelpon susah , kalaupun nyambung nggak lama , 
ada saja alasannya untuk segera mengakhiri pembicaraan .
03 ) lewat WA dll juga jarang2 bales ,
 kalau bales juga datar .
04 ) kalau pas ke Malang ( dulunya study di LN ) e ..
 malah maen ke temen lah , 
pokoknya nggak nunjukin prioritasnya adalah aku .
dan sebagai budhenya ,
maka buat saya , ke 4 curhatan itu sudah lebih dari cukup
untuk mengambil sikap daripada " ngenes " sendiri hehehe ..
 dan berita bagusnya adalah bahwa ada cowok lain ,
 temen kampus , yang ternyata sangat perhatian
 dan " siaga " sebagai teman istimewa , penuh perhatian 
dan tinggal ngasi jawaban " ya " kalau keponakan saya mau
 sebagai temen istimewanya . 
tetapi cowok ini memang tidak masuk dalam daftar 
keponakan saya sebagai cowok yang dia favoritkan
bahkan cadanganpun tidak.
 lho apa lagi yang dicari sebab yang cowok ini konon 
dari banyak sisi lebih baik dan 
yang terpenting dia juga tahu bagaimana sebaiknya
 seorang pria bersikap pada wanita yang ia sukai atau cintai . 
( soal diterima / ditolak itu masalah lain , 
tetapi ia dengan " gagah berani " maju dan 
menyatakan rasa sukanya )
maka satu2nya nasehat saya cuma sederhana , begini : 
" dalam surah Al Baqarah 216 ( aduh maaf pembaca ,
 saya bukan sok2an , tapi supaya keponakan ini yakin
 bahwa ada dasar dasarnya dalam kita ini menentukan sikap , 
bukan karangan saya sendiri hehehe .. ) 
disebutkan antara lain bahwa 
" .. boleh jadi kamu membenci sesuatu, 
padahal ia amat baik bagimu 
dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu
 padahal ia amat buruk bagimu , 
Allah Mengetahui 
sedang kamu tidak mengetahui "
 ( ini inti surah itu lo ya , bukan secara lengkapnya )  .
 ajaibnya , dengan petikan surah ini ,
 keponakan saya manggut2 dan membenarkan .. 
 yo wes cah ayu , kowe mumpung isih remaja ,
 sing ati2 yo ndhuk , sebab pergaulan kuwi koyo
 kowe mlebu alas , ono kewan jinak ono buas , 
kowe kudhu pinter2 milih dalan , ojo nganti kliru ...
 ulo ( maksud saya ular ) kuwi kang wisone mbebaya ake ,
 kelire soyo menarik lho, ojo nganti kowe keliru ..
 ( aduh , bahasa Jawa saya juga mulai belepotan ,
 intinya " ular itu makin bisanya membahayakan ,
 warnanya makin menarik , 
maka hati2lah )..
keponakan saya makin manthuk2 ..
 saya lega ..
( Malang , Nopember 2018 , TH , buat D ,
 gambar2 dari google ) 










 

Tidak ada komentar: