Minggu, 28 Januari 2018









 ( 10/ ten photos of Melbourne City Marina 
made by : Titiek Hariati , 
Melbourne 2016 )

..  " Melbourne , Melbourne " ..
Sepotong Senja Ajaib di Marina
( 27 of 30 )
seri ke 27 dari 30 seri tentang Melbourne ini saya tulis tersendiri 
dan terpisah karena alasan tertentu .
 dengan letaknya yang relatif dekat dari apartemen tempat saya
 menginap selama di Melbourne , 
maka saya beberapa kali menyempatkan diri ke 
Melbourne City Marina ( MCM ) untuk sekedar jalan jalan
 menikmati cantiknya panorama disitu ataupun ngopi . 
tetapi pada sebuah senja yang berbeda , 
saya merasa begitu sedih ketika berada di MCM karena
 esoknya saya sudah akan meninggalkan Melbourne .
 saya dan teman yang menjadi host saya di Melbourne sore itu
menghabiskan waktu dengan ngobrol , jalan , foto foto
 ataupun sekedar duduk diam berlama lama 
memandangi matahari yang sebentar lagi akan tenggelam .
 sebenarnya tidak ada masalah bagi saya untuk menghabiskan 
masa visa saya yang 3 bulan , 
tetapi ada hal lain yang tidak bisa terlalu lama saya
 tinggalkan di Malang karena saya sudah " membolos "
 selama beberapa minggu .
 pun tidak akan ada SP dari ustadz saya kalaupun saya
 membolos lebih lama , tetapi " SP " itu justru datang 
dari diri saya sendiri untuk segera mengejar apa yang saya
 sudah tinggalkan . 
" look .... , sunset ... !" , saya dikagetkan oleh seruan teman 
yang sedari tadi " tenguk tenguk " bersama saya disebuah
 bangku panjang disitu menunggu saat saat sunset . 
saya melihat permukaan air dan gedung gedung disekelilingnya
 menjelang sunset ini tidak ada perobahan warna 
atau cahaya yang berarti , kalaupun ada sangat sedikit  , 
meskipun MCM tidak kehilangan pesonanya yang cantik .
maka sayapun tidak men sia2kannya dan menjeprat jepretnya 
 karena ini merupakan sunset terakhir
 yang saya saksikan untuk 2016 di Marina . 
sekian banyak jepretan saya buat agar momen ini terekam 
dengan baik . matahari akhirnya benar benar sudah turun 
dan tidak terlihat lagi .
 kamipun kembali duduk sambil merewind jepretan2 saya 
saat sunsetsekian menit yang lalu .
 tiba tiba kami sama sama terpekik :
" Allahu Akbar ... ! "
sederetan gambar gambar cantik yang penuh 
cahaya kemilau menghiasi monitor kamera saya !
 kami saling pandang dan tidak percaya apa yang terlihat ,
 sebab sungguh ketika jeprat jepret tadi semuanya tampak
 " biasa biasa saja " alias seperti halnya sebelum sunset !
 Subhanallah ... !!
saya tidak bisa menahan airmata , bahwa saya mendapat 
" hadiah indah " dalam kamera saya disaat saat akan kembali pulang
  para pakar fotografi tentu bisa menjelaskannya dengan 
sangat mudah dan baginya ini mungkin hal biasa .
 tetapi andai mereka bersama saya pada senja yang sama dan
 menyaksikan yang ada , semoga mereka mengubah 
opininya dan mengakui bahwa
 Fotografer Tercanggih hanyalah Allah dan 
sungguh IA Maha Berkehendak atas segala sesuatu..!
kami masih terpana menyaksikan sekeliling kami yang 
mulai menggelap dan ke abu2an , tetapi :
" kapankah cahaya cahaya indah tadi muncul , 
padahal kami duduk didepannya dan sama sekali tidak
 melihat buratannya meski hanya sesaat ? " 
hingga saat makan malam di apartemen , 
kami masih membicarakannya tanpa bosan ,
 dan ini sungguh menjadi senja paling berkesan sepanjang 
minggu minggu di Melbourne . 
lampu2 dari jalan raya dan gedung gedung tinggi di Marina
 mulai menaburkan cahaya , tetapi tidak se " spektakuler " cahaya
 yang saya saksikan di monitor kamera saya tadi .
 kalaupun foto foto diatas tidak sepenuhnya mewakili seperti
 yang terlihat di kamera saya , sungguh saya tidak 
punya penjelasannya .. 
maka apapun itu , saya telah tinggalkan MCM dengan 
kecamuk campur aduk dan mungkin satu saat saya
 berkesempatan melihatnya lagi ?
 who knows ... 
note : .. " Melbourne , Melbourne " ..
 seri ke 28 sd 30 
ada dibawah tulisan ini .






















Tidak ada komentar: