Senin, 15 Januari 2018




( Photos by : Titiek Hariati , 2016 )
 01 . Great Ocean ( 01 )
02 . Great Ocean ( 02 )
03 . Great Ocean ( 03 )
04 . melihat karang dan ombak dari ketinggian
 ( teman seperjalanan di bus )
05 . goa di Great Ocean ( 01 )
06 . goa di Great Ocean ( 02 )
07 . jembatan di Great Ocean 
08 . Great Ocean Rocks

.. " Melbourne , Melbourne " .. 
 ( 13 of 30 )
Great Ocean 
bicara tentang alam Australia , 
kita seolah dibawa kepada gabungan dari beberapa benua 
sekaligus , yang semuanya terhimpun jadi satu 
di benua Kanguru ini .
 ada keping Afrika disini , keping Eropa , keping Asia dll
 sehingga kalau bicara bagian selatannya , 
tentu akan berbeda jauh dengan bagian utaranya ,
 bahkan pada saat yang sama orang dapat menikmati dua musim
 yang berbeda dibenua yang sama saking luasnya ! 
melihat laporan cuaca di TV nya , saya sering senyum senyum
sendiri sebab kalau disatu tempat menunjuk temperatur rendah ,
 dibelahan lainnya temperaturnya sangat tinggi ,
 atau disatu tempat hujan badai ditempat lain diberitakan
 mataharinya panas menyengat
seolah mereka terletak dibenua yang terpisah , 
itulah keunikan Aussie !
kebetulan saya datang pada musim hujan angin dan dingin
 meski tidak bersalju . maka ketika saya mengikuti sebuah tour
 yang diatur oleh sebuah biro perjalanan , 
saya harus " menerima saja cuaca yang ada " alias tidak 
seperti membawa kendaraaan sendiri . dalam dua kali tour itu 
saya berkesempatan singgah di 6 tujuan wisata yang berbeda . 
kearah selatan Melbourne dengan bus turis yang berisi sekitar
 40 orang dimana  pagi pagi kami sudah harus 
datang dititik kumpul . kebetulan saat itu ada acara 
" Melbourne Run " yang menutup sebagian area dekat apartemen
 kami , sehingga harus berjalan kaki lumayan jauh
 untuk mendapatkan taxi .
Great Ocean adalah salah satu tujuan pada tour yang I ,
 yang sudah saya tunggu tunggu sebab sudah terlalu sering saya
 melihat iklan dan gambar2nya di TV dll dan saya 
sudah tidak sabar untuk melihat aslinya .
 sepanjang perjalanan cuaca memang tidak terlalu 
bersahabat , tetapi kami semua menikmatinya sebab
 pemandangan yang ada memang cantik .
 melewati daerah pertanian dan peternakan dimana Aussie
 terkenal dengan ternak dombanya dan 
kebun anggurnya ,
 saya sangat terkesan dengan luas masing masing peternakan
 ataupun pertaniannya dengan ratusan domba 
yang asyik merumput .
 akhirnya kami tiba di Great Ocean setelah sebelumnya
 sempat singgah di pantai lain dan makan siang
 disebuah country town . oya , untuk lunch ,
saya memilih ikan2an untuk " amannya " dan salad .
 bak gambar yang keluar menjadi kenyataan , 
sungguh pemandangan laut dan karangnya spektakuler ,
 sayapun tidak mensia2kannya dan entah sudah berapa
 ratus jepretan dibawah guyuran hujan saya lepaskan siang itu .
 memang matahari tertutup mendung , 
tetapi tidak mengurangi kedahsyatan panoramanya dengan
 deburan ombak tinggi yang pecah ketika menghantam
 karang tinggi disitu . lalu juga ada goa goa disekitarnya
 plus kisah legendaris tentang perjalanan pelaut pelaut
 Inggris yang terdampar disana sekian abad lampau .
 sulit rasanya membayangkan betapa panjang dan sulitnya 
perjalanan laut mereka hingga terdampar di 
selatan Australia ini dari Inggris ! 
dan kalau Great Ocean ini dijadikan salah 
satu primadonadari tujuan wisata Aussie , 
rasanya memang tidak berlebihan dan perjalanan yang cukup
 jauh dari Melbourne ini rasanya sangat sepadan !



( Photos by : Titiek Hariati , 2016 )
01 . memasuki wine factory , Chandon
02 . jeprat jepret 
03 . kebun anggur yang sangat luas
04 . 4 pergantian musim yang membuat perbedaan rasa dari wine
04 . atmosfer sekitar area kebun dan pabrik anggur
05 . dalam pabrik , melihat proses pembuatannya
06 . guide sedang memberi informasi
07 . tempat mencicipi wine bagi yang diperbolehkan
08 . untuk yang mau bawa oleh oleh wine  
 .. " Melbourne , Melbourne " ..
Menjenguk Kebun Anggur CHANDON
( 14 of 30 )  
pada tour ke dua yang saya ikuti , 
terdapat beberapa tujuan wisata dalam satu paket .
salah satunya adalah Chandon ,
sebuah kawasan pertanian anggur yang sangat sejuk segar
 dan bersih udaranya dan kita diberi kesempatan melihat 
dari dekat pabrik wine nya .
udara sedikit mendung dan gerimis kecil .
 tapi rombongan kami tidak kehilangan mood untuk tetap ceria
 dan jeprat jepret . membayangkan tinggal didesa seperti di 
Chandon ini , pasti ayem karena suasananya yang tenang ,
 penuh kehijauan , sejuk malah dingin berangin saat itu , 
dan jauh dari polusi udara yang di kota2 besar
 sudah menghitamkan paru paru ! 
tidak banyak yang bisa saya tulis disini tentang rasa wine nya
 dan sejenisnya , karena memang beralkohol , 
sehingga saya lebih menikmati suasana dan pemandangan
 kebun anggurnya yang cantik disitu . 
( Photos by : Titiek Hariati , 2016 )
 01 . Mt. Dandenong yang tertutup kabut tebal
02 . Bird Feeding Area ( 01 ) , jinak jinak
03 . Bird Feeding Area ( 02 )  , makanan burung tidak dijual disitu
04 . Grup kecil saya saat itu mayoritas Korea
05 . Khas Agustus / September : dingin dan kabut .
06 . Saya mencoba duduk di Pohon Keberuntungan kata orang lokal .
07 . The Secret Garden .
08 . Sejenak depan " gubug " disitu

.. " Melbourne , Melbourne " ..
Ngglanthong di Puffing Billy
( 15 of 30 ) 
tujuan wisata lainnya dalam paket tour yang kedua ini adalah
 menjajal kereta uap jadul yang pertama .
 perjalanannya lumayan jauh tetapi menyenangkan 
karena melewati panorama khas yaitu hutan2 pinus atau cemara ,
 pertanian dan peternakan , rumah2 country yang cantik dll .
 Puffing Billy adalah nama kereta uapnya yang masih " mencuit cuit "
seperti pada jamannya dan saat ini menjadi salah satu
 atraksi wisata yang menarik .
 akhirnya kami tiba disebuah stasiun jadul yang masih terawat
 peralatannya . kami dipersilahkan naik gerbongnya yang
 terbuat 90% dari kayu . 
selama perjalanan dengan si jadul ini 
pengunjung dipersilahkan duduk dengan cara " ngglantong "
di cendela2 dari gerbong2 lainnya sehingga terjadi 
pemandangan menarik
 karena pengunjung dapat saling melihat orang lain yang
 juga duduk ngglanthong disepanjang perjalanan .
 model " pengglantongan " ini agaknya disengaja untuk menarik
 minat turis terutama yang masa kecilnya kurang " mbethik "
 sehingga jangan heran kalau manula manula juga
 ngglantong2 keriangan hahaha ... 
perjalanan kereta uap pertama ini lumayan jauh melewati hutan
 cemara dan pinus serta yang lainnya dan rumah rumah 
country yang unik dan menarik . 
tiba di stasiun berikutnya , 
kami antri disebuah kedai kopi untuk menghangatkan badan .
 satu gelas kopi ukuran gede itu 4Aus , saya memilih itu
 karena saya pikir akan saya minum bertahap dalam 
perjalanan di bus nanti . 
 ternyata ketika akan saya bawa
 masuk kedalam bus , driver bertanya 
apakah saya masih akan menghabiskan kopi saya lebih dulu ,
 sebab dalam bus dilarang membawa minuman dalam gelas . 
wow .. terpaksa saya " kebut " meminumnya diluar bus sampe
 perut saya " klempoken " hehehe ..
 oya para petugas di stasiunnya yang juga masih dalam kostum
 aslinya yang jadul dan rata2 sudah sepuh2 atau mungkin
 pensiunan di jawatan KA Aussie ?
saya tinggalkan Puffing Billy yang manis dengan beragam
 kesan yang berkecamuk bahwa Sejarah Perlu Dilestarikan 
dan Dikemas Cantik Untuk  Memotivasi Generasi 
Berikutnya Agar Mereka Bisa Mengembangkan 
Apa Yang Sudah Dimulai Oleh Pendahulunya
 Dengan Cara Yang Lebih Hebat !
 ( Photos by : Titiek Hariati , 2016 )

01 . beginilah cara duduk , ngglanthong di cendela2 trem uap
02 . yang tidak berani ngglanthong ya bisa duduk biasa
03 . sepanjang jalan selfie ( 01 )
04 . lebih cepat mobil daripada trem uap kita
05 . selfie ( 02 ) 
06 . country houses disepanjang jalan
07 . ember ember di stasiunnya , ala abad lampau
08 . turun dari trem , gerimis

note  :  ..  '' Melbourne , Melbourne " .. 
16 sd 30 akan muncul dibawah dari tulisan ini .










































Tidak ada komentar: