Kamis, 13 Agustus 2015






.. " Bromo , Rawon , Bakso , Museum ? " ..

ditakdir sebagai Arema dan lahir serta besar di Malang , 
maka sayapun harus rela setiap kali menjadi " tuan rumah " para mudikers ataupun " kunjungers " baik itu kerabat maupun temen untuk setiap kali menjadi guide dari berbagai hal yang khas Malang . 
berapa belas kali saya harus mondar mandir ke Bromo , rawon rawon , bakso bakso , museum museum , wisata2 adrenalin seperti arung jeram atau paralayang , 
wisata2 bahari dan wow .. seabreg lainnya !
 maka saking seringnya ketamuan dan harus mengulang ulang ketempat yang sama , biasanya saya didepan tempat tempat wisata tertentu seperti museum angkut dll itu saya lalu
mengajukan Ijin Resmi untuk tidak ikut masuk alias saya menunggu diluar saja atau " somewhere "
begini bunyi ijin saya 
" saya inginnnn sekali sebenarnya menemani kalian muter muter , tapi sepertinya kalian akan lebih asyik jalan sendirian dan tidak terganggu arahan saya disepanjang museum nanti ,
 jadi saya akan tunggu di kedai itu ya sambil nyiapin pesenan untuk lunch kita,
jadi pas kalian keluar museum, makan siangnya uda siap ? " .....
 naaa , " trik " ini ternyata lumayan berhasil selama ini hehehe .. 
( sebagai konsekwensinya , saya harus jalan kaki ke kedai yang sudah kita sepakati bersama yang kadang jaraknya lumayan jauh dan kendaraan saya biarkan diparkiran museum untuk mereka ) .
tapi satu saat saya juga pernah gagal mentrapkannya karena para " kunjungers " 
memaksa saya untuk ikut muter2 dengan alasan 
" nanti foto2 di museum kan ngga enak kalau ngga nampak ada tuan rumahnya " , weleh2 ..
 ( dalam kenyataannya saya malah yang lebih sering jadi tukang potrek mereka hihihi ... )
beberapa " kunjungers " yang sudah kedua kali ke Malang biasanya sudah mulai meninggalkan rute2 standar seperti 
Bromo , Rawon dll dan mereka mulai menanyakan Hal Hal Baru Apa yang ada di Malang ? 
maka sayapun mulai men desain " new route " seperti misalnya ke beberapa air terjun disekitar / diluar Malang , pantai2 selatan yang berdekatan ( ada sekitar 6 pantai ) , tempat2 kuliner yang baru baru baik di arah 
Kepanjen , Batu , Lawang , Karangploso dll .
 terus juga museum2 lama seperti museum Bentoel didaerah pasar besar , pusat2 batik Malangan  baik yang di kota maupun Malang Selatan, rumah rumah coklat di Malang , Blitar dll 
pokoknya yang " keluar pakem " !  


naa .. saat inipun ada keponakan dg 11 rekannya yang sedang berada di Malang sd 16 Agustus , meski tidak dirumah saya dan kami masih bertemu via sms saja ( mereka sedang otw dari juanda ) . 
seorang rekan saya pernah menawarkan saya untuk menjadi tour guide terutama bagi group orang asing . tentu ini bukan semata karena penguasaan beberapa bahasa asing , 
tetapi lebih karena melihat hobi berat saya yaitu " riwa riwi " ,
 begini katanya 
" mbak kan sudah tidak dibebani ngurusin anak , cucu juga tidak atau belum punya , naa kan lumayan mbak kalau jalan jalannya gratis  plus honornya lumayan lho ,
 mulai di Malang , Jawa sampai luar Jawa seperti Toraja , dll " .. 


saya tidak membantah kebenaran kata2nya , siapa yang tidak senang traveling gratis dengan honor lumayan plus banyak teman dan sekaligus bisa hunting foto ?
tiba tiba sebuah sms masuk disaat saya akan menutup tulisan ini , bunyinya 
" mbak , awal September aku dan suami ke Malang lho , anterin ya muter2nya soalnya kalau ada mbak jadi seru dan suami saya yang pendiem itu jadi banyak ketawanya hehehe ... " , 
derrrr ... !
kalau saya nantinya juga harus ber kali2 ke Toraja dll di tempat2 yang selalu sama , apa kira kira saya  termasuk tipe yang akan betah ? hehehe ... 
( th ) 

( photos by : th )
01 . museum angkut , poster al capone 
02 . sepatu lukis , hand made
03 . museum bentoel
04 . rumah sosis , batu
05 . mbak Ira , batik celaket
06 . air terjun













 

Tidak ada komentar: