Selasa, 01 Juni 2010

MALANG KEMBALI, Malang Tempo Doeloe 2010







2010 merupakan tahun penyelenggaraan yang ke 5 bagi event tahunan Malang Tempo Doeloe yang tahun ini mengambil tema Rekonstruksi Budaya Panji. Terlanjur diminati sebagai Pasar Rakyat dengan segala tetek bengeknya yang sangat khas dan jadul, maka membludaknya pengunjung selama 4 hari adalah bukti betapa MTD ini selalu dirindukan kehadirannya.

Maka pada 20 - 23 Mei 2010 yang lalu, disepanjang ruas jalan Ijen Boulevard Malang yang elit, tiba tiba disulap menjadi perwajahan jadul kota Malang di era sebelum merdeka. Sebut saja mamin misalnya, kita bisa menikmati arbanat, gulali, cecek cecek-an, es tebu, es gandhul tali merang, samiler dl

Sementara itu di wilayah mainan anak anak terlihat ada gangsing, golekan kayu, jaranan, dll.
Kendaraan kendaraan jadul bersliweran ikut mengentalkan suasana tempo doeloe, mulai sepeda onthel, moge dan mobil mobil antik dari para kolektor. Seolah terseret mesin waktu, pengunjung diajak sejenak berjadul ria dalam kenangan Malang sebelum kemerdekaan. Maka lengkap sudah ketika beberapa potret bersejarah ikut dihadirkan misal pembumi hangusan gedung Balai Kota Malang, Masjid Jami', peresmian monumen Tugu oleh Soekarno dll dalam bentuk baliho raksasa.

Ternyata tak hanya manula yang keranjingan ke area ini, remaja remaja pun memadatinya meskipun mereka lahir dijaman digital yang notabene tidak mengenal arbanat dll nya. " Dik, apa yang menarik disini kok anda mau nonton barang barang atau mencicipi mamin jadul dll ? " . Ternyata jawabannya cukup cerdas : " Justru saya penasaran seperti apa sih jaman jaman ortu saya dulu siapa tahu meng inspirasi saya dan teman teman untuk membuat film indie ber setting jadul .... " , betul betul mewakili wajah generasi muda yang kreatif !

Kebetulan saya juga menemukan stan eks alumni SMAN saya disitu, jadinya malah ngobrol ngalor ngidul dengan asyik meskipun kami berbeda generasi. Dan tentu saja kesenian TOPENG MALANGAN sebagai salah satu ikon kota Malang ditampilkan di event ini dalam berbagai kemasan, mulai seminar tentang budaya Panji sampai pementasan tari tari topengnya, souvenir topeng nya dll. Pokoknya komplit plit !

Saya jepretkan beberapa foto buat yang tidak sempat nonton, semoga cukup mewakili nuansa MTD nya.... !! ( th )

( Photos by : TH  )

Keterangan foto dari atas kebawah :

01. Dari klub sepeda onthel Mojokerto, pak Denny, dengan sepedanya yang antik dan ber sirene
plus kostum tempo doeloenya.
02. Stan boneka kayu yang mengingatkan pd mainan anak tempo doeloe.
03. Penjaga stan teboe yang manis.
04. Komidi kera yang dijaman dulu sangat populer.
05. Mobil antik dengan kostum pengemudinya yang khas.
06. Model dengan moge antik.
07. Penjual mainan jadul.
08. Para penari topeng.
09. Es Teboe yang suegerrrr..
10. Gadis cilik penjaga stan kroepoek yang imut.
11. Ibu penjual kue tenongan.
12. Kampoeng Oeang Lama.
13. Roti Moho terkenal sejak 1958.

Tidak ada komentar: