Rabu, 04 Januari 2023



 .. " Ada Apa Akhir dan Awal Tahun ? " ..
( catatan kecil 31.12.22 - 01.01.23 )
bukan karena saya ikutan milenial bertahun baruan ,
 tetapi setelah dua tahun " anteng " duduk manis 
dirumah pada malam pergantian tahun , maka pada 
Sabtu malam yang lalu saya sungguh berniat 
membuat tulisan tentang akhir tahun disebuah area 
yang cukup tinggi di Batu . 
hujan turun cukup deras , tidak menciutkan niat
 kearah Panderman Hill dan terus lurus persisnya 
dijalan  Oro Oro Ombo yang berada 
diatas & seberang hotel Amarta Hill . 
diatas dataran yang cukup tinggi inilah terlihat kota Batu disebelah bawah dengan lampu lampunya yang malam 
itu tampak cantik meski gerimis turun . 
jalanan yang biasanya sepi ini pada malam itu berubah 
menjadi deretan ratusan mobil dari berbagai daerah 
ditanah air bahkan luar pulau ! 
berjajar rapi disebelah kanan dan sederetan dengan
 warkop warkop dan warmi warmi dadakan yang 
memadati jalanan . 
tapi karena jam masih menunjuk pukul 20.00 saya teruskan 
untuk meluncur ke kota Batu dan berputar balik 
didepan Museum Angkot sereta kembali menyusuri jalan disepanjang Oro Oro Ombo . 
selintas Batu terlihat sudah mulai dipadati para 
penunggu pergantian tahun , dan gerimis seperti tidak menghalangi kendaraan2 yang mulai menempati pos pos
 tertentu di kota Batu . 
beruntung saya masih mendapat tempat ditepi 
jalan Oro Oro Ombo yang mulai sulit mencari parkiran . 
detik detik pergantian tahun mendekat dan lampu laser 
kearah langit tampak tidak henti henti 
ditembakkan dari arah BNS disebelah bawah . 
dan .. akhirnya ... : 
10 .. 09 .. 08 ..07 .. 06 .. 05 .. 04 .. 03 .. 02.. 01 .. 
yeeeeeee...... Selamat datang 2023 !! 
suara bunga api beruntun datang dari berbagai 
penjuru dibawah saya , kota Batu disebelah bawah 
seperti bermandi bunga api diberbagai titik .. !!
sayangnya gerimis cukup lebat melanda area saya 
sehingga foto foto tidak dapat menampilkan 
dengan jelas suasananya ! 
senyampang belum terjadi kemacetan , saya tinggalkan 
area Oro Oro Ombo kearah Malang dalam 
hujan yang makin melebat .. Saya sudah senang 
mendapatkan beberapa bidikan yang lumayan 
ditengah hujan , dan saya tiba dirumah dalam 
keadaan kering karena ternyata disekitar 
Areng Areng hujan berhenti dan 
jalanan kering hehehe .. 
.. " Mengawali 2023 Kearah Pacet " ..
pengalaman keluar Malang diawal tahun pada 
tahun tahun sebelumnya , ternyata tidak membuat 
kapok karena kali ini ingin menjawab rasa penasaran 
" bagaimana awal tahun 2023 setelah dua tahun 
tertahan dirumah karena pandemi ? " . 
berangkat sekitar jam 9 dari rumah kearah Cangar ! 
surprise bahwa jalanan biasa saja hingga mendekati
 Alun Alun kota Batu yang memang mulai merambat
 karena banyak yang ingin parkir di 
" Pasar Laron Batu " yang ruwet itu hehehe .. 

arah Cangar biasa saja meskipun sesekali padat 
merayap karena jalanannya yang memang naik turun 
dan kadang menukik tajam atau menanjak ekstrim 
sehingga beberapa gerobag terlihat 
mengalami masalah dengan kampasremnya yang 
baunya menyengat ! 
mencapai rest area " Tunggangan " saya berhenti 
sejenak untuk ngopi sambil melemaskan punggung 
tetapi saya tidak masuk kearea Tunggangan melainkan 
kesebuah warung baru yang ada didepannya
 yaitu Rest Area Welirang ! 

gerimis melebat dan saya menghangatkan perut 
dengan semangkuk bakso dan kopi susu 
ala desa setempat ! 
pemandangan dari lantai duanya sangat cantik , 
andai tidak hujan pasti saya sudah blusukan ke kebun
 kebun disitu . melanjut ke Cangar , 
niatan untuk berendam kaki di air panas batal karena
 hujan dan memulai perjalanan arah Pacet yang
 luar biasa bahaya potensinya disaat hujan . 
bukan saja medannya yang meliak liuk dengan 
turunan atau tanjakan tajam , juga padatnya lalin 
membuat perjalanan memeras adrenalin hehehe .. 

masih ditambah dengan peringatan disetiap 
kilometer akan potensi Longsor dan Pohon Tumbang
 seolah melengkapi derasnya adrenalin hehehe .. 
lama tidak ke daerah Pacet & Trawas ,
 ternyata saya kewalahan dengan banyaknya
 tempat tempat wisata yang baru dikelola . 
sebut saja adanya 3-4 wisata air terjun , 
kemudian 2-3 wisata air panas , juga tempat tempat 
petik strawberry maupun apel , wana wisata  
dan tempat tempat wisata untuk berselfie ria 
yang tak terhitung ! 

jangan tanya tentang banyaknya cafe , warung , kedai , 
rest area dan sejenisnya disepanjang jalan , 
sampai sampai saya tidak tahu siang nanti sebaiknya 
berhenti atau istirahat atau makan siang dimana .. 
oya juga saya melewati beberapa tempat wisata 
yang bersejarah , seperti Candi  Jawi dan juga 
Taman Candrawilwatikta yang legendaris itu !
 pemberhentian untuk sholat , ada di Masjid Al Ikhlas
 yang megah itu ( sesibuk apapun 
jangan lupakan sholat ya .. ) . 
sejenak menjajal berhenti di Taman Petungsewu ,
 yang ternyata dipenuhi dengan spot spot untuk berfoto ,
 mulai dari diatas jembatan tinggi , diatas perahu ,
 diatas rumah yang berlembah dibawahnya dll . 
maka disetiap taman yang sejenis , saya tidak berhenti lagi 
karena saya yakin disitu akan lebih banyak 
milenial yang menikmati berbagai spot foto 
( sebagai " mantan milenial " saya merasa cukup satu
taman saja untuk berpose hehehe .. ) . 
yang saya " sesalkan " adalah ketidak mampuan 
saya untuk membagi waktu di 4 air terjun
 yang saya lewati , 
karena sudah pasti akan sangat sulit berbelok 
kearah kanan disaat padat merayap seperti itu 
( semoga lain kali saya bisa kembali lagi ketempat yang
 sama dan dihari yang biasa hehehe .. ) . 

banyaknya rekayasa lalin oleh kepolisian , 
membuat perjalanan kearah Malang tidak bisa 
langsung melainkan memutar disana sini dan 
memakan waktu jauh lebih lama . 
berhenti makan siang batal di Taman Dayu mengingat 
padatnya lalin , dan rawon dinikmati disebuah resto di 
Raya Pacet dikiri jalan arah Pandaan .   


selanjutnya , tidak ada kesempatan makan malam 
dijalan karena hujan cukup deras dan diputuskan 
makan malam dirumah saja dengan sisa sate ayam
yang ada dikulkas hehehe .. 
Pacet - Pandaan - Pirwosari - Lawang - Singosari -
 Karanglo - belok kiri kearah jembatan baru 
disamping Apartemen Begawan , menghantar saya 
kembali kerumah menjalang maghrib ! 
gerobag dibiarkan kehujanan diluar garasi , 
saya mandi , sholat , makan malam hingga saat Isya' ,
 dan ... blug ! membiarkan tubuh saya menyentuh
 kasur sambil menonton Youtube dibagian 
kisah kisah misterius hehehe .. 


naa .. semoga foto foto saya dari 
31 Desember 2022 hingga 01 Januari 2023 dapat 
mewakili gambaran suasana akhir tahun disekitar
 saya yang saya yakin pasti kisah kisah lainnya 
dari pembaca  jauh lebih seru ..
Selamat Menapaki 2023 Dengan Semangat Baru !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 02.01.23 )
keterangan foto :
01 . lampu sorot dari BNS disebelah bawah
02 . kembang api dari kota Batu disebelah bawah
03 . misty ...
***
04 . hujan disepanjang Oro Oro Ombo tempat saya
 parkir diatas kota Batu
***
05 . kota Batu menjelang pergantian tahun
06 . dekat alun alun kota Batu
***
07 . mercon dari kota Batu disebelah bawah 
08 . masih mercon juga dari Batu disebelah bawah
***
09 . misty ..
***
10 . menanjak
11 . cangar , sayangnya hujan
12 . cangar , hanya lewat saja ..
***
13 . rest area Welirang
14 . penghangat badan , bakso & kopi susu
***
15 . kebun disekitar rest area
16 . kehijauan disekeliling rest area
17 . saya menikmati sejuknya udara rest area ..
***
18 . arah Pacet
19 . peringatan : Rem Blong .. !
***
20 . candi Jawi
21 . RM Sri Sultan
22 .candra wilwatikta
23 . masjid al iklhas
***
24 . wisata panorama petungsewu
25 . salah satu spot foto disitu
26 . gerbang masuknya
***
27 . spot foto lain : jembatan yang tinggi
28 . saya cukup dibawah jembatannya hehehe ..
***
29 . makan siang disebuah resto
30 . atmosfer resto
***
31 . joker mengelana mencari cuan
32 . joker diawal 2023
33 . arah pulang , perempatan karangploso
****





Tidak ada komentar: