Kamis, 08 Juli 2010

Pecinta Anak Itu Telah Pergi, AT MAHMUD




Abdullah Totong Mahmud, populer dengan AT Mahmud, tanggal 06 Juli 2010 yang lalu telah wafat diusianya yang ke 80. Sebuah usia yang patut disyukuri karena tidak setiap kita mendapat karunia usia sebanyak almarhum. Apa yang istimewa dari sosok yang satu ini? 

Bicara AT Mahmud, yang terbayang adalah keceriaan anak anak Indonesia menyanyikan lagu lagu ciptaannya yang berbilang ratusan. Sedikitnya ada 600 lagu anak anak telah lahir dari sumur inspirasi seorang AT Mahmud yang tak pernah kering. Beberapa yang terkenal misalnya :
" Ambilkan Bulanku " , " Pelangi " , dan banyak lagi.

Bagi ATM ( singkatan namanya ) , anak anak adalah sumber inspirasi dan kekuatan yang luar biasa. Anak merupakan sebuah dunia penuh kemurnian yang karenanya harus dijaga agar masa kanak kanak tidak terkontaminasi oleh dunia orang dewasa. 

Saat ini banyak anak anak yang lebih senang menyanyikan lagu lagu percintaan remaja dan dewasa ketimbang lagu anak, ini karena pencipta lagu lagu anak semacam ATM sangatlah minim dinegeri ini. Sampaipun pada kontes atau kompetisi menyanyi anak anak, ternyata lagu lagu yang mereka nyanyikan adalah sarat dengan lirik lirik orang dewasa mulai jatuh cinta hingga urusan patah hati, memprihatinkan.

Maka mendengar lagu lagu ciptaan ATM yang sarat dengan gambaran khas dunia anak, hati kita menjadi sedikit lega bahwa ternyata masih ada yang mau peduli pada kebutuhan akan lagu lagu anak anak yang sesuai . Tapi kini ATM sudah pergi, mewariskan sekitar 600 lagu yang akan mengalirkan royalti bagi keluarganya. 

Harapan kita semua bahwa keluarganya akan tetap meneruskan spirit almarhum dalam mencintai anak anak melalui pelestarian lagu lagu ciptaan almarhum yang begitu pas dengan dunia kanak kanak.

AT Mahmud, terima kasih atas lagu lagumu yang luar biasa buat anak anak Indonesia, semoga masih akan banyak penerusmu yang mengikuti jejak langkahmu ...
Tolong, " Ambilkan Aku Bulan " .......................... ( TH )

( Foto dari google )

Tidak ada komentar: