Minggu, 20 November 2022


 

 
.. " Palawija , Begitu Begitu Saja ? " ..
 ditempat yang sama , saya amati pernah terjadi 
beberapa kali pergantian nama . apakah masih 
dengan pemilik atau pengelola yang sama , 
saya tidak tahu .
 tetapi minggu yang lalu saat saya melewatinya 
kearah Batu , ternyata di situ , 
Jalan Ir.Soekarno 300 , Mojorejo , Junrejo , Batu 
itu terpampang nama " Palawija " . 
Palawija dalam bahasa Jawa punya arti kurang lebih
 " Tanam Tanaman Hasil Panen Kedua Disamping Padi " . 
 
 
tentu saya ingin melihatnya dari dekat dengan
 sekaligus mencicipi konsep anyarnya karena 
kehadirannya disaat pandemi sedikit menurun 
grafiknya ini sudah tentu memunculkan
 rasa ingin tahu . 
ternyata bangunan terdepan sedang dalam renovasi 
dan saya dipersilahkan kearah belakang dimana ada 
bangunan lain berlantai dua . 
sekian tahun lewat saya beberapa kali ketempat ini 
disaat warung ini masih menyajikan menu menu 
chinese food seperti 
bakmi goreng , pangsit , cwimie dll . 
" kami baru buka sekitar 3 bulan ini . jadi masih ada
 beberapa menu menu yang belum siap " ,
 jelas  seorang pramusajinya . 
dalam daftar menunya , dimulai dengan beberapa 
macam Apptizer , Sup , Minuman dan Main Course ,
 diakhiri dengan Dessert . 
dalam daftar Main Course nya ada Ayam Palawija , 
Ayam Bakar Kecap , Bebek Palawija , 
Gurame Asam Manis dll . untuk minumannya , 
ada bermacam kopi dan teh ataupun jenis jenis es
 dan wedhang wedhang tradisionil seperti 
beras kencur , kunyit asem dll .
 
saya akhirnya memilih menjajal Sayap Bakar Ayam 
 dan Cap Cai Ayam plus Susu Jahe dan Jeruk Panas
 dan tentu saja nasi putih . 
memilih duduk dilantai dua untuk mendapatkan 
jepretan yang lebih bagus , saya menunggu sekitar 
15 menit sebelum akhirnya pesanan saya datang . 
tetapi ups ... ! 
bayangan saya seketika buyar melihat tampilan 
pesanan saya . pertama , dipiring yang berdiameter 
sekitar  32cm ini terdapat dua sayap kurus kecil 
yang terpotong menjadi 4 bagian sehingga
 terlihat " kedodoran " ditelan besarnya piring . 
 
 itu masih ditambah dengan alotnya sayap tersebut 
sehingga saya tidak memaksakan diri untuk 
menikmatinya hingga nampak tulangnya daripada
 gigi saya bermasalah ! ( padahal sayap ayam di
 KFC atau McD bisa saya bersihkan hingga
 tinggal tulang belulangnya saking 
empuk dan gurihnya ! )
yang kedua , sajian Cap Cainya lebih mengenaskan . 
capcai goreng ini juga nampak kedodoran
 ditengah piring gede nya , ditambah lagi cara 
memotong sayurannya yang kecil kecil yang lebih
 mirip untuk sup . cap cai yang biasanya 
" nyemek nyemek " ini terasa kurang pas baik rasa 
maupun tampilannya yang kebetulan pula piringnya
 " nggedablah " seperti halnya sayap tadi 
sehingga lebih nampak " melas " hehehe ..
 
 andaipun bergaya seperti hotel bintang lima dengan 
sajian piring berukuran super duper , 
harus diimbangi dengan garnish yang memadai 
seperti misalnya salad keriting , tomat dll sehingga
 tetap terlihat ada keseimbangan antara 
mininya porsi dengan ukuran piringnya . 
jadi kalau menurut saya , untuk kedai ini sebaiknya
 pakai saja piring ukuran biasa kalau tidak ada 
yang ahli dalam menampilkan sajian . 
sebuah masukan diperlukan untuk perbaikan , 
bukan untuk mematikan motivasi karena saya telah
bicarakan ini dengan petugas yang di kasir 
dan pramusaji nya dan  sayangnya tidak bertemu 
langsung dengan chefnya . 
telah ratusan warung , kedai , resto , cafe dll di 
Malang Raya yang saya ubleg untuk blog ini , dan saya 
selalu berupaya untuk jujur dalam menulis 
sehingga kalau ada hal hal yang kurang nyaman 
bagi si pembaca , saya harap tidak salah memahaminya
 karena kemajuan hanya bisa dicapai lewat 
perbaikan perbaikan sehingga tidak stagnan 
atau jalan ditempat . 
Palawija sudah memiliki aset yang bagus ,
 selain lokasi yang strategis , juga staf dilini depan
 yang cekatan , plus keinginan untuk menyajikan
 konsep baru yang menarik !
naa .. Palawija menyimpan potensi itu ,
 maka mari menunggu Palawija dengan tampilan 
& rasa menumenunya yang lebih keren !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 21.11.22 )
 
keterangan foto :
01 . saya ditangga kelantai dua
02 . hutan bambu disebelah belakang
03 . palawija
***
04 . lantai bawah
02 . tangga naik
03 . area pemesanan
***
04 . buku menu
05 . daftar main couese
06 . daftar minuman
***
07 . susu aren
08 . dua macam menu yang " memelas " ..
***
09 . cap cai yang nelongso ..
***
10 . atmosfer lantai atas
***

Tidak ada komentar: