Sabtu, 28 September 2019






.. " Taj Mahal di Malang " ..
kota Malang makin dibanjiri makanan2
 internasional . sebut saja Korea, Thailand, Singapore ,
 Amerika, Vietnam, Itali, Turki, Jepang, 
Arab, China, Spanyol, dll .
 sekarang ada satu lagi yang terbilang pendatang
 baru yaitu India dengan 
Taj Mahal Indian Restaurant nya di 
Jalan Kawi Atas Malang ... ! 
saya tertarik menjajalnya karena lokasinya yang
 ber ubah ubah wajah dari waktu ke waktu sehingga
 hampir tiap kali lewat disitu selalu terjadi
 pergantian usaha baik itu kulinari maupun lainnya .
 kemarin dulu, saya sengaja meluangkan waktu
 kesana karena India merupakan salah satu
 kulinari favorit saya sejak 1980 . 
 mengapa ?
 saya pernah bertetangga dengan sebuah keluarga
 India di Vienna , dan tiap kali saya diundang
 makan malam dirumah mereka , selalu masakan2
 Syril ( nama teman saya dan suaminya Jebamalai ) 
memikat lidah saya . ada kare , ada nasi briyani , dll
 yang sulit saya lupakan kelezatannya . 
kebetulan suaminya bekerja di badan internasional
 ( PBB di Vienna ) sehingga berbelanja
 dikomplek PBB itu menguntungkan karena
 bebas pajak dan kadang saya bisa
 menitip ini itu hehehe .. 
 harapan saya saat  masuk di resto Taj Mahal ini
 adalah menemukan rasa yang serupa dengan
 masakan Syril sekian tahun yang lewat .
 teman saya memesan menu Pakistan yang berbahan
 dasar ayam , dan saya sendiri memesan yang paling
 khas yaitu masakan India berbahan dasar kambing .
 tetapi Syril memang tidak disana ,
 saya sedikit kecewa karena rasa yang saya rindukan
 tidak ada dan nasi briyaninya terkesan
 agak " kering " .. 
tiba tiba pemilik resto sudah berdiri didekat meja kami 
dan meminta masukan dari hidangan yang ada .
 terlihat bahwa pemilik resto ini memang
 seorang India sekitar usia 30an . 
maka beberapa masukan 
secara jujur harus saya berikan baik tentang 
rasa , sajian dll . ternyata kesan saya tentang 
" kering " tadi dikarenakan
 saus2 tertentu itu sengaja tidak dihidangkan
 karena khawatir pemesannya tidak suka .
 saya sarankan agar tetap diberikan secara terpisah , 
sehingga pemesannya bisa menentukan sendiri
 apakah akan di campurkan pada menunya atau tidak .
 masukan lain adalah bahwa minuman
 jeruk panas dan teh panas yang dipesan ternyata
 dihidangkan dalam CANGKIR ... olala ..! 
sudah tentu ini terasa sangat kurang sebab 
sebelum dan sesudah makan umumnya kita
 juga minum dan ukuran cangkir sangat tidak cukup 
untuk membasahkan tenggorokan ..
 untuk masukan yang terakhir ini si pemilik resto
meminta maaf bahwa mungkin telah terjadi
 kesalah pahaman dengan staf yang 
mempersiapkan minuman . 
 teman saya yang memesan ayam khas Pakistan
 memberi masukan supaya ayamnya diganti 
ayam kampung . jawaban pemilik sangat lucu
 " kalau ayam kampung kan umumnya kurus ,
 jadi seperti ayam sakit polio hehehe .. " , 
kami tertawa bersama .. 
sebenarnya , sekian tahun yl di Malang juga sudah 
pernah ada resto India di 
Jalan Aris Munandar tetapi tidak bertahan lama .
 saya tidak tahu apakah Taj Mahal ini masih berkerabat
 dengan mereka atau bukan , yang jelas keduanya
 mengusung menu menu India 
. kami tinggalkan resto Taj Mahal siang itu dengan 
satu harapan bahwa kulinari India akan mampu 
bertahan ditengah ketatnya persaingan bisnis sejenis
 di Malang Raya . 
bagaimanapun saya sangat
 menghargai keterbukaan pemilik resto tadi
 terhadap masukan maupun kritik2 sehingga 
saya optimis bahwa Taj Mahal akan bisa
 tetap eksis ditengah gempuran 
menu menu internasional lainnya di 
Malang Raya .. 
oya kami juga sempat mencicipi 
menu penutupnya yang terbuat dari susu segar yang
 diolah sedemikian rupa bercitarasa manis .
dan disaat saya sudah akan meninggalkan halaman parkir, 
si pemilik masih berlari kecil mengejar kendaraan saya dan
 memberikan voucher senilai 25 ribu untuk kunjungan berikutnya . 
semoga saja saya masih akan kembali lagi untuk 
menemukan " rasa masakan Syril " disitu atau
mungkin tidak, saya juga tidak tahu ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 26 . 09 . 19 ) 
keterangan foto :
01 . andalan Taj Mahal , nasi briyani ber kambing
02 . daftar menu
03 . menu penutup , olahan susu manis
04 . ayam ala Pakistan
05 . sebagian atmosfer resto 

Tidak ada komentar: