Jumat, 15 April 2016







.. " Cahaya Dibalik Kobaran Api " ..

catatan :
tulisan ini secara khusus saya peruntukkan buat  " adikku " IM di Surabaya , 
yang pada tanggal 10 April 2016 yang lalu melewati saat saat bahagia namun juga sekaligus duka di saat yang sama . tulisan ini hanya sekedar pengingat apa yang terjadi pada tanggal tersebut ,
sebagai sebuah peristiwa sekaligus pengalaman luar biasa yang menunjukkan kebesaran NYA bahwa
apapun dapat terjadi dengan kehendakNYA . 
 " adikku " ,
dari jarak 100km aku datang dengan sebuncah kegembiraan bahwa tanggal 10 April 2016 yang
 lalu engkau menghantar si bungsumu ke gerbang hidup barunya disamping
 orang yang dicintainya , bukankah itu indah ? 
gedung resepsi malam itu sudah terhias cantik dengan kilatan laser dan bunga bunga serta para 
tamu yang mengalir bak air . aku terharu bahwa " adik kecilku " ternyata sudah siap
 melepas elang elang nya mengudara dan meninggalkan sarangnya ! 
ditengah suka cita itu , aku meng kado mu dengan sebuah lagu dan dari arah panggung pelaminan engkau yang sedang mendampingi mempelai terlihat surprise dan mengacungkan jempol kearahku . 


lo ? ternyata aku " ketahuan " padahal semula aku pikir kalian tidak menyadarinya ..
tapi maaf sekali bahwa setelah itu aku harus berpamitan karena  jam sudah menunjuk angka 21.00 .
maka aku tinggalkan semua kelezatan suasana , makanan dll disekelilingmu sebab aku tidak ingin memaksa

 mataku bekerja ekstra keras dalam kegelapan jalan raya Surabaya - Malang terutama di tol ,
 maklum mata sudah mulai periode " expired " hehehe .. 
 aku putar radio SS untuk mencari teman musik diperjalanan dan sekaligus info info kemacetan dll .
 tiba tiba sang penyiar memberitahukan sesuatu yang mengejutkan
 " atas laporan tetangga yang berdekatan , telah terjadi kebakaran di rumah Jalan ....... no ...... daerah ........
 dan api kelihatannya berasal dari belakang yang saat ini sudah melalap hampir
semua lantai bawah dst dst .... " ....
 lho lho ... aku kaget , apa tidak salah dengar atau penyiarnya salah menyebut alamat ?? 
aku berusaha menghubungi radio SS berkali kali tapi gagal ..
 akhirnya aku putuskan menelpon salah satu kerabat yang tadi masih hepi hepi di gedung resepsi
 " hallo , aduhh maaf mengganggu , saya denger berita di radio SS tentang kebakaran di jalan .... dst ...
 apa sudah ada yang denger juga diresepsi ini atau tolong cek ke radio SS  ya ? " ...

jawabannya menambah kecemasan saya 
" iya mbak , bener 100% , alamat nggak salah , ini kami semua sedang meluncur kesana "
 aku lemas , aduhhhh , bagaimana mungkin dua peristiwa yang bertolak belakang terjadipada saat dan jam yang sama ?
 Allahu Akbar ... aku merinding .
 sementara itu aku telah dekat Gempol ,sulit untuk kembali sebab jalan putarnya lumayan jauh .
 maka aku putuskan terus pulang ke Malang denganrasa campur aduk .. dan jam 24 aku berusaha menghubungi
 kembali kerabat yang tadi saya telpon , 
tapi sia sia , tak ada jawaban dan sampai subuh aku sulit memejam mata ..
 aku tidak ingin menelpon langsung ke HP mu sebab sudah pasti kamu dalam situasi bingung , lelah dst ..
 akhirnya aku hanya bisa berharap bahwa esok pagi akan ada berita lebih jelas tentang semuanya 
rupanya  ALLAH mengabulkan , 
ada dua kerabat lain yang kerumah dan ikut menjadi saksi saat mendampingimu menyaksikan 
perjuangan Dinas Pemadam Kebakaran memadamkan api rumahmu .
 penuh antusias aku mendengarkan detil ceritanya , aku terharu bahwa menurutnya kamu 
terlihat begitu tabah meski aku tahu dalam hatimu saat itu  berkecamuk jutaan rasa yang tercampur aduk . 

 adikku , 
maka kemarin , tepatnya hari Rabo 13 April 2016 , aku sengaja ingin menemuimu di Surabaya meski
 tidak yakin harus kemana sebab sudah pasti kamu tidak berada dirumah yang terbakar .
 dan saat berangkat aku sempat berdoa 
" Ya Allah , pertemukanlah kami siang ini meski tidak tahu dimana sebab kedatanganku tidak perlu diketahuinya , aku bukan bertamu , tetapi hanya ingin menyampaikan belasungkawa dan 
dorongan semangat , tentu saja dengan perkenan MU " amin .. 
dengan hanya berkecepatan 60 - 80 saja , aku akhirnya sampai dipagar rumahmu dan bertemu seorang wanita seusiamu yang menjelaskan bahwa kamu ada diruang paling belakang ... 
Alhamdulillah , terima kasih ya Allah ,
 ternyata begitu mudah aku bertemu yang semula kupikir akan mencarimu di kampus atau lainnya yang
 tidak jelas . aku melewati beberapa pekerja yang sibuk membersihkan puing2 rumahmu
 dan beberapa pickup siaga mengangkutinya .. 
melewati pintu depan yang nyaris utuh bahkan gosongpun tidak , 
tiba tiba aku mendapatkan pemandangan yang kontras , hampir 95% bangunan yang ada telah hangus ,
 roboh ataupun hancur sebagian atau seluruhnya ..


kobaran api meninggalkan bekas yang " menyeramkan " bahwa tak ada satupun yang dapat 
 menyelamatkan diri daripadanya kecuali dengan kehendakNYA , ya Allah ..

 aku lihat kamu keluar dari sebuah kamar yang " nylempit " dibelakang dan kita berpelukan sambil aku berusaha
 memberimu semangat " Yang tabah ya , Allah menyayangimu dengan ujian ujian ini ... "
sekitar 30 menit kita mengobrol di teras depan yang masih utuh ,
 aku lihat engkau memang tampak begitu tegar dan pasrah ..
juga engkau yang aku kenal sebagai penyuka traveling dan pengkoleksi kristal dalam berbagai bentuk ,
 aku lihat lemari lemari penyimpan kristal mu itu melompong kosong .. 
ada satu chandelier kristal yang masih tergantung ditempatnya tetapi telah gosong ..
" mereka tidak terlalap api mbak tapi hancur ketika terkena tekanan air dari 
pipa pipa pemadam kebakaran " ooo ... 
adikku , 
ada beberapa Syurah dan ayat dalam kitab suci Al Quran yang memberikan penjelasan 
sekitar makna musibah yang seperti engkau sedang alami . 
aku tidak bermaksud mengguruimu karena aku belum berilmu disitu , 
tapi semoga kutipan kutipan dibawah ini dapat sedikit memberimu semangat betapa sebenarnya ALLAH bekerja untuk keselamatan mahluk mahlukNYA didunia dan akherat meski manusia terkadang
 melihatnya sebagai sebuah bencana , contoh : Tsunami .


aku mencoba mengutipnya beberapa :
 01 . Asy Syura ayat 30 :
" Dan apa saja musibah yang menimpa kamu , maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri dan Allah 
memaafkan sebagian besar ( dari kesalahan kesalahanmu ) " 
 02 . Al Hadid ayat 22 :
" Tiada suatu kemampuan yang menimpa di bumi dan ( tidak pula ) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis 
dalam kitab ( Laihul Mahfuzh ) sebelum Kami menciptakannya . 
Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah "
 03 . At Taghabun  ayat 11 :
" Tak ada satu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah dan
barangsiapa beriman kepada Allah niscaya DIA akan memberi petunjuk kepada hatinya dan 
Allah Maha Mengetahui segala sesuatu " 
 04 . Al Baqarah ayat 156 :
" yaitu orang orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan
 Inna Lillaahi wa innaa ilaihi raajiuun "
adikku ,
ALLAH mencintai mahlukNYA dengan bermacam cara yang kita sering tidak sepenuhnya memahami ,
 karena dibalik semua ujian ujianNYA sesungguhnya IA menghendaki kita sekalian menjadi
yang lebih Sabar , Taqwa , dan Ikhlas . 
sebagaimana sebuah sekolah , pada setiap periode kenaikan kelas kita harus melalui 
masa ulangan , tes atau ujian yang apabila kita kurang bersungguh sungguh bisa jadi kita 
tidak naik kelas dan harus mengulangnya setahun lagi . 
demikian mungkin gambaran " kenaikan kelas " bagi mahluk mahlukNYA yang teruji lewat
 Kenikmatan atau Anugerah danBencana atau Musibah yang keduanya hendaknya
 disikapi dengan tidak terlampau berlebihan . 
adikku ,
betapapun berat ujian kali ini , tetapi bahagialah bahwa salah satu putramu telahkau hantar ke gerbang hidup baru , 
semoga mereka berdua bahagia hingga kaki nini  dan engkau segera dikaruniai cucu cucu yang
 manis yang akan menemani hari harimu yang indah bersama suami .
amin ... 
( th ) 
 ( photos by : th , Surabaya , April 2016 )

01 .  atmosfer resepsi ( 01 )
02 . atmosfer resepsi ( 02 )
03 . laser cantik ( 01 )
04 . dessert spot ( 01 )
05 . atmosfer ( 03 )
06 . laser cantik ( 02 )
07 . dessert spot ( 02 )
08 . tembok menghitam
09 . bunga kain dan bingkai foto yang tersisa
10 . menghitam
11 . lorong dan tembok yang hangus 
12 . daun pintu menjadi arang
13 . black gate 
14 . lampu gantung kristal yang gosong
15 . tembok hangus tapi kursi utuh
16 . taman depan yang utuh
17 . mengangkut puing puing    









Tidak ada komentar: