Jumat, 05 Februari 2016







.. " Lombok Gandrung Warna , dalam Kanvas " ..
( 15 of 15 ) 

sebuah perjalanan atau peristiwa dapat ditangkap secara berbeda oleh setiap orang . 
ada yang mungkin berkomentar 
" alaaaa , apanya yang istimewa , itu sih biasa2 saja " ,
 sedang yang lain mendapat kesan berbeda 
" wow , buat saya itu adalah sebuah perjalanan / peristiwa yang luar biasa karena memberi saya sebuah penyadaran sekaligus inspirasi bahwa masih banyak hal yang perlu kita ketahui dan pelajari dalam hidup yang
 terkadang itu lewat hal hal yang sepintas terlihat sederhana , rutin , tidak menarik namun bermakna dalam "
  naaa , memperdebatkan keduanya sangatlah sia sia , 


sebab " Ketajaman Penangkapan Radar " dari satu ke lain orang sangat berbeda " level dan angle " nya .
contoh : pernah disebuah kompetisi foto ,
 saya tercenung cenung memandangi foto Sang Juara yang menurut saya Diluar Dugaan . 
mengapa ? 
saat itu saya termasuk salah satu pesertanya yang  masih  Sangat Awam menangkap
 pesan Panitia hanya secara An Sich 


 Lombanya adalah  Memfoto Jembatan Suramadu yang saat itu belum rampung 100% .
 dan tiwas saya jauh2 ke Suramadu dan jungkir balik mengambil foto foto jembatan itu dari segala sudut yang menurut saya menarik , ternyata tak satupun yang masuk babak penyisihan awal 
( boro2 semi final , diawal penyisihan saja sudah dibuang panitia hehehe .. ) .
 tetapi saya tetap  mengikuti perkembangan babak demi babak penyisihan yang ada dari peserta2 yang 
dinominasikan  dan  memerlukan melihatnya secara khusus  pamerannya di Surabaya ,
akhirnya Sang Juara diumumkan . 
tetapi ... lha ? mengapa ini , batin saya setengah protes ? 
foto juara itu menampakkan adegan seseorang mencari kepiting kepiting kecil di salah satu kaki betonan dari 
jembatan Suramadu dengan diterangi oleh lampu Strongking dan 
sementara jembatannya tak terlihat sama sekali ! 
naaa , pusing ? berarti sama dengan saya . 


maka , berkali kali gagal dalam berbagai kompetisi foto dan saya tidak ngoyo untuk menang ,
 alasan sebenarnya  hanyalah  karena  ingin mengasah kemampuan MIND saya dalam menangkap pesan
dari  panitia panitia lomba  yang macam2 itu ,
 yang akhirnya secara perlahan saya mulai disadarkan bahwa 
" Lihat dan Tangkaplah Apa Yang Tak Terlihat Oleh Mata " , sederhana itu namun sangat dalam . 
maka dalam perjalanan ke Lombok ini sayapun belajar " mati2an " untuk menangkap 
"  pesan2 yang tak terlihat oleh mata " saya , meskipun saya sadar saya masih sangat jauhhhh dari bisa ,
 mungkin baru 5% dari yang seharusnya .
dan dari  beberapa tangkapan mata batin ini , saya coba meng kanvas kannya lewat editing ,
 sebab bermain warna dalam editing itu rasanya hampir sama dengan saat  mencoretkan cat minyak diatas kanvas yang sesungguhnya , sebab ada Rasa Yang Tertuang Lewat Warna !

 entah itu emosi kemarahan lewat warna merah ,
 entah itu emosi sedih lewat warna Abu Abu , atau bisa saja dibalik , 
semuanya sah sah saja ketika emosi menuntut visualisasinya ! 
Pulau Lombok dalam tangkapan mata batin saya mungkin sekitar seperti dibawah ini dan bersiaplah untuk menertawakan sebab sesungguhnya menertawakan itu adalah sebuah anugerah bagi saya  untuk 
introspeksi dan belajar lebih baik lagi 
( bayangkan kalau tidak ada yang menertawakan mungkin saya terus menerus membuat kesalahan yang 
menurut saya bagus / benar karena tidak ada yang mengkritik , berbahaya bukan ? )
selamat menertawakan ..... ! 
( th )

 ( photos by : th , " Lombok in Canvas " , Ausgust 2015 )
01 . mitos berdarah ..
02 . birunya Lombok ..
03 . pengulangan ..
04 . ketekunan tangan tangan sederhana ..
05 . senja ..
06 . hangat , ceria , bersahabat ..
07 . gerabah gerabah kemayu ..
08  . terpikat ..

 Ucapan Terima Kasih Yang Tulus Kepada  : mas BI , atas kebaikannya yang memungkinkan perjalanan ini menjadi sebuah catatan luar biasa dan mengesankan . semoga ditempat tugas yang baru mendapatkan
 kemudahan dan keberhasilan yang berlipat ganda , amin .

 
 







 

Tidak ada komentar: