Selasa, 28 April 2015






.. " From Austria to Singosari with 
Teuku Wisnu's Strudel " ..

anak anak saya yang karena suratan takdir lahir di Vienna, Austria, merasa heran kok saya yang di Malang tidak tau ( Apfel ) Strudel nya Teuku Wisnu. heran karena sebenarnya kue yang 
berjuluk aslinya Apfel Strudel itu aslinya adalah Austria dan saya yang 
berbelas tahun disana malah ndak punya ide secemerlang Teuku Wisnu yang " hanya "
  klenceran ke Austria hehe ...
 naa itu berarti saya harus belajar banyak dari pribadi pribadi inspiratif 
seperti TW ini dan semoga besok besok saya juga mampu 
me Malang kan Sesuatu dari Benua lain hehe .. 
lha yang membuat anak anak heran itu karena produksi ( Apfel dll ) Strudel ini ada di Malang, tepatnya di Jalan Raya Ardimulyo 14, Singosari, Malang ... ! 
maka sayapun jadi penasaran ingin mencicipi seperti apa to usaha TW yang hebatnya meletakkan
 ( bermacam )  Strudel sebagai " Oleh Oleh Kota Malang " .... ! 
bagaimana ndak heran wong baik Teuku Wisnu maupun istri cantiknya itu sama sama BUKAN Arema tapi koq milih Malang sebagai " base-camp " untuk produk AS nya sekaligus menjadikannya sebagai alternatif Oleh Oleh Khas Malang, AADT ? ( ada apa dengan teuku ? )
 mungkin pertimbangannya sederhana, Malang adalah pusat apel dan buah buahan lainnya yang diperlukan untuk Strudelnya dan sekaligus UMR bagi karyawannya juga lebih kecil dibanding Jakarta ! sebuah ide yang cerdas !
maka daripada ruwet mencari jawab yang ndak perlu, mari sebagai Arema kita bahkan perlu bersyukur kok ada yang ikut memikirkan Malang meskipun saya tetap " kebat kebit " 
bahwa soal me Malang kan sesuatu yang menjadi hak paten benua lain itu semoga saja tidak bermasalah karena dinegara negara maju soal soal beginian ini cukup sensitif .
( tetapi TW memang  tidak menjuluki produknya sebagai Apel Strudel melainkan 
" Malang Strudel, Oleh Oleh Kota Malang " , jadi saya pikir ini akan " cukup aman " hehehe ... )
naa .. kembali ke masalah  strudel strudelan ini, 
memang produk TW ini tidak bisa dikatakan 
" sesuai aslinya " sebab kalau biasanya saya dulu sambil " ngopi " di
 salah satu warung warung yang ada disepanjang Karl Platz dekat dengan area Stephandom yang bebas kendaraan itu sambil ditemani sepotong Apfel Strudel, maka yang ada dipiring kue itu 
adalah sepotong kue cantik  yang 
" kemripik " dan potongan apelnya terlihat nyaris meleleh keluar serta hangat ... wow !


kemripik karena kulit luarnya memang super tipis dan berlapis lapis, dan hangat karena AS memang lebih afdol dinikmati selagi hangat dengan secangkir kopi, 
Viennesse Coffee ... ! 
jadi bagaimana dengan AS dari TW ini ?
 agaknya AS nya TW ini memang tidak dirancang untuk DS/ disantap seketika, tetapi lebih pas untuk BT/ buah tangan alias oleh oleh, jadi kalau ingin hangat2 dinikmati ya bisa dihangatkan sendiri dalam oven . soal rasa ? tergantung ,
 sebab di produk TW ini ada beberapa jenis strudel
 yaitu Apel, Strawberry, Orange, Pisang Coklat, Nenas, Keju dan Buah Campur . 
tetapi khusus yang  Apel Strudel sesuai namanya memang bahan utama adalah apel sehingga kuenya terasa KKM/ kecut kecut manis ! ini barangkali yang bisa lebih sesuai disebut sebagai Oleh Oleh Kota Malang sebab apel memang menjadi salah satu ikon Malang atau Batu 
( meski nyatanya saat ini banyak yang mengakui Poncokusumo Tumpang lebih layak disebut sebagai penghasil apel terbesar Jatim ) . 
jadi kalau saya dimintai pendapat tentang rasanya dibanding dengan strudel dinegara asalnya,  sudah tentu saya harus jujur mengatakan " lebih pas aslinya " . 
tetapi kalau Apel Strudel made-in Singosari ini adalah memang sudah di " modifikasi " oleh para chef nya , ya saya salah kalau membandingkan dengan aslinya hehe ..


 wong namanya saja " terinspirasi " itu kan hanya tercomot idenya dari sana yang lalu disesuaikan dengan sikon dan kebutuhan lokal disini, 
maka buat saya Apel Strudel nya TW ini ya ok ok saja ... 
naa, buat yang penasaran silahkan kesalahsatu gerainya disebelah Cak Pi'i Soehat dan memilih jenis strudel yang disukai ..
cantik kemasannya, dan banyak pilihannya jadi memang pas buat oleh oleh ... ! 
( dan selamat kepada TW dengan ide cemerlangnya ini yang meski di cafe2 lain mungkin juga ada tetapi baru TW yang secara khusus mengemasnya sebagai OOKM/ Oleh Oleh Kota Malang .. )
( th ) 


( photos 01, 02 by : th, Malang Strudel, April 2015 )
foto foto lainnya, ke 03, 04, 05, 06 diambil dari google, menggambarkan 
potongan asli Apfel Strudel Vienna, dan salah satucafe di Vienna, dan gambar terbawah adalah
Teuku Wisnu.








 

Tidak ada komentar: