Selasa, 10 Februari 2015








 .. " Museum Tubuh, Bagong Rajanya " ..

Kota Batu terus menggeliat dan membedah plastik wajahnya. 
Setelah tersohor dengan Museum Museum dan tempat tempat hiburannya yang berkelas , masih ada lagi Museum baru yang muncul, yakni Museum Tubuh. Dari namanya sudah sangat jelas, 
yang dipertontonkan adalah Tubuh Manusia secara mendetil, 
sehingga kita akan mengenali bagaimana sebenarnya sistim kerja tubuh kita. 
Meskipun dulu semasa sekolah atau kuliah juga sudah sering membaca dan melihat gambar gambar bagian tubuh manusia, tetapi di museum yang satu ini ingatan kita
 akan digali kembali tentang 
Apa, Bagaimana, Mengapa, Bila serta Siapa dari sebuah tubuh manusia.
Letak Museum Tubuh ini satu area dengan Jatim Park I, tepatnya ada disebelah kiri pintu masuk Jatim Park I  dengan pintu masuknya yang sangat mencolok
 karena berbentuk kepala Bagong.
( Bagong adalah salah satu tokoh pewayangan dan merupakan salah seorang punakawan yang terdiri dari 4 orang yaitu Semar, Petruk, Gareng dan Bagong ) . 


Soal pemilihan tokoh Bagong sebagai ikon dari Museum Tubuh ini, sayangnya saya tidak  menemukan petugas yang dapat menjelaskannya bahkan lebih parah lagi karena justru mereka yang balik bertanya pada saya tentang ketokohan Bagong. lha ... ? 
Maka dengan mengambil nama " Bagong Human Body Museum " , museum ini merupakan yang terbesar di Asia dan pertama di Indonesia. 
Museum ini terdiri dari 5/ lima lantai yang terbagi dalam ruang ruang atau lorong lorong untuk memamerkan anatomi tubuh manusia mulai dari Ruang atau Lorong Mulut, 
lalu masuk ke lorong yang mirip goa goa yaitu ke lorong Hidung, terus masuk lagi ke lorong Otak, seterusnya Jantung, Sel Darah, lalu Tulang dan Telinga serta lain lainnya. 


Pengunjung akan dipandu oleh petugas  dimasing masing lorong dan kita akan berjalan didalam ruang atau lorong yang berbentuk seperti aslinya.
Misalnya saat petugas menjelaskan mengenai Penyempitan Pembuluh Darah penyebab Stroke, kita berjalan didalam sebuah lorong yang semakin menyempit yang menyerupai bentuk
 serta warna dari pembuluh darah yang menyempit.
Sebuah Museum yang sangat dianjurkan untuk dijadikan sebuah Kunjungan Wajib bagi anak anak sekolah bahkan mahasiswa karena perlakuan yang salah terhadap tubuh manusia dapat  menimbulkan bermacam masalah seperti misal 
kebiasaan merokok, minuman keras, obat obatan, pola makan yang tidak sehat dll. 


Disetiap ruang atau lorong atau sudut dari museum ini kita akan bertemu Bagong dengan berbagai peringatan untuk senantiasa mengawal tubuh kita dengan sebaik baiknya. 
Tiba disebuah ruang khusus yang mirip mini - theater atau home - theater, kita akan disuguh dengan sebuah film pendek tentang pembuahan di rahim ibu hingga sibayi lahir. 
Tidak ada kata lain yang layak diucapkan, selain " Allahu Akbar, Tuhan Maha Besar " menyadari betapa kompleks dan sempurnanya ciptaanNYA yang bernama manusia ini, 
 karena bagian demi bagian dari anatomi tubuh kita ini sesungguhnya adalah sebuah Masterpiece dari Sang Maha Agung, ya sebuah Maha Karya ... ! 
Miliaran sel sel yang ada dalam tubuh kita ini seolah sebuah Pabrik yang Bekerja Fulltime 24 jam sehari hingga kelak maut menjemput ! 
Maka siapakah yang masih berani mengatakan bahwa kita ini, manusia ini adalah bukan ciptaanNYA ... ??
 

Disebuah sudut kantin atau cafe museum ini, saya sempatkan  untuk " ngopi " sambil merenungkan sebuah surat dari Al Qur'an yaitu  Al Hasyr, ayat 24 :
" Huwallahul khaliqul bari'ul musawwiru lahul asma'ul husna, yusabbihu lahu ma fis samawati wal ard ( i ), wa huwal'azizul hakim ( u )  " , yang artinya :
 " DIA lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama Nama Yang Paling Baik, Bertasbih kepadaNYA apa yang ada di langit dan dibumi. Dan DIA lah  Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana " .
Ya, mungkin inilah  yang membedakan museum yang satu ini dengan museum museum lainnya
yakni bahwa Manusia Akan Lebih Menyadari KebesaranNYA !
Selamat mencari dan menemukan Bagong !
( th )



 ( photos by : th, Museum Tubuh, Batu, Januari 2015 )
01. bagong, ikon
02. otak kita, tergantung diatap
03. pabrik kata, pesan penuh makna
04. ruang tunggu diluar museum
05. dapur sexy
06. jatim park I yang bersebelahan
07. kantor marketing
08. ginjal kita ..
09. sendi sendi
10. lorong otot
11. " peti pengetahuan "
12. atmosfer cafe
13. inilah kita ..
14. istri bagong
15. pasar buah di pasar wisata, halaman luar museum
16. mainan penuh nostalgi masa kecil  

Tidak ada komentar: