Sabtu, 01 Februari 2014





.. " My Eldest Son, My Sunflower " ..

10 hari yl, di blog yang sama, aku menulis buat adikmu ( " My Son, My Edelweiss " ) karena dia lahir 22 Januari. dan saat aku mengetik ini, jam 22.08 tanggal 01 Pebruari 2014, aku mengejar waktu karena beberapa jam sesudah ini, engkaulah yang lahir, 02.02. 

sebagai anak tertua, tentulah kehadiranmu saat itu sangat kami impikan meski harus menunggu beberapa tahun. hampir kami " menyerah " karena engkau begitu enggan hadir diantara kami. dan setelah berbagai upaya dicoba, dokter memberi sebuah nasehat yang lebih mirip dengan saran seorang agen perjalanan : 

 " Anda berdua sebaiknya mengambil cuti liburan panjang, jangan berpikir tentang keinginan memiliki anak, santai dan nikmati saja liburannya, setelah itu 
kita boleh bertemu lagi di klinik ini " . 


  lho, kok malah disuruh liburan tapi tidak diberikan terapi apa apa? 
kebetulan saat itu menjelang musim semi, maka sekalian kami putuskan untuk menelusuri Yunani/  Greece yang  berada di ujung semenanjung Balkan atau eropa selatan/ tenggara. 

3/ tiga bulan berjemur di matahari Balkan dan menyisir pulau pulau nya yang luar biasa indah. Mykonos, Rhodos, Kreta, Corfu, Peros, Santorini, Naxos dll. 
kedalaman laut Balkan memunculkan warna biru gelap mirip tinta, di padu dengan legenda Yunani sebagai cikal bakal peradaban Eropa, maka perjalanan itu lebih mirip menaiki mesin waktu ke masa masa dongeng Zeus, Aphrodite, Eros dll. 




kami " lupa " akan keinginan memiliki momongan karena tenggelam dalam bermacam hal baru yang ditemui. teman2 baru penduduk asli, budaya dan makanan baru dan unik, pulau dan tradisi2 nya yang ber beda beda, dll dll.  tak terasa 3 bulan lewat begitu cepat.

dan saat kembali dari liburan serta bertemu kembali dengan dokter yang sama, keajaiban terjadi : engkau akan hadir diantara kami 8 bulan kedepan ! wow .. bagaimana mungkin? 
dalam luapan kegembiraan itu, berbagai nama calon bayi mulai menjadi " perdebatan " .
ada Eros untuk mengenang Yunani, adaYudhistira karena aku pecinta wayang , ada ini ada itu dll. namun akhirnya semua tidak terpakai karena ayahmu mengusulkan agar  namamu memiliki initial yang sama dengannya yaitu AAP.  
aku pikir ide bagus juga, tak ada alasan untuk tidak setuju.

disitu ada kombinasi nama Indonesia dan nama marga ayahmu dan nama kecilmu. nama bayi laki laki, sesuai pemeriksaan USG.

saat Januari lewat begitu saja dan awal Pebruari merayap masuk, aku berdebar, mungkinkah engkau ingin " menyamaiku "? dan akhirnya, inilah memang keajaiban kedua,  engkau lahir sebagai kado ultah ku, ultah kita sama, 02.02  hanya berselisih menit.

 aku menangis haru saat engkau terbungkus selimut hangat dan perawat meletakkannya di sampingku . matahariku, matahariku, ya ... sunflower ! engkau menghangatkan hari hari kami meski engkau lahir 12 derajat minus dibawah o, pada winter yang beku ! 




bunga matahari itu lambang kegembiraan, suka cita namun juga sekaligus lambang manfaat karena hampir semua bagian tumbuhannya bermanfaat. lihat kecantikannya sebagai penghias taman atau meja, lihat biji bijinya yang menghasilkan minyak. dan lihat khasiatnya sebagai penyembuh penyakit tertentu. 

anakku,
menjadilah bak sunflower ! indah dan bermanfaat bagi dirimu dan terutama orang lain. bagilah sukacita itu dengan sesama dan bantulah mereka disaat membutuhkan sebagaimana engkau diciptakan untuk berbagi . saat ini usiamu bertambah setahun, semoga engkau diberikanNYA limpahan kegembiraan, keberhasilan dan kemampuan untuk berbagi dengan sesama agar segala yang kau miliki itu penuh dengan RahmatNYA,amin.

indahnya warna kelopak dan besarnya manfaat biji bijimu, tiadalah punya arti apabila tidak engkau manfaatkan untuk membantu sesama. 
so my son, my eldest son, my sunflower, Happy Birthday and may GOD bless your days 
with happiness and joy !
your mom 


 ( also I should also say Happy Birthday to my self ha ha ! remember last year we got together with your brother in Novotel, it was great, thank you .. tomorrow morning I will leave for South Sea, you know me well, the waves is my birthday-party ! )

( gambar google )
01. sunflower
02. mykonos, awal keajaiban
03. taman matahari
04. biji biji bunga matahari
05. greece, thousand islands


 

Tidak ada komentar: