Jumat, 21 Februari 2014




.. Selamat Jalan, Sahabat ! ..

malam itu, 23.15, sebuah sms masuk saat saya masih didepan laptop yang sama. ahh, kalimat pembukanya sudah meresahkan saya, didahului oleh :
" Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un "
saya terhenyak, kamu telah mendahului kita semua.

padahal semua teman teman di Malang baru saja akan berkumpul bersama untuk mendoakan persiapan operasi by-pass jantung mu yang sedianya terlaksana tanggal 15 Pebruari yl, 

namun sehari sebelumnya kamu telah pergi bersamaan dengan detik detik meletusnya gunung Kelud di dekat kota kami, Malang .. 
sebuah peristiwa pengingat yang mudah untuk dikenang, kamu pergi bersamaan dengan sebuah isyarat bahasa dari alam , muntahnya lahar panas dari perut bumi .. 

sahabat HB,
saat ini kamu telah berbaring dalam damai di bumi Betawi, namun kami akan selalu membawamu dalam doa doa kami agar sahabat diberikanNYA kedamaian dalam istirahat abadi mu. 
perjumpaan dan senda gurau terakhir kita tahun lalu di PADI,  Teysa dan Selecta Malang, dan ratusan foto foto kita, seolah menandai pertemanan kita yang tanpa akhir sejak SMA.

saat kamu memberi sambutan atas nama temen temen Jakarta yang hadir di Padi saat itu , ada kalimatmu yang meresahkan kita semua, 
kurang lebih begini :

" saya sedang menghadapi pilihan antara mau/tidak operasi by-pass yang memang berat,
 tolong didoakan saja ya supaya ini bukan pertemuan kita yang terakhir " ,

kami mendengarnya dengan prihatin meski kamu diprotes kok menyebut " pertemuan terakhir " tetapi nyatanya itu memang terjadi ..

lihatlah foto ini, berapakah dari kita yang saat ini sudah tidak lagi ada diantara kita? setahun ini amat berat, 
ada Yudhistira, Priyo, Maman, dan kali ini kamu yang dipanggilNYA. 
reuni tahunan bukan lagi menjadi dambaan, 
tetapi teman teman setuju diperpendek dua bulanan. 
berkejaran dengan waktu? 
mungkin.

alasan lain adalah karena makin banyaknya diantara kita yang sudah mulai terganggu kesehatannya dan sulit untuk hadir terutama yang diluar Malang.

ahh sahabat, rasanya baru kemarin kita becanda dikelas, saling ledek dan contek contek-an hehe masa masa keemasan remaja, dan saat ini kita yang masih tersisa  telah memasuki masa masa 
" persiapan kembali  ketempat dimana dulu kita pernah datang didunia ini, sendiri dan nanti juga akan kembali sendiri " ..

hanya DIA Yang Maha Mengetahui tentang Kapan, Dimana dan Dengan Cara Bagaimana akhir dari perjalanan kita masing masing nantinya, menyusul kalian kalian yang terdahulu.

email terakhirmu tidak saya hapus, meski saya tahu itu tidak akan pernah lagi berjawab.

demikian rahasiaNYA, saat kita datang dan pergi adalah Hak NYA,
 dan kita hanyalah pelaku pelaku peran tertentu untuk mengisi lakon mega panggung : dunia. mungkin ada diantara kita yang sudah 
merasa telah tuntas melakoni perannya, 
tapi mungkin juga ada yang belum.

semoga engkau termasuk yang sudah rampung, agar istirahat abadimu tenteram meski dalam email terakhirmu kamu menulis 
" aku sangat sibuk " 
padahal kamu dihadang by-pass jantung, sebuah kesibukan yang tak harus ada disaat kamu sebenarnya perlu banyak istirahat.

kesuksesanmu sebagai pengusaha garment agaknya harus dibayar mahal dengan tingginya tekanan persaingan dll sebagaimana kau utarakan 
di Halim tahun 2012,
 yang berakibat fatal pada kesehatanmu.

namun jejak suksesmu telah menginspirasi banyak orang dan semoga semangat dan etos kerjamu yang luar biasa akan diwarisi oleh 
anak anak dan cucu cucu kita semuanya kelak!

sahabat HB,
selamat jalan, semoga ALLAH mengabulkan " reuni " yang lain kelak dikeabadian agar kita semua masih akan bisa menikmati 
saat saat kebersamaan seperti dulu.
istirahatlah.
( th )
  (photo by : Hrs,Selecta,dengan rombongan temen2 Jakarta,June2013) 










Tidak ada komentar: