Senin, 31 Oktober 2016







.. " Primadona Yang Sudah Untup Untup " ..

berawal dari ketidak sengajaan karena kendaraan terjebak macet oleh karnaval Bersih Desa di
daerah Nongkojajar , Malang , maka sayapun memilih putar balik arah Lawang . 
setelah melawati Kebun Raya Purwodadi kearah Lawang , saya membaca disebelah kiri jalan ada banner
 bertuliskan " KOLAM PANCING  " , masuk 150 meter !
sebenarnya tidak terlalu tertarik untuk masuk , tapi untuk " pengobat " kecewa tidak jadi ke Nongkojajar ,
sayapun iseng masuk kearah yang ditunjuk banner , yaitu Kolam Pancing . 
jalanannya sudah teraspal rapih dan setelah berjalan sekitar 100 meter ada belokan kekanan . akhirnya saya 
dengan setengah ragu ragu masuk disebuah area yang terkesan " belum jadi " ! 
dugaan saya tidak meleset , beberapa pekerja bangunan tampak sibuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang 
disitu tampak " sak ketapruk " . saat itu hanya ada 3 kendaraan dihalaman parkirnya ,
 dan saya pun tingak tinguk mencari penjaga untuk minta ijin jeprat jepret .

  dicendela sebuah dapur , seorang ibu tampak sedang memasak , saya menyapa dari luar cendela 
" bu , maaf , apa ini buka ? dan boleh saya motrek2 ? " . si ibu menjawab ramah 
" oya sudah jeng , silahkan saja "  sayapun mulai jeprat jepret dan berjalan kearah sebuah 
kolam yang lumayan luas dibelakang . 
tiba2 " dari mana bu ? " , seorang bapak bapak menyapa ramah yang ternyata adalah pemilik lahan , bapak Dharsono . wa , pucuk dicinta mujair tiba , sayapun bahkan diajak berkeliling lahan yang ternyata sangat luas itu untuk melihat dari dekat semua yang sedang digarap maupun yangdalam tahap  finishing !
 " disini nanti tempat mencingnya , yang bisa menampung ratusan pemancing . disebelah sana itu nanti gazebo2 untuk yang makan , sambil menikmati pemandangan indah disana itu ... " ... 
pak Dhar masih " berpromosi " : 
" rencananya nanti bapak Jokowi juga akan menengok sebab tempat ini akan dijadikan salah satu percontohan wisata pancing .. " , wow batin saya , sepertinya pak Dhar tidak main main dengan usahanya ! 

 dilahan seluas sekitar 4500 meter persegi inilah tampaknya sedang dibangun sebuah Primadona Baru Jatim untuk wisata pancing dengan atraksi alamnya yang memang cantik dikejauhan . 
 saat ini memang masih ikan mujair andalannya dengan harga 25 ribu rupiah per kilo kalau kita memancingnya sendiri . bagi yang kurang hobi memancing juga tersedia ikan bakar lalapan dan lain lain !


 saya juga diajak berkeliling kepembangunan rumah keluarga pak Dhar yang nantinya akan menyatu dengan tempat usahanya. disebuah dinding ada foto pak Dhar memakai topi cowboy , saya guyoni
" wa penggemar musik country pak ? " , pak Dhar tersenyum lebar 
( mudah2an disini kelak para pemancing juga akan dihibur dengan musik country live ala Tantowi ! ) .
melihat luasnya lahan dan gambaran rencana dari Kolam Pancing ini , saya " ramalkan " bakal muncul
primadona baru didaerah Purwodadi ini sebagai salah satu tempat singgah dari
arah Surabaya sebelum masuk di Malang . 

tempat yang satu ini bakal menjadi sebuah tempat hangout yang pastinya akan nyaman
sebab terletak didaerah yang masih cukup alami , jauh dari jalan raya dan memiliki view cantik !
saya penasaran untuk kelak datang lagi ketika sudah lebih tertata , meskipun kemarin saya juga sudah melihat 
ada dua keluarga yang tengah menikmati ikan bakar disitu ! 
tentu harapan saya janganlah sampai tempat yang cantik ini kelak tidak mampu bertahan seperti 
halnya " JHABU " didaerah nDau Batu yang dulu saya idolakan sebagai tempat mancing yang nyaman tapi akhirnya rontok . naa , yang penasaran dan tidak sabar menunggu sampai pembangunan rampung , 
silahkan saja menengok Kolam Pancing ini meski belum tertata rapih , 
tapi ikan ikan sudah siap untuk dipancing dan dibakar  .... !
jangan lupa kalau dari arah Malang , setiba di depan  Kebun Raya Purwodadi , harus putar balik arah 
Lawang dan belok kiri setelah Kebun Raya Purwodadi , disitu ada petunjuk tentang
 Kolam Pancing yang satu ini ! naaa .... selamat memancing ! 
( th )

( photos by ; TH , Kolam Pancing Purwodadi , Malang , Oktober 2016 )

01 . kolam pancing yang bakal menampung ratusan pemancing sedang dalam penggarapan
02 . mujair andalannya untuk saat ini 
03 . pemandangan dari area parkir
04 . kerabat pak Dhar yang sedang memasak untuk tamu tamunya 
05 . pak Dharsono , owner 
06 . kulit kulit kerbau didinding 
07 . salah satu sudut tempat makan yang belum rampung
08 . mujair , mujair
09 . jalan menuju Kolam Pancing 










Tidak ada komentar: