Jumat, 10 Juni 2016






.. " Bebek Telo tanpa Telo .. ? " ..
 suatu siang yang " apes " , " alkisah " saya yang sudah lama penasaran dengan warung yang satu ini , 
berniat mencari tahu ada apa dengan bebek  telo yang menjadi ikonnya warung . 
" mbak , apa sih maksudnya kok nama warungnya Bebek Telo , apa bukan bebek asli tapi bebek2an dari telo ? " 
saya bertanya dengan sesungguh hati . dijawab 
" oo ndak , bebeknya ya asli bebek , cuma nasinya itu tercampur telo , jadinya bebek telo " 
lalu saya dipameri foto menu bebek telo yang nasinya ke ungu2an warna khas telo .
 tentu saya melonjak senang sebab baru sekarang saya mau nyoba nasi telo ! 
" ya sudah mbak , kayaknya unik juga , saya pesen itu saja ya , bebek telo ! " dengan wajah penuh harap . 
eee ... diluar dugaan jawabannya menghancurkan hati 
" maaf , siang ini telonya habis , jadi tinggal nasi biasa .... ! " ....
 laaaa , tapi karena masuk kewarung ini dalam keadaan LB , lapar berat , terpaksa saya iyakan dengan
 " nggrundhel " dalam hati begini 
" yok opo karep e warung iki , nggawe jeneng bebek telo tapi ditemenani dadak no ngglethek gak onok telo ne ,
 gak niat rupane ... " .... ya sudah , nasi sudah jadi lontong ...
 maka sebagai pengganti kecewa , saya puaskan jeprat jepret warung yang berlokasi di Raya Tlogo Mas 
arah Batu  ini yang konon baru " mrochot " sekitar tiga bulanan . dan sesuai pilihan namanya yang mengandung Telo yaitu Bebek Telo , warung ini didominasi warna telo yaitu Ungu !
 dan juga dipenuhi ukiran bambu berbentuk bebek yang terpasang dihampir setiap sudut dan dinding
 mulai yang berukuran mini hingga setinggi satu meter . akar akar bambu ini memang punya 
keunikan karena ditangan seniman ia dapat berubah ujud menjadi apa saja yang unik .
dan bebek bebek dari akar bambu ini nyaris bentuknya mendekati aslinya ! 
adapun alasan mereka memilih Telo sebagai ikon dari warungnya sekaligus teman bebeknya , 
tampaknya sederhana saja seperti kata pramusajinya 
" ya supaya beda saja " oooo .... 

 soal harga dan rasa saya tidak pelit memberi angka 7 dan diantara sekian banyak warung bebek di
 Malang Raya saya ingin juga memasukkan warung ini sebagai salah satu Tujuan Wisata Bebek
 yang boleh direkomendasikan disamping tempatnya yang lumayan nyaman untuk 
ber bebek ria dengan teman atau keluarga , meskipun kalau harus MINUS nasi telonya maka 
nilai diatas bisa saya kurangi hanya menjadi 5 saja !
( sama saja dengan warung bakso tanpa bakso pentholnya ) ... 
naaa , yang penasaran boleh mencoba ya , yaitu kalau dari Malang arah Batu warung ini ada 
disebelah kiri jalan  berdekatan dengan kampus UNMUH diseberangnya . 
( th )

 ( photos by : th , Bebek Telo , Raya Tlogo Mas Malang , Juni 2016 )

01 . trio bebek
02 . sudut cantik
03 . tampak luar 
04 . bebek tanpa telo
05 . full bebek
06 . sudut lain ( 01 )
07 . sudut lain ( 02 )
08 . lapang , lega
09 . lagi , bebek
10 . nasi ayam 5000, cuma   

CATATAN DESEMBER 2018
warung ini sudah " almarhum " sejak lama . 
alasannya apa , saya tidak tahu .
semoga pemilik , penyewa , pengelola atau 
apapun yang baru nanti , 
bisa membawa tempat ini lebih berhasil !
( Titiek Hariati , Malang , Desember 2018 ) 










Tidak ada komentar: