Minggu, 25 Oktober 2015









.. " buat teman " ..

entah karena apa , tiba tiba saja saya mendapatkan gambar diatas dan ketidak sengajaan ini membuat saya ingin melanjutkannya dalam sebuah tulisan pendek pada seorang teman . 
tidak ada istilah " bekas teman " dan saya setuju .
tidak saya pasang inisial ataupun kota teman ini ,karena saya tidak ingin berbagi 
dengan siapapun . apa kabar teman ? 
saya lihat teman berdiri disebuah museum di Eropa ( ? ) disamping salah satu masterpiecenya  Vincent van Gogh dengan memakai jaket hangat ,
 maka saya duga teman sedang berada disana pada musim musim yang tidak hangat . 
sungguh saya ikut senang ,
terlihat bahwa teman sudah makin cemerlang dalam karir dan art - world . 
maka tiba tiba saja saya lalu ingat pada satu masa  , 
dimana teman sedang " dikejar dead-line " untuk mengirimkan karya nya untuk 
sebuah kompetisi berskala nasional .
hawa sejuk diluar cendela tak banyak membantu teman menemukan inspirasi . 
dan saya yang kebetulan " ketiban sampur " menemani menit menit kosong itu , mencoba sebisanya untuk membangkitkan semangat .
 dilembar putih yang kosong diatas meja , akhirnya penuh dengan goresan2 hitam dan saya berteriak senang karena akhirnya DL terkejar !( ingat saat itu belum ada Internet ! ) .
 sementara , suara binatang malam diluar cendela makin nyaring seolah sebuah doa agar karya tadi mendapat tempat paling istimewa .
pada hari berikutnya , bak membawa sebuah prasasti keramat , 
karya tadi saya serahkan  secara pribadi pada Panitia di kota lain yang berjarak ratusan kilometer dari tempat teman menggoreskannya , karena tidak ingin ada 
kesalahan pos dalam pengirimannya . 
saya lega , saya kabarkan " karya sudah ditangan Panitia " . 
menit menit saat pengumuman  cukup mendebarkan , sebab dari seluruh tanah air terhimpun ribuan karya yang juga hebat hebat . akhirnya , 
saya berhak melonjak bangga bahwa nama teman ada ditempat TERATAS dan itu
 artinya : teman adalah j u a r a nya .... !! 
namun sayang , teman berhalangan hadir dalam malam penganugerahannya dan ( lagi lagi ) sayalah yang akhirnya mengurusi nya . 
tahun tahun lewat , saya terkadang hanya sempat mengikuti berita teman di beberapa medsos bagaimana teman menapaki karir baik sebagai pribadi maupun profesi  yang 
keduanya tampak berjalan sempurna . 
catatan kecil ini tidak punya makna apa apa selain bahwa ini hanyalah bagian pendek dari sebuah rentang perjalanan hidup yang seringkali tidak terduga dan penuh rahasia.
tentu saya juga masih simpan dengan baik beberapa kiriman karya karya teman yang sarat kritik sosial saat itu , bahkan saking " gilanya " mengirim , 
petugas Fax di kantor saya sering berkomentar 
" wa , kalau yang ada gambar gambarnya seperti ini pasti ini buat PRM kita " , lucu untuk diingat .. ( FAX jaman itu memang paling favorit dibanding pos, 
selain cepat juga saya yakin teman pasti sering2 " nunut fax nya kantor " bukan ?  hehehe .. )
rupanya teman juga membuat beberapa buku ,
 akan saya coba untuk cari dan baca . 
salam buat keluarga dan teman teman lainnya , sekali lagi selamat dan sukses !
saya ,
th.
 ( gambar dari google )

Tidak ada komentar: