Kamis, 01 Oktober 2015







.. " Selamat Datang Palestina .. " ..

dalam cuaca sedikit kelabu dan berangin ditepi  Manhattan East River tempat markas PBB berlokasi , pada Rabo tanggal 30 September waktu setempat ,
 sebuah sejarah tengah berlangsung . 
untuk kali yang I setelah berpuluh tahun melalui perdebatan tak berujung , akhirnya bendera Palestina dikibarkan di depan markas badan dunia tersebut .
 pengibaran bersejarah ini dihadiri dan dipimpin  oleh Ban Ki-moon , sekjen PBB , serta presiden Palestina , Mahmoud Abbas yang sempat mencium benderanya dengan penuh haru .
 Abbas menghimbau bahwa hal ini akan berlanjut dengan keanggotaan penuh bagi Palestina dimasa mendatang (  BBC Rabo 01/10/15 ) . 
bendera berwarna Merah , Hijau dan Hitam itu berkibar setelah melalui voting dimana 119 negara menyetujui dan 45 abstain . sesungguhnya , apakah arti ini semua bagi kita di tanah air ?
tentu kita tak hendak menguak sejarah ribuan tahun silam ketika Nabi Ibrahim berputra dua , 
Ismail dan Ishaq yang pada akhirnya menurunkan kedua " dinasti " yang 
berseberangan  secara ideologi . 
karenanya pengibaran ini bukan semata simbol  pengakuan pada sebuah keyakinan atau agama , tetapi ia memiliki nilai Universal bagi kemanusiaan karena 
sesungguhnya  Kemerdekaan dan Kedaulatan adalah Hak Setiap Bangsa
sebagaimana yang kita miliki dalam pembukaan UUD 45 .
manusia dengan segala keserakahannya atas sebuah ideologi , politik , ekonomi dll telah meng kotak kotak penghuni planet bumi ini sesuai kepentingannya yang dikemas dalam berbagai bentuk Konvensi , Kesepakatan , Perjanjian , dll yang berujung pada kekerasan fisik apabila kepentingannya tidak terakomodir ! 
Palestina telah kenyang dengan bermacam bentuk penindasan , dan barangkali kitapun ditanah air ikut merasakan penderitaan mereka selama ini .
maka ketika bendera ini telah mampu dikibarkan , lalu apa selanjutnya yang bisa dilakukan ? menonton , berdiam diri , mendoakan , tidak peduli , terus menggalang upaya Keanggotaan Penuh Palestina atau apa ? semuanya adalah pilihan masing masing .
 planet bumi kita ini makin terasa sesak oleh kepadatan penghuninya terutama ketika konflik demi konflik menggunaan bermacam persenjataan yang membahayakan kehidupan .
 belum lagi polusi udara dari jutaan cerobong asap industri dan limbah beracun di perairan bumi yang semakin melebarkan lobang ozon .
 sementara itu gelombang pengungsi peminta suaka juga masih terus berlangsung .
 maka planet kecil kita ini sesungguhnya telah sangat lama merindukan perdamaian . 


Palestina menurut saya pribadi dapatlah disebut sebagai sebuah Test Case bagi ( khususnya ) Amerika yang selama ini paling getol berada dibelakang konflik Palestina Israel dengan 
berbagai kepentingannya sendiri . 
Test Case bagi kesungguhan administrasi Obama yang sering mendengungkan isu Perdamaian tetapi damai yang mana yang dimaksud ? kalau saja secara ajaib konflik Palestina Israel dapat di
" jembatani " Amerika yang adalah aktor pemegang peran penting dibelakang layar namun
 jangan hanya  ber  Basa Basi seperti yang terjadi selama ini ,
maka sebenarnya 95% perdamaian dunia agaknya sudah dapat tercapai .
 perjuangan Palestina memang masih panjang hingga nanti diakui Keanggotaan Penuh nya .
pengibaran bendera barulah langkah awal di Badan Dunia untuk kelak mampu bersejajar dengan anggota anggota badan dunia lainnya termasuk Indonesia .
marilah dengan jiwa besar kita telaah sejarah pengibaran ini dengan lebih Broad Minded bahwa Palestina adalah simbol Segala Bangsa , ataupun Ras dan Agama , siapapun mereka , yang tertindas dan teraniaya secara politik , ideologi maupun ekonomi dan
 bahwa penindasan dalam bentuk apapun memang harus diakhiri .
  siapkah kita mengawalnya bersama? 
( th )
( foto2 dari liputan 6.com , new york )


01 . berkibar disamping bendera PBB
02 . Mahmoud Abbas mencium bendera Palestina
03 . Sekjen PBB memimpin acara pengibaran
04 . masyarakat menyambut dengan gembira









 

Tidak ada komentar: