Senin, 22 November 2021

 
 
 
...  " Roma Boyong Ke Ijen 91 " ...
 pada Oktober 21 yang lalu , 
saya betul betul menyempatkan diri ke 
Jalan Ijen  91 Malang . mengapa ?
 karena terniat sudah lama , hanya kesempatannya
 yang belum datang . maka disatu siang yang
 tak begitu terik , saya sudah berada disitu 
untuk sejenak " berwisata " ke 
Kota Tujuh Bukit alias Roma yang juga dikenal
 sebagai Eternal City , Kota Abadi .
 pertama yang menarik adalah tampilan 
" kedai " nya yang membuat sejenak lamunan
 melayang ke Eropa . dan ketika masuk , 
musik musiknya juga sangat Italy dengan lagu lagu
 abadi yang tak lekang jaman seperti 
O Sole mio , te Quiro alias 
ailapyu ! 
 lalu juga ada Volare yang khas dan sempat 
dipopulerkan oleh kelompok Gypsi Kings ... !
" volare oh oh .. Cantare , oho hoho ..
Nel blu dipinto  di blu .. Felice di stare  lassu .. " .. 
yang membuat saya ikut bersenandung 
dan menggoyang kaki .. 
 serasa di Italy ? belum ! jelas belum lengkap 
kalau belum memanjakan lidah dengan 
menu menu khas nya ..
 seabreg pilihan ada disitu .. 
sebut saja Classico yang memang klasik , 
Cotoletta , Chicken Pesto , dan salah satu ikonnya
 yaitu Signor , Salsicia e Crauti, Frittata ,
 Tegamino dll ...
 dideretan minumannya ada bermacam kopi , 
juga yang non kopi seperti Lemon Tea , 
Orange Soda , 
Frappe al Cioccolato dll .. 
harga ? rasanya jika disoal rasa sudah okay , 
maka tidaklah perlu ditulis sebab pepatah
 mengatakan " Ono Rego Ono Rupo "
 ( yang ini tentu saja bukan bahasa Italy ) .
 jika kita butuh sekitar 22 jam lebih ke Roma dari 
Indonesia , maka kali ini cukup 10 menit saja 
dari rumah saya dan benar benar saya
 menikmati atmosfer yang berbeda 
dengan cafe cafe lainnya . 
 kebetulan siang itu saya berkesempatan mengobrol sejenak dengan owner nya 
yang masih belia dan cantik , 
Tamara , Sarjana Tehnik Mesin 
yang konon " kesasar enak  " kearah 
kuliner hehehe ..
 dari seorang ibu berasal dari Palembang dan
 ayah yang asli Italy rasanya memang Tamara benar benar terlahir dengan dua budaya indah yang
 diwarisi dari ortunya.. !
 naa .. lengkap sudah bahan tulisan saya tentang 
" kedai Italy " Signor Panino yang melengkapi
 kota Malang sebagai kota dengan 
Wisata Kulinari Internasional 
 ( catat saja resto : China , Korea , Jepang , 
Malaysia , Singapore , Amerika , India , 
Swedia , Thai , Timur Tengah , Mexico , 
Belanda , Perancis etc etc dapat ditemukan di Malang ! )
 saya pilih dua menu yang berbeda untuk
 sejenak bernostalgi di Italy ...
dan akhirnya saya tinggalkan Signor Panino
 siang itu dengan sebuah janji : 
" saya pasti akan kembali " 
 ( soal " kapannya " itu yang saya sungguh
 belum tahu hehehe .. ) . 
terimakasih atas keramahannya Tamara , 
semoga Signor Panino makin " beranak pinak " 
di Malang Raya...
" Ci vediamo e successo .. ! " ..
( Malang , diposting pada 23 . 11 . 21 )
Tulisan & Foto Foto : Titiek Hariati
 

Tidak ada komentar: