Sabtu, 19 September 2015







" Aku ( ingin ) terlihat 30 tahun lebih muda "

seorang teman bertemu secara tidak sengaja disebuah toko buku , saat saya memburu sebuah novel yang sulit ditemukan saking larisnya . 
" lho , apa kabar ? " , kami bersalaman erat saking lamanya tidak ketemu meski satu kota . perburuan novel saya terhenti ,
 dan jadilah di rak buku khusus novel novel Indonesia itu kami jadikan tempat ngobrol
meski tanpa ngopi hehehe ..
untung saja musik diruangan itu lumayan volumenya sehingga obrolan
 tidak mengganggu yang lain .
 tidak ada yang terlalu berubah pada teman yang satu ini menurut penglihatan saya , 
kecuali " perubahan kecil " yakni tubuhnya yang makin subur alias tambun dan naaa , ini yang menarik, pada pertemuan terakhir sekitar setahun yang lalu rambutnya 
sudah byurrrrr beruban tapi sore itu saya surprise sebab rambutnya justru
menjadi kecoklatan dan nyaris agak blond ... ! 
saya merasa perlu mengeluarkan pujian kecil ( yang sesungguhnya tidak jujur ) 
" waa, tambah muda 30 tahun ya dan tambah kliatan nge boss nih ... " , kami tertawa bersama
meski akhirnya harus mulai saya " cemas " kan yaitu  kekhawatirannya akan penolakan dari
 keluarga sang pacar karena perbedaan tajam usia mereka .
 .. " iya , ini kan gara gara pacar saya yang sekarang ini seusia anak saya ,
jadi saya sedikit menyesuaikan supaya tak terlihat seperti eyang dan cucunya " ha ha ha kami tertawa lagi bahkan agak keras .. 
( oya teman ini adalah seorang duda dengan 3 anaknya yang sudah dewasa dan menikah )
saya suka kejujurannya meskipun dalam hati merasa " iba " karena ada ketidak selarasan antara warna gelap rambutnya dan wajahnya yang memang sudah mulai 
berkerut dan berlemak disana sini .. 


 tetapi saya tak hendak melukainya, jadi saya memang memilih memuji saja dengan tambahan begini " naa gitu seharusnya , jiwa muda , pacar muda , dan yang lebih penting adalah Spirit Muda nya supaya kalian tidak ada gap dalam segala hal " , dia mengangguk menyetujui , 
sayapun ( diam diam ) bersyukur telah memilih pujian yang sebenarnya tidak  jujur ini , tapi apa boleh buat demi sebuah keharmonisan pertemanan .. 
masih dengan semangat yang sama , teman ini lalu berkisah tentang dating2nya dan 
( naa .. disini menurut saya permasalahannya ) begini katanya :
" memang saya upayakan supaya tampilan saya lebih akseptabel ditengah mereka , 
termasuk nge cat rambut dan berpakaian lebih rapih serta mengurangi sikap sikap saya yang 
selama ini dianggap mereka mungkin
 agak urak an ini , tetapi ngga tau lah , mungkin saya terlalu tinggi berharap ? " ... 
saya makin iba saja mendengarnya .
dan tiba tiba saja saya teringat  beberapa selebriti dunia yang hingga usia lanjut ternyata masih dipuja dan disukai meski wajahnya penuh kerut dan kepalanya bahkan botak .
 mereka justru terlihat makin kharismatik  karena kejujurannya pada usianya alias 
Tidak Berupaya Memudakan Usia dengan 
men cat rambut , memakai fashion anak remaja dll yang konyol !
 Antonio Banderas , Kenny Rogers dan Sean Connery adalah sedikit dari sekian banyak pesohor yang tetap menjadi Diri Sendiri diusia senjanya tanpa
berpura pura menjadi 30 tahun lebih muda  padahal mereka memiliki  puluhan juta fans namun tidak pernah takut kehilangan pamor .
 uban atau bahkan kepala botak yang mereka harus lalui diusia senja , justru membuat tampilan mereka terlihat matang dan kaya pengalaman hidup , yang menurut saya itu justru " sexy " ! 
mereka tidak lagi meledak ledak seperti sekian dekade lewat ,
 namun dalam ketenangannya itu mereka menyimpan daya tarik luar biasa karena
 ada Wisdom disana ! 
sulit bagi saya untuk mengurainya pada teman tadi mengenai pribadi2 hebat para pesohor ini karena teman tadi  tampak terdengar sangat  menggebu dalam kencan kencannya yang disertai
tampilan tampilan semu bahkan palsu demi sebuah Penerimaan Diri  !
sebuah krisis Kepercayaan Diri mungkin sedang dialaminya tetapi sedemikian sulitkah untuk 
  menjadi Diri Sendiri ?


bukankah menjadi diri sendiri akan membuatnya  terbebas dari beban ?
diakhir obrolan yang " mengibakan " itu saya hanya menitip pesan kecil 
" oya , maaf kalo aku suka males ber komen di FB mu sebab jarang banget aku buka2 FB , sekarang  lebih sering WA an aja dengan anak2ku dan temen2 deket , 
tapi kalo kamu iseng2 pengen tau kabarku mungkin lebih banyak aku tulis2 di blog "
 ( " sumpah " , harapanku memang supaya dia bisa temukan tulisan ini dan merenungkannya sebab jujur aku sangat tidak tega menyampaikannya secara langsung ...  )
( th )
 ( gambar2 dari google )
01 . sean connery
02 . kenny rogers
03 . antonio banderas

Tidak ada komentar: