Senin, 06 Juli 2015








.. " ketika Cahaya menghampiri " ..

( membaca sebuah artikel yang sangat mengesankan di Viva.co.id/"mbakbro.com" tentang 5 mualaf yang menghebohkan , saya tergerak untuk menulisnya ulang disini dengan bahasa saya sendiri karena saya ingin " menitipkan " beberapa pesan pribadi didalamnya .
 tentu saja sebelumnya terimakasih saya sampaikan pada kedua sumber diatas )

saya ingin awali tulisan ini dengan sebuah Surah dari kitab suci Al Qur'an yakni 
Al Baqarah ( sapi betina ) ayat 256 :
" La ikraha fid din ( i ) , qat tabayyanar  rusydu minal gayy ( i ) , 
famay yakfur bit taguti wa yu'mim billahi faqad islamsaka bil'urwatil  wusqa lanfisama laha , wallahu sami'un 'alim ( un ) "
artinya :
" Tidak ada paksaan untuk ( memasuki ) agama ( Islam ), 
sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat . Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah , maka sesungguhnya  ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus . 
Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui "

perjalanan seseorang dalam pencarian kepada Penciptanya dan jatidirinya sebagai ciptaanNYA adalah sebuah misteri . ada kala perjalanan itu mulus serta cepat tanpa masalah
 karena seseorang terlahir sudah sebagai seorang muslim ditengah keluarga yang juga muslim .
 tetapi juga ada yang harus melewati perjalanan panjang yang bahkan terjal ,
 berliku dan penuh misteri .
maka mereka mereka yang datang menuju cahayaNYA melalui berbagai 
misteri kehidupan inilah yang semoga dapat menjadi pembelajaran bagi  kita semua tanpa kecuali dan bahwa pepatah " jangan menilai buku dari sampulnya " 
itu sesungguhnya benar .
contohnya adalah :
01. Abdullah Takazawa .
sebagai seniman tattoo Jepang yang banyak men tattoo para anggota mafia Jepang , Yakuza ,
 maka Takazawa pun menjadikan tubuhnya kanvas bagi lukisan tattoo disamping rambutnya yang gondrong.  sebuah tampilan fisik yang secara kasat mata akan banyak membuat 
orang berkerut kening. 
dan diawali dengan perjumpaannya dengan penceramah muslim Sheikh Niamatullah 15 tahun yl, maka pada 2006 ia memutuskan menjadi mualaf dan 2008 naik haji .
 setelah itu nama depannya ditambah dengan Abdullah yang berarti Hamba Allah . bahkan saat ini ia menjadi salah 1 dari 5 imam  Masjid terbesar di Jepang .
  wahai , siapakah  yang  pernah membayangkan " lompatan " ini ? 
Allah Maha Besar , 
ketika cahayaNYA menerobos lorong lorong sempit dan gelap sebuah qolbu , tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangiNYA , Subhanallah ....



02 . Malcolm X
terlahir sebagai Malcom Little , 1925 , merupakan tokoh HAM terkemuka di Amerika. 
besar dalam keluarga yang penuh tragedi , dimana pada usia 6 tahun ayahnya terbunuh dan pada usia 13 tahun ibunya menjadi penghuni RS Jiwa . 
terlibat dalam kasus pencurian , membuatnya dipenjara pada usia 20 tahun .
didalam penjara inilah ia masuk Islam tetapi masuk dalam aliran yang radikal , Nation of Islam . pada 1964 ia menunaikan ibadah haji dan setelahnya berubah lebih moderat .
1965 namanya menjadi El Hajj Malik el Shabazz .
 tragisnya pada tahun yang sama  ia ditembak mati oleh 3 anggota Nation of Islam dan saat pemakamannya diantarkan tidak kurang dari 30 ribu orang . 
 dalam bukunya " The Autobiography of Malcom X " yang merupakan tulisan non fiksi , merupakan salah satu buku paling berpengaruh di abad 20 .



03 . Arnoud van Doorn
pada blog yang sama secara terpisah saya sudah pernah menulis tentang tokoh yang satu ini . sebagai seorang politisi berhaluan kanan , awalnya ia adalah pembenci Islam yang 
kemudian menuangkannya dalam sebuah film berjudul " Fitna " yang menuai reaksi keras umat Islam . ia merasa heran atas reaksi ini dan ia mencoba 
mempelajari Al Qur'an dengan serius.
maka pada 2013 ia justru menyatakan masuk Islam dan sekaligus naik haji .
 ditanah suci inilah ia bersimpuh didepan makam Nabi Muhammad . 
saat ini ia adalah ketua dari Europe Dakwah Fondation dan merupakan duta dari Canada Dakwah Association . pada 2014 anaknya , Iskander Amien de Vrie juga menjadi mualaf setelah memperhatikan perubahan sikap pada ayahnya sejak masuk Islam yang menurutnya
telah berubah  menjadi lebih " tenteram " .



04 . Alma dan Lila
pada tahun 2003 masyarakat Perancis dihebohkan oleh larangan pemakaian jilbab bagi siswa2 disekolah . ini diawali oleh munculnya dua remaja dari sebuah keluarga Yahudi , yaitu Alma dan Lila yang menjadi mualaf dan memakai jilbab ke sekolahnya. 
ayah mereka mendukung keduanya dan beranggapan bahwa setiap orang bebas untuk menentukan pilihan keyakinannya. Perancis memang dikenal sebagai negara yang 
secara tegas memisahkan antara
 kehidupan bernegara dan beragama. 
segala simbol simbol keagamaan dilarang untuk dipakai dimuka umum seperti misalnya turban bagi kaum Sikh , juga simbol2 keagamaan bagi kaum Yahudi dll.




05 . Murad Wilfried Hofman 
ia adalah duta besar Jerman disamping seorang penulis dan besar dalam sebuah keluarga Katolik .
ketertarikan pada Islam dimulai ketika ia melihat betapa kekuatan dan ketegaran hati
 para muslim di Algeria dan Maroko selama ia bertugas disana .
 didera kehidupan yang keras , ternyata kaum muslimin didua negara tersebut tidak pernah tergoyah imannya . maka iapun mulai belajar tentang Islam dan bahkan akhirnya
menulis buku buku tentang Islam . saat ini ia adalah anggota kehormatan dan penasehat dari Central Council of Moslems di Jerman .



demikian perjalanan spiritual beberapa mualaf dalam menemukan NYA , yang semoga dapat kita petik manfaatnya bahwa " para pencari Tuhan " ini seringkali lebih sungguh2 menekuni keyakinannya yang baru , melebihi mereka2 yang terlahir sebagai keluarga muslim .
pasti masih sangat banyak kisah kisah mualaf lainnya yang bisa saja lebih menggugah , tetapi kita yakin bahwa Dari Manapun Arah Mereka Datang KepadaNYA , Insya Allah , 
mereka akan disambut dengan Kasih dan Sayang NYA , amien .. 
untuk pengingat bagi kita semua , tulisan ini akan saya akhiri dengan membuka
Surah Ar Rum ( bangsa Rumawi ) ayat 30 :
" Fa aqimwajhaka lid dini hanifa ( n ), ftratallahil lati fataran nasa'alaiha, la tabdila li khalqillah ( i ) , zalikad dinul qayyimu wa lakinna aksaran nasi la ya'lamun ( a ) "
 artinya :
" Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama ( Allah ) ,
 ( tetaplah atas ) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu .
Tidak ada perubahan pada fitrah Allah .
 ( Itulah ) agama yang lurus , tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui , " 
( th )


( gambar gambar dari mbakbro.com dan google )











Tidak ada komentar: