Selasa, 28 Februari 2012

GUO CINO di SUMAWE
























Mendengar nama Guo Cino mungkin membayangkan sesuatu yang berhubungan dengan Cina, baik bentuk maupun sejarah ataupun segala sesuatunya yang bertalian dengan Cina. Ada beberapa versi mengenai ini : pertama bahwa duluuuu sekali konon ada orang Cina bersamadi digua tersebut. Kedua, gua ini pernah menjadi persinggahan bangsa Cina dijaman duluuuu yang tidak jelas tahunnya. Dan ketiga, bentuknya yang mungkin mengingatkan pada gua gua di Cina yang sungguh saya tidak yakin sebab belum pernah melihatnya ke Cina hehe .. 

Yang terakhir atau tiga plus satu yaitu ke empat, pada waktu2 tertentu ternyata banyak orang orang Tionghoa yang mengunjungi tempat ini untuk melakukan ritual dengan " membuang " uang di amplop2 yang justru banyak ditemukan penduduk lokal hehe .... ( bisa jadi salah satu daya tarik gua bagi yang ingin berpetualang mencari amplop hehehe... ).

Terletak sekitar 4km dari pantai Sendang Biru, Malang Selatan, atau tepatnya di Sumber Manjing Wetan ( SUMAWE ) dan bersebelahan dengan pantai Bajul Mati, maka pantai Guo Cino atau Goa Cina adalah tetangga dari keduanya yang memiliki keunikan tersendiri. 

Pantai ini berpasir putih dan bersih, setidaknya saat ini memang masih bersih, serta berombak cukup lumayan bahkan tinggi . Pada bulan bulan tertentu pasir yang terhampar indah ini akan berubah wajah menjadi bebatuan hitam sejenis kerikil besar. Lho? Ya, ini hanyalah " rutinitas " dari perobahan angin & cuaca yang berpengaruh pada arus yang akhirnya mendorong bebatuan atau pasir pasir putih berkilau secara bergantian ..

Salah satu daya tarik lain dari pantai yang masih perawan ini adalah sebuah goa atau bhs . Jawa nya guo, yang terletak agak diketinggian tebing dan untuk mencapainya perlu sedikit tenaga ekstra terutama bagi yang sudah diatas 50 atau 60 . Bukan saja karena tebingnya yang tajam tajam runcing tapi juga sikon goanya yang panas pengab serta sempit sehingga kita akan sangat mudah dehidrasi. Saran : bawalah bekal minum. Lalu mengapa goa ini perlu dilihat?

Bagi yang ingin uji adrenalin dan hunting foto foto unik silahkan mencoba merangkak kedalam lobang goa yang agak sempit dan pengab untuk sampai di sebuah ruang luas atau semacam hall . Dari sana perjalanan masih bisa dilanjut hingga menembus pantai ... Nah, mungkin ada yang penasaran dan ingin menjelajahi? Sebuah tantangan yang mengasyikkan.

Pantai Goa Cina yang cantik ini sebagian dihiasi batu batu karang yang relatip tajam, sehingga untuk bersantai atau mandi mandi agaknya kurang ideal meskipun dibagian lainnya tidak berbatu karang dan nyaman untuk bersantai. 

Belum dikembangkannya area ini menjadi salah satu tujuan wisata agaknya terkendala beberapa hal antara lain jalan penghubung dari jalan raya kearah pantai sepanjang 2km ternyata masih makadam, dan disarankan parkiran mobil sebaiknya dijalan raya. Dengan ojek atau berjalan kaki kita bisa masuk hingga pantai daripada terguncang guncang didalam mobil.

Sebuah warung sederhana plus tempat parkir motor dan WC umum adalah satu satunya fasilitas yang tersedia dipantai , sehingga ketika saya menikmati segarnya kelapa muda utuh dengan airnya yang nikmat hanya 3000, baca tiga ribu rupiah, maka ada kekhawatiran bahwa kesederhanaan2 ini satu saat akan berubah menjadi kemewahan yang mahal ketika hotel hotel besar merampas kepolosan mereka .......

Puas jeprat jepret ombak yang muncul dan pecah di sela sela karang tajam serta bercucuran keringat saat turun dari goa, sayapun bergegas mencari pendingin kerongkongan... Ombak ganas pantai selatan yang terkenal itu agaknya memang bukan hanya sekedar rumor, di pantai Guwo Cino ini kita bisa saksikan kebesaran Sang Maha Pencipta dalam komposisi lukisanNYA yang dahsyat ... Penasaran?

Ayo kenali tanah air kita sejengkal demi sejengkal.... !
( TH )

Keterangan foto dari atas kebawah : ( foto oleh : TH, kecuali no 08 ) :

01. Papan petunjuk jalan menuju Goa Cina yang berjarak sekitar 2km kearah pantai.
02. Mas Pras, guide menuju Goa Cina.
03. Disalah satu kedalaman Goa Cina.
04. Jalan menuju Goa Cina.
05. Pantai Goa Cina dari salah satu sudutnya.
06. Pantai Goa Cina dilihat dari pintu masuk goa.
07. Mengintip ombak pantai Goa Cina dari tebing goa.
08. Penulis dalam bayang bayang tebing goa dengan latar belakang ombak selatan.
09. Pasir putih pantai Goa Cina.
10. Pantai Goa Cina dari sudut lain.
11. Karang karang tajam Goa Cina.
12. Pantai Goa Cina 1.
13. Pantai Goa Cina 2.
14. Pantai Goa Cina 3.
15. Pantai Goa Cina 4.


Tidak ada komentar: