Selasa, 30 Oktober 2018




 .. " Benarkah Diikuti 40 Malaikat ?" ..
saya belum secara teliti mencari jawaban pasti di
 berbagai sumber
 tentang kebenaran bahwa"  sepulang menunaikan
 ibadah haji seseorang akan diikuti oleh 40 malaikat
 selama 40 hari dan tiap hari satu persatu malaikat akan
 kembali ke langit hingga malaikat terakhir
 pada hari ke 40" .
 keyakinan ini hampir ditemui disebagian besar
 masyarakat kita .
 maka tidak pelak ketika saya pulang yang lalu,
 tamu tamu membanjir . 
 lalu apa yang harus saya perbuat padahal tamu tamu tersebut 
justru datang untuk meminta doa ? adakah saya sudah layak
 untuk itu dan mampukah ? salah satu sumber
 yang saya " dengarkan " di internet adalah Khazanah
 yang menjelaskan bahwa 
" tidak adanya dasar tentang keyakinan diatas kecuali 
anjuran Nabi Muhammad SAW untuk melakukan
 shalat dua rakaat ( di masjid ) sebelum memasuki rumah 
( HR . Al Bukhari no 2097 , Muslim , no 715 ) .
 jadi apa yang sebaiknya saya lakukan untuk para tamu yang
 datang kerumah saya yang menurut Khazanah justru
 seharusnya terbalik , yaitu para tamulah yang semestinya
 mendoakan agar mereka yang baru pulang haji mendapatkan 
ampunan atas dosa2nya dan diterima ibadah hajinya .
 meski demikian , saya tidak ingin mengecewakan
 para tamu ini walaupun saya belum pada level yang 
mampu menjelaskan tentang keyakinan diatas . 
diam diam saya berdoa semoga Allah mengabulkan segala
 harapan para tamu saya dan biarlah keyakinan tentang
 malaikat yang mengikuti saya itu menjadi urusanNYA karena
 sesungguhnya hanya Allah Yang Maha Tahu .. 
berebut salam dan menciumi saya adalah " tradisi " para tamu ,
 saya ikhlaskan , sebab dihari hari biasa belum tentu 
saya mendapatkannya  hehehe .. 
 hanya saja saya jengah kalau tiap kali ada komentar 
" aduh .. wajahnya bersih lho .. " .. 
lho .. bagaimana tidak bersih karena sudah pasti sebelum
 kedatangan tamu2 saya mandi dll dan memakai sedikit 
wewangian agar tamu2 nyaman .
 saat saya membagi oleh2 air zam2 yang saya bawa khusus 
dari tanah suci , para tamu saya juga minta dihantar doa
 sebelum meminumnya . aduhh .. jujur saja saya
 ini masih tidak ada apa2nya dalam hal2 begini , 
tetapi sebagaimana hal2 lain yang diawalnya selalu saya
 awali dengan " bismillah .. " , 
maka doa sederhana ini semoga tidak mengecewakan ..
 selebihnya dalam hati memakai bahasa Indonesia agar dengan 
kehendakNYA semoga Air Zam2 yang diminum
 para tamu saya ini menjadikan kebaikan
 bagi kesehatan mereka .
tetapi sungguh saya juga menitip sedikit pesan agar
 BUKAN airnya yang dikultuskan melainkan 
Yang Menciptakan Air itulah yang layak di sembah agar
 kita terhindar dari dosa besar menjadi musyrik .. ! 
 saat ini, " gelombang " tamu telah reda , 
mungkin dalam benak sebagian orang yang lain bahwa
 rumah sudah ditinggalkan para malaikat .. 
 sungguh saya tidak akan mendebat , karena saya belum
 memiliki ilmu yang cukup untuk mendebat .
bagaimanapun saya berterima kasih bahwa hingga 40 
hari dari saat kepulangan saya dari tanah suci saya
 pernah merasakan " doa doa saya dibutuhkan " melebihi 
kemampuan saya dimana sebenarnya saya mendoakan
 mereka  dalam bahasa yang lebih saya kuasai yaitu
 bahasa Indonesia karena saya yakin bahwa
 Allah Maha Memahami umatNYA yang tidak bisa
 berbahasa Arab dan atau belum hafal dengan
 doa doa yang panjang ..aamiin .. 
 " ya Allah .. semoga setiap doa dan harapan dari tamu tamu
saya yang hadir tanpa kecuali , 
Engkau kabulkan dan berilah kesempatan kepada mereka
 untuk datang dirumahMU dan menjadi tamu tamuMU
 baik melalui umroh ataupun haji , 
baik itu yang pertama maupun yang kesekian kali , 
agar mereka dapat menumpahkan segala kerinduan dan
 doa doa mereka kepada MU dan utusan2MU dirumahMU
 serta ampunilah hamba dan mereka , aamiin ..
( Malang , 31.10.18 , Writing : Titiek Hariati , 
 Photos by : Titiek Hariati & friends )
01 . kerabat Malang Raya 
02 . ibu ibu PKK
03 . ex temen sekolah " yang tersisa "
04 . jarang2 bertemu
05 . " seperguruan " di Al Gozali
06 . tetangga sebelah2 rumah terdekat
07 . perbedaan keyakinan tidak halangan bertamu
08 . tidak ada urusan dengan kandungan lho ..
( bersama istri dokter kandungan )
09 . matur nuwun rawuhnya berdua ya ..
10 . zam2 laris , lainnya utuh ..
.. " mungkin tidak mudah ,
 tetapi memenej dan membersihkan qolbu dari 
debu debu yang mengganggu adalah menenteramkan " ..













 

Tidak ada komentar: