Selasa, 18 Juli 2017







 .. " Ketika 'big boss' turun gunung di Mie Cobek " ..

kota Malang nampaknya belum bosan bosan menambah jumlah
tujuan wisata kulinernya yang pada kurun waktu 5 tahun ini membludak 
 salah satunya adalah kawasan  Jalan Kawi Atas Malang yang menambah 
lagi koleksi lokasi hangoutnya dengan hadirnya wajah baru 
dijagad " per MIE an " di Malang yaitu " Mie Cobek " .
 sesuai namanya , memang kedai yang satu ini menampilkan Cobek
 ( atau cowek , bahasa Jawa ) sebagai " primadona " nya ! maka dalam daftar menunya terlihat dipenuhi  dengan cobek cobek yang mengawal
 antara lain :
Mie Kuah Cobek Ayam Cincang , Mie Kuah Cobek Sapi Cincang ,
Mie Kuah Cobek Empal , Mie Cobek Ayam Kremes , 
Mie Cobek Jamur Kremes dll .
Cobek dalam kultur kita umumnya dipakai untuk " ngulek " atau menghancurkan bumbu atau rempah rempah secara manual
 dan 
yang paling khas dari cobek adalah untuk membuat sambal 
( meskipun sambal masa kini dapat saja di blender atau dibeli dalam botolan pabrik , tetapi siapakah yang bisa membantah bahwa sambal yang dibuat secara manual diatas cobek adalah yang terbaik ? ) . 
 maka dikedai ini Cobek dihadirkan bukan sebagai asesoris tetapi menjadi sebagian "Ruh" nya karena ia mewakili sebuah
 " warisan budaya kuliner " ... ! 
dan untuk lebih mendukung tema ini ,
 interior kedai juga dipadankan dengan sentuhan sentuhan kecil dari 
Wayang Kulit , gambar punakawan maupun kerajinan bambu . 
meja saya memesan dua menu yang berbeda dengan level kepedasan yang
 juga berbeda . keponakan yang semeja dengan saya berkomentar :
" toppingnya memang top ya .. " , 
saya tidak membantah " la wong pancen iyo " ..
 tetapi kedai ini ternyata juga menyediakan menu " nasi2an " bagi yang 
sedang tidak ingin menyantap mie2an . 
ada nasi lemak misalnya atau juga lalap2an . 
tetapi diatas semua 
yang saya tuliskan diatas , sebenarnya ada hal lain yang buat saya juga menarik yaitu hadirnya owner atau bigboss yang siang itu 
menawarkan pada saya untuk melakukan jepretan2 dilantai duanya .
 tentu saja saya iyakan dan siang itu saya beruntung karena lantai dua dalam keadaan sepi ( saya datang memang sudah lewat jam makan siang ) . 
disini saya melihat atmosfernya berbeda dengan lantai bawah 
meskipun sama sama nyaman . 
puas jeprat jepret saya kembali turun dan saya mendapati 
" pemandangan indah " yaitu si pemilik kedai , bapak Priyatno yang ramah itu , sedang membereskan dan membersihkan meja meja yang ditinggalkan pengunjung kedainya .ini termasuk adegan langka , 
karena biasanya pegawai2 kedai atau resto lah yang melakukannya . 
 juga saya lihat beliau mendatangi beberapa meja dan menyapa ramah tamu tamunya termasuk meja saya dengan
" silahkan lho dimeja sebelah sana itu kalau menginginkan acarnya " 
atau ini " mari bu , kalau ingin berfoto bersama biar saya yang memfotokan dan ibu bisa pindah kemeja depan ibu sebentar ,
supaya lightingnya lebih bagus " ...
 tentu saja kalau saya diminta menilai kedai ini saya akan mulai dengan  atmosfer kedai yang lumayan nyaman ,
 menu menunya yang beragam dan unik , rasa masakannya juga 
menempati level 7 dari skala 1 -0 10 dengan  harga harga menunya yang cukup standar,  rasanya saya masih harus menambah angka untuk kedai ini
 yaitu Layanan Pak Boss nya yang humble dan ramah ,
 sesuatu yang jarang saya temui kecuali hanya di beberapa kedai saja di Malang ini yang sekelas Mie Cobek .
 naa ... yang penasaran dengan Mie Cobek dengan jenis mie nya yang tipis dan kuecilll ini , bisa langsung ke
 Jalan Kawi Atas 34A Malang atau mencoba lewat delivery  , 
pesan saja dulu di 0341 585870 atau WA  08953 40052 888 . 
siapa tahu bahkan pembaca akan mendapat surprise 
bahwa sang big-boss sendiri yang akan mengantarnya ...  ? 
( Titiek Hariati )


( photos by : Titiek Hariati , Mie Cobek Malang , 18 July 2017 )

01 . 2nd floor atmosphere ( 01 )
02 . 2nd floor atmosphere ( 02 )
03 . mie cobek ayam jamur
04 . mie cobek kuah sapi cincang
05 . green window
06 . samyang
07 . order here
08 . daftar menu
09 . memesan

.







Tidak ada komentar: